Home ::: Berita Perpustakaan ::: Telat Kembalikan Buku, Perpustakaan Ini Hukum Anggotanya Dengan Baca Pancasila

Telat Kembalikan Buku, Perpustakaan Ini Hukum Anggotanya Dengan Baca Pancasila

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Telat Kembalikan Buku, Perpustakaan Ini Hukum Anggotanya Dengan Baca Pancasila.

Dunia Perpustakaan | Pada kebanyakan perpustakaan, jika ada anggota perpustakaan yang terlambat mengembalikan buku biasanya dikenai bayar denda. Namun di perpustakaan Badan Pengusahaan Batam tidak dikenakan denda uang melainkan disuruh membaca Pancasila dan untuk muslim disuruh membaca Al-Qur’an.

Dikutip dari batampos.co.id [5/1/2017], Perpustakaan Badan Pengusahaan (BP) Batam menerapkan denda unik bagi para anggota perpustakaan yang terlambat mengembalikan buku.

Hukuman itu dapat berupa membaca Pancasila, naskah Pembukaan UUD 1945, Proklamasi, hingga membaca ayat-ayat Alquran.

“Seharusnya denda itu dalam bentuk uang. Tapi karena kami perpustakaan pemerintahan, kami tidak boleh mengambil uang,” kata Pustakawan BP Batam, Wawan.

Denda dalam bentuk uang dikhawatirkan berbuntut panjang. Yakni menjadi temuan Badan Pengawas Keuangan (BPK) dalam proses audit keuangan.

“Sebagian besar kasus korupsi itukan disebabkan sistem administrasi keuangannya. Kami tidak mau seperti itu,” timpal Staf Perpustakaan BP Batam lainnya, Abdul Rozak.

Penerapan denda unik itu rupanya dapat memberikan efek jera. Seperti yang dialami Dina. Karyawan salah satu perusahaan swasta di wilayah Batamcentre itu mengaku tidak mau terlambat mengembalikan buku lagi. Ia mendapat denda membaca lima ayat surat Al Quran.

“Soalnya malu disuruh baca keras-keras begitu,” katanya.

Perpustakaan BP Batam memberikan batas waktu peminjaman buku selama satu minggu. Lewat dari batas waktu tersebut, mereka akan menghubungi si peminjam untuk segera mengembalikan buku. Tentu dengan membayar denda terlebih dahulu. Setelah membayar denda, buku itu dapat dipinjam kembali.

“Bisa saja kalau mau pinjam lama, datang saja seminggu sekali untuk perpanjangan,” tutur Pustakawan BP Batam, Wawan

Perpustakaan yang berlokasi di Gedung B Pusat Teknologi Informasi BP Batam ini memiliki 10ribu lebih koleksi buku. Buku-buku tersebut terbagi dalam beberapa kategori koleksi. Baik itu karya umum, agama, ilmu terapan dan teknologi, ilmu murni, ilmu sosial, biografi tokoh, bahasa, dan kesusasteraan.

“Setiap tahun tentu ada penambahan koleksi. Ini baru saja ada penambahan koleksi di semua kategori buku,” ujarnya.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar