Home ::: Berita Perpustakaan ::: SMPN 104 Terapkan Budaya Literasi Bagi Seluruh Siswanya

SMPN 104 Terapkan Budaya Literasi Bagi Seluruh Siswanya

SMPN 104 Terapkan Budaya Literasi Bagi Seluruh Siswanya.

Dunia Perpustakaan | Mendongkrak minat baca siswa, mulai tahun ajaran 2016/2017 kegiatan belajar mengajar di SMPN 104 Jakarta Selatan menerapkan literasi (pembiasaan gemar membaca) bagi seluruh siswa.

“Di era digital saat ini sayangnya minat baca siswa masih rendah. Padahal dengan banyak membaca sangat bermanfaat dalam menambah khasanah dan wawasan,” kata Kepala SMPN 104, Safarudin Harahap saat penutupan rapat kerja (raker) diikuti para guru yang berlangsung selama 2 hari sejak Kamis (14/7).

Kegiatan literasi akan menjadi program rutin yang khusus diadakan setiap Selasa. Selama 40 menit sebelum mulai belajar pada jam pertama, para siswa mulai kelas 7,8 dan 9 diberi waktu untuk membaca buku-buku pelajaran ataupun buku cerita (fiksi) demi mengasah minat baca.

Safarudin menjelaskan supaya siswa bisa nyantai saat literasi berlangsung, mereka bebas untuk membaca di ruang kelas, teras atau selasar, halaman sekolah atau sudut sekolah yang nyaman.

Dikutip dari poskotanews.com. “Meski sifatnya bebas dan santai, tapi siswa tetap dipantau para walikelas masing-masing untuk menjadi salah satu bahan penilaian kegiatan belajar mengajar,” ungkap Safarudin.

Dalam menyukseskan kegiatan anyar tersebut, sekolah yang berlokasi di kawasan Mampang Prapatan XIII ini memperbanyak buku-buku bacaan yang tersedia di perpustakaan.

Terkait kurikulum yang digunakan, siswa kelas 7 dibimbing melalui Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) diprioritaskan bagi siswa kelas 8 dan 9.

Selain itu lanjut Safarudin, mulai tahun ini pula pihaknya menerapkan sistem penilaian berbasis ICT. Hal ini bertujuan memudahkan para guru dalam mengolah nilai. Sekaligus dapat memberikan informasi yang cepat dan valid tentang hasil belajar siswa dan perkembangan belajar siswa kepada orang tua/wali siswa.

Di sisi lain menjawab tuntutan dan perkembangan jaman, sekolah unggulan di Mampang Prapatan ini juga memanfaatkan fasilitas sosial media (sosmed) dalam menjalin komunikasi dan informasi perkembangan proses pembelajaran di sekolah maupun kegiatan dirumah siswa dengan orang tua ataupun wali murid.

“Bahkan kami juga membuat paguyuban orang tua wali murid di tingkat kelas agar lebih kompak dan terjalin persaudaraan,” harapnya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Angkutan Umum di Tangerang akan Dilengkapi Perpustakaan!

Angkutan Umum di Tangerang akan Dilengkapi Perpustakaan! Dunia Perpustakaan | Tahukah anda bahwa, sebagaimana keburukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *