Home ::: Berita Perpustakaan ::: SPKD Diminta Sumbang Buku untuk Perpustakaan

SPKD Diminta Sumbang Buku untuk Perpustakaan

SPKD Diminta Sumbang Buku untuk Perpustakaan.

Dunia Perpustakaan | Badan Komunikasi Informasi (Kominfo) Perpustakaan Arsip dan Pengoalahan Data Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, meminta pihak satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah daerah setempat bisa menyumbangkan buku untuk perpustakaan.

Upaya tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan pengadaan buku di perpustakaan yang ada di kelurahan, kata Kepala Badan Kominfo Perpustakaan Arsip dan Pengolahan Data Kota Baubau Idrus Taufiq Saidi di Baubau, Dikutip dari rimanews.com, [22/07/16].

Idrus menambahkan bahwa pihaknya akan meminta petunjuk dan rekomendasi pimpinan daerah agar setiap pejabat dan staf Badan Kominfo yang melakukan perjalanan dinas keluar daerah untuk dapat membawa pulang minimal satu buah buku yang kemudian akan disumbangkan kepada perpustakaan itu.

“Kami gagas di Badan Kominfo dan Perpustakaan sebagai ‘leading sector’-nya agar nantinya bisa berdampak pada SKPD lain. Siapa saja SKPD yang melakukan perjalanan dinas bisa membawa ‘oleh-oleh’ satu buah buku untuk perpustakan kelurahan,” kata Idrus.

Meskipun perpustakaan belum terbentuk di semua kelurahan, pihaknya berharap agar setiap pemerintah kelurahan membuka ruang minat baca sehingga pengunjung yang antre berurusan di kelurahan, bisa menunggu sambil membaca buku.

“Ini menjadi tantangan dan ‘pekerjaan rumah’ bagi kami untuk bisa melaksanakannya. Kalau pemerintah kelurahan bisa menyediakan ruangan baca, kami berupaya membantu pengadaan buku,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Kecamatan Sorawolio telah menyiapkan lokasi lahan perpustakaan.

Menurut Idrus, pihaknya terus berupaya agar perpustakaan di kelurahan di daerah itu bisa menyediakan buku yang memadai sehingga akan menjadi sarana ketersediaan informasi dan jendela ilmu pengetahuan bagi masyarakat.

“Di samping kami mengadakan buku dalam jumlah terbatas, kami juga berupaya bermohon melalui proposal pengadaan buku kepada perpustakaan nasional sehingga ke depan ragam jenis buku bisa memenuhi untuk seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya di sela-sela kegiatan peninjauan Perpustakaan Pulau Wisata Sukanayo oleh tim juri nasional.

Pada kesempatan itu Idrus juga mengaku bangga atas terpilihnya perpustakaan Kelurahan Sukanayo Kecamatan Kokalukuna yang mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara pada lomba perpustakaan desa/kelurahan tingkat nasional.

“Tentunya kami berharap Baubau bisa menjadi juara dalam lomba perpustakaan tingkat nasional itu,” katanya.

Ia berharap perpustakaan Pulau Wisata Sukanayo untuk tidak berpuas diri, tetapi menjadi pegangan untuk terus meningkatkan dengan yang telah diraih, sehingga dapat berdampak atau berimbas pada masyarakat.

“Kami berharap pada kelurahan lain bisa mengikuti Kelurahan Sukanayo. Apalagi, dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini Pemerintah Provinsi Sultra sangat percaya dengan Kota Baubau sehingga yang kita harapkan ada dampak dengan kelurahan lain,” ujarnya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China. Dunia Perpustakaan || “Tuntutlah Ilmu sampai ke negeri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *