Home ::: Berita Perpustakaan ::: Tenaga Perpustakaan Parepare Terbaik di Sulsel

Tenaga Perpustakaan Parepare Terbaik di Sulsel

Tenaga Perpustakaan Parepare Terbaik di Sulsel.

Dunia Perpustakaan | Dinas Pendidikan Kota Parepare akan mengirim wakil tenaga perpustakaannya ke tingkat nasional pada Agustus nanti. Hal ini dilakukan setelah terpilih sebagai Juara 1 dalam Pemilihan Tenaga Perpustakaan Berprestasi Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi-Selatan sejak 17 Juni hingga 20 Juni 2016 di Hotel Quality Plaza Makassar.

Wakil Parepare yang berhak mewakili Sulawesi Selatan di antaranya Tamrin, S.S. (SMP Negeri 4 Parepare) berhasil sebagai Juara 1 Pemilihan Tenaga Perpustakaan Berprestasi. Makmur, S.Pd.,M.M (SMP Negeri 4 Parepare) Juara II Pemilihan Kepala SMP Berprestasi, Hasbi Latief, M.Pd.(Dinas Pendidikan Parepare) Juara III Pemilihan Pengawas SMP Berprestasi.

Para peserta dikatakan terbaik setelah melalui kompetisi dengan sejumlah peserta terbaik lainnya utusan berbagai kota/kabupaten yang meliputi tes tertulis, penilaian dokumen portofolio, karya tulis, dan presentasi latihan terbaik di hadapan dewan juri yang terdiri dari dosen, widiyaswara, dan tenaga kependidikan yang telah berprestasi sebelumnya.

Tamrin yang berhasil menjadi terbaik pemilihan tenaga perpustakaan berprestasi ini mengatakan bahwa di hadapan dewan juri dirinya memresentasikan kegiatan yang sementara berjalan di sekolahnya yaitu program budaya gemar membaca (Padamacca) sebagai upaya meningkatkan minat membaca siswa.
Padamacca menurutnya, istilah bahasa bugis yang berarti semua pintar. Sesuai dengan namanya, program ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi warga sekolah khususnya peserta didik agar menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Adapun Padamacca ini dikoordinir perpustakaan SMP Negeri 4 Parepare yang sejalan dengan Permendikbud No. 23 Tahun 2015 yaitu kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai.

“Kami juga menetapkan setiap hari Senin sesudah upacara bendera, semua siswa, guru, dan pegawai serentak membaca senyap selama 30 menit. Ada yang membaca di kelas, di perpustakaan, di taman baca, dan ada di kedai baca. Setelah membaca siswa meresensi buku atau rapor baca, juga ada yang bercerita singkat sesuai yang dibacanya di panggung ekspresi depan perpustakaan,” kata Tamrin, Dikutip dari rakyatku.com Senin (20/6/2016).

Sementara Kepala SMP Negeri 4 Parepare, Makmur S.Pd.,M.M, menambahkan program Padamacca lainnya yaitu pada akhir semester diadakan pemilihan Raja Baca dan Ratu Baca pada siswa yang aktif membaca, menulis, dan bercerita.

“Dampak nyata program ini antara lain Raja Baca berhasil menjadi Juara I Lomba Verbalisasi Puisi tahun ini tingkat SMP, dan Ratu Baca berhasil menjadi Juara I Lomba menulis Cerpen pada tahun lalu, dan sejumlah dampak positif lainnya,” ujar Makmur.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China. Dunia Perpustakaan || “Tuntutlah Ilmu sampai ke negeri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *