Home ::: Berita Perpustakaan ::: Tahun Ini, 6 Perpustakaan di Kota Taman Diakreditasi
Ilustrasi

Tahun Ini, 6 Perpustakaan di Kota Taman Diakreditasi

Tahun Ini, 6 Perpustakaan di Kota Taman Diakreditasi.

Dunia Perpustakaan | Tahun ini, sebanyak 6 perpustakaan di Kota Taman diakreditasi oleh Tim Asesor dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) .  Ke enam perpustakaan tersebut semuanya adalah perpustakaan di sekolah-sekolah yang ada di Bontang  seperti SMA vidatra, SMA YPK, SMP YPK, SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, dan SMP Negeri 1.

Pesmo Aprihandono, pustakawan Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi (KPAD) mengatakan , akreditasi ini pada dasarnya merupakan program Pemerintah Pusat yang menggunakan dana Angaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) dimana dalam Undang-undang (UU) nomor 43 tahun 2007 telah diatur tentang perpustakaan sehingga dalam pelaksanaan diharapkan bisa sesuai dengan standar nasional.

Dikutip dari prokal.co, [09/08/16]. “Untuk program akreditasi tahun ini, Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur mendapat kuota sebanyak 8 perpustakaan. Ke delapan perpustakaan itu terdiri 2 perpustakaan dari Samarinda dan  6 perpustakaan dari Bontang,” ujarnya.

Dijelaskan Pesmo, adapun sebelum dilaksanakanya akreditasi ini, beberapa tahapan telah dilalui seperti pengiriman berkas, proses verifikasi baik dari Provinsi maupun Jakarta, dan terakhir adalah peninjauan langsung oleh tim asesor dari Perpusnas RI pada tanggal 3-4 Agustus lalu. Untuk hasil penilaian, dirinya mengaku belum mengetahui dan belum bisa memastikan kapan akan keluar. Pasalnya setelah penilaian, hasil peninjauan oleh tim masih akan dibahas lagi di rapat pleno di Jakarta.

Adapun kategori yang dinilai kata Pesmo, seperti proses layanan perpustakaan, kerjasama dengan pihak lain, koleksi buku, pengorganisasian bahan pustaka, Sumber Daya Manusia (SDM), gedung dan kelengkapan sarana prasarana (sapras), anggaran, manajemen perpustakaan, juga perawatan koleksi perpustakaan.

“Harapan dengan adanya akreditasi ini bisa lebih meningkatkan lagi fasilitas dan pelayanan perpustakaan menjadi lebih baik. Selain itu, harapan kami kedepan, semua perpustakaan di Bontang bisa diakreditasi semua,” harapnya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Bupati Banyuwangi Wajibkan Pelajar Kunjungi Perpustakaan

Bupati Banyuwangi Wajibkan Pelajar Kunjungi Perpustakaan! Dunia Perpustakaan | Kita tentunya ikut bangga karena di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *