Home / Berita Perpustakaan / Simpul Library-Pustakalana, Alternatif Belajar Buku Berkualitas untuk Anak Usia Dini
Ilustrasi

Simpul Library-Pustakalana, Alternatif Belajar Buku Berkualitas untuk Anak Usia Dini

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Simpul Library-Pustakalana, Alternatif Belajar Buku Berkualitas untuk Anak Usia Dini.

Dunia Perpustakaan | Pustakalana bukan hanya sekadar perpustakaan biasa yang menjajakan buku dan dibaca pengunjung. Perpustakaan ini juga memberikan satu ruang bagi anak-anak usia dini agar mereka bisa berinteraksi dengan teman-teman lainnya yang sebaya.

Tempatnya memang tidak begitu luas, namun tempat yang nyaman dan jauh dari bisingnya lalu-lalang kendaraan ini, setiap harinya kerap dikunjungi sejumlah anak-anak usia dini yang berada di seputaran Kota Bandung. Rata-rata anak ini berusia dua sampai enam tahun.

Adalah Simpul Library-Pustakalana, sebuah perpustakaan mini yang ada di jalan Taman Cibeunying Selatan 5 Kota Bandung ini, memberikan alternatif baru bagi anak-anak usia dini untuk mau belajar mengenal buku-buku berkualitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola tersebut.

Perpustakaan yang didirikan pada 2005 ini, memang dikhususkan bagi anak-anak usia dini. Setiap kali berkunjung, selain melihat-lihat buku yang telah disediakan, anak-anak ini juga kerap berinteraksi dengan teman-temannya dan juga bermain bersama.

Kondisi seperti ini merupakan langkah yang positif yang dilakukan pihak perpusatakaan saat anak-anak ini belum memasuki bangku sekolah. Sehingga, setelah mereka mulai bersekolah, diharapkan anak-anak ini mampu untuk bersosialisasi dan memiliki wawasan yang luas.

Koordinator Perpustakaan Simpul Library-Pustakalana, Widyastri Atsary Rahmy mengatakan bukan tanpa alasan pihaknya mendirikan perpusatakaan anak dan ruang terbuka ini. Kata dia, pihaknya ingin memberikan satu ruang publik yang dikhususkan bagi anak. Ini dilakukan agar mereka bisa berinteraksi dengan teman-teman sebanyanya.

Selain itu, tujuan dari perpustakaan ini adalah agar masyarakat umum, khususnya anak-anak di Kota Bandung, dapat memperoleh akses yang mudah terhadap buku-buku bacaan dengan kualitas baik dan harga yang relatif terjangkau.

Dikutip dari inilahkoran.com, [19/07/16]. “Intinya kita ingin menyediakan ruang publik bagi anak-anak. Mereka punya akses buku dengan kualitas yang baik dan harga yang cukup terjangkau,” kata Widyastri kepada INILAH.

Kata dia, saat ini di Kota Bandung sendiri, perpustakaan khusus bagi anak-anak memang belum begitu banyak. Tempat seperti ini bisa menjadi ruang bagi anak-anak di Kota Bandung agar mereka bisa mendapatkan akses yang mudah terhadap buku yang berkualitas baik dengan harga terjangkau. “Menurut saya perpustakaan untuk anak masih jarang,” ujarnya singkat.

Saat ini perpustakaan yang memiliki jumlah member sebanyak 232 ini memiliki sedikitnya 5.800 koleksi buku yang bisa diakses anak-anak. Dari sekian buku yang mereka miliki, hampir 70 hingga 80 persennya berbahasa Inggris.

Beberapa buku itu di antaranya boardbook, picture vook, novel dan lainnya. Selain buku berbahasa Inggris, ada pula beberapa koleksi buku berbahasa Indonesia seperti buku Dongeng Terbaik Dunia dari Lima Benua, buku Si Kelingking dan lainnya.

Perpustakaan ini berdiri pada 2005 namun pada 2009 hingga 2015 sempat vakum, dan mulai aktif kembali pada Desember 2015 yang diresmikan langsung oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

“Beberapa buku di sini memang sangat jarang ditemui, paling adanya di toko buku impor,” ujarnya.

Simpul Library-Pustakalana buka dari Selasa hingga Sabtu, mulai dari pukul 09.30 hingga pukul 16.00 WIB. Khusus untuk Minggu dan Senin perpustakaan ini tutup.

Dia berharap, keberadaan perpustakaan ini bisa menjadi alternatif baru bagi anak-anak usia dini agar mereka gemar membaca, berinteraksi, dan bermain. Tak kalah pentingnya, mereka memiliki akses mudah untuk mendapatkan buku bacaan yang baik dan mudah dijangkau.

“Simpul Library-Pustakalana ini dijalankan dengan sistem berbasis relawan. Jadi pengelolaannya dilakukan secara voluntary. Kami juga menjalin kerjasama dengan pihak BCCF, kebetulan tempat kami berada di Simpul Institute BCCF,” pungkasnya.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar