Home ::: Berita Perpustakaan ::: Warga di Daerah ini Protes karena Taman Kota Tidak Dilengkapi Perpustakaan!
ilustrasi: Lokasi Taman Majenang ini banyak dikunjungi warga, sayangnya tidak dilengkapi fasilitas perpustakaan. |gambar: nyusnews.wordpress.com

Warga di Daerah ini Protes karena Taman Kota Tidak Dilengkapi Perpustakaan!

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Warga di Daerah ini Protes karena Taman Kota Tidak Dilengkapi Perpustakaan!

Dunia Perpustakaan | Beberapa daerah saat ini tengah gencar membangun ruang publik seperti taman kota, pusat bermain, pusat olah raga, dan sejenisnya, namun sayangnya diantara fasilitas publik tersebut tidak disertai dengan adanya fasilitas perpustakaan.

Akibatnya beberapa warga mulai protes. Salah satu ruang publik yang diprotes warga karena tidak menyediakan perpustakaan yaitu Taman Majenang yang berlokasi di Banyumas Jawa Tengah.

Beberapa warga protes dan menyayangkan akrena di taman yang banyak dikunjungi warga tersebut ternyata tidak menyediakan perpustakaan.

“Semestinya taman kota dilengkapi perpustakaan sebagai sarana pembelajaran dan peningkatan minat baca masyarakat,” ujar Pujiono.

Sebagaimana duniaperpustakaan.com kutip dari Radar Banyumas [18/3/2017], mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Majenang ini melihat, taman kota sudah menjadi daya tarik tersendiri.

Dengan demikian, apapun yang ada disana akan menjadi sorotan dan rujukan masyarakat Majenang dan sekitarnya. Hingga perpustakaan tidak perlu repot-repot mencari calon pembaca.

“Taman sudah menjadi ikon. Tentu perpustakaan bisa menjadi daya tarik tersendiri,” katanya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Nizam. Warga di Kecamatan Majenang melihat masih kalah dengan Kecamatan Cimanggu yang sudah memiliki taman bacaan umum, dan dikelola oleh kelompok masyarakat.

Padahal, jumlah lembaga pendidikan di Majenang masih lebih banyak. Demikian juga dengan jumlah penduduk.

“Di Cimanggu, taman bacaan sudah sangat masif dan membawa pengaruh bagi lingkungan terdekat,” katanya.

Saat ini, taman juga kerap menjadi ajang bagi sejumlah pegiat literasi di Kecamatan Majenang.

Salah satunya grup yang dibentuk oleh mahasiswa dengan menggelar buku bacaan gratis tiap akhir pekan. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat secara umum.

Selain itu, perpustakaan desa yang sudah ada juga belum berfungsi maksimal. Ini karena kendala petugas perpustakaan desa yang terlatih dan bisa memberikan edukasi kepada warga. Padahal, seluruh perpustakaan desa ini sudah dilengkapi dengan buku bacaan bantuan pemerintah.

“Perpustakaan desa belum maksimal,” katanya.

Sebelumnya, sejumlah kepala desa kepada Radarmas mengaku terkendala dalam mengembangkan perpustakaan desa. Salah satunya karena pustakawan yang kerap kali berasal dari perangkat desa.

Mereka tentu saja terikat dengan jam kerja dan kesibukan masing-masing dalam menjalankan fungsi sebagai perangkat. Alhasil, perpustakaan desa kurang maksimal.

Dengan sudah munculnya beberapa warga yang berani protes untuk meminta fasilitas perpustakaan di ruang publik, semoga saja jumlahnya semakin banyak sehingga ini bisa jadi isu nasional.

Biasanya, jika sudah menjadi isu nasional, maka pihak pemerintah daerah di seluruh Indonesia diharapkan menjadi peduli dan menyediakan perpustakaan di setiap ruang publik.

Bagaimana dengan ruang publik di daerah anda, apakah sudah ada fasilitas perpustakaan? Jika belum, anda harus berani PROTES!

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar