Home ::: Berita Perpustakaan ::: Tips & Desain Membangun Perpustakaan Pribadi di Rumah
Stunning Home Library Bookshelf With Creative Design Letter Word

Tips & Desain Membangun Perpustakaan Pribadi di Rumah

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Tips & Desain Membangun Perpustakaan Pribadi di Rumah.

Dunia Perpustakaan | Buat Anda yang gemar membaca, memiliki perpustakaan pribadi di rumah adalah impian yang amat wajar. Manfaat perpustakaan bukan hanya untuk menyimpan buku, tetapi juga bisa menjadi ruang rekreasi yang membuat tenang.

Selain itu, perpustakaan yang tertata akan menambah kualitas interior Anda dengan display dan personalitas. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membangun sebuah perpustakaan pribadi di rumah?

Dikutip dari okezone.com, Berikut ini langkah-langkah yang akan membantu Anda mendapatkan perpustakaan yang terorganisir dan efisien.

#1. Pemilihan Lokasi

Memilih lokasi untuk membuat ruang pustaka itu gampang-gampang susah. Ruangan dengan penerangan alami yang berlimpah tentu bagus untuk bersantai dan membaca. Tetapi terlalu banyak cahaya alami bisa memperpendek usia buku.

Cahaya alami akan mempercepat pelapukan pada serat kertas dan membuatnya berubah warna. Selain itu, menyebabkan pudarnya warna pada gambar atau foto di dalam buku.

Ruangan yang gelap, pengap, dan terlalu lembap dapat memicu tumbuhnya jamur dan bersarangnya serangga, utamanya rayap. Untuk menghindarkan buku dari kelembapan berlebih, sebaiknya jauhkan tempat menaruhnya dari lantai, pipa air, atau AC.

Agar koleksi buku Anda awet, pastikan pencahayaan dan sirkulasi udara di ruang perpustakaan cukup. Atur pula pencahayaan alami agar tidak secara langsung menerpa koleksi buku.

#2. Jenis Buku

Dari waktu ke waktu, tanpa sadar koleksi buku sudah menumpuk. Sebagian menggunung di pojok-pojok ruangan, sebagian terselip di antara furnitur atau perabot.

Jika hendak menata ulang koleksi buku Anda, ada baiknya menyortir mereka terlebih dahulu. Sebagian buku barangkali masih akan Anda baca, sebagian lagi belum Anda baca, dan sisanya takkan pernah lagi Anda sentuh. Untuk kategori yang terakhir, pertimbangkan untuk menjual atau menyumbangkannya.

#3. Membuat Katalog

Semakin banyak buku yang Anda punya, biasanya semakin susah untuk menemukannya saat dibutuhkan. Sebaliknya, semakin mudah untuk melupakan buku-buku yang bahkan belum sempat terbaca. Itulah kenapa membuat katalog dan mengorganisasi buku berdasarkan cara-cara tertentu penting untuk dilakukan.

Ada banyak metode yang bisa kita ikuti untuk membuat buku-buku terorganisasi. Yang paling formal barangkali seperti yang biasa dilihat di perpustakaan umum. Pengorganisasian di sana biasanya didasarkan pada kategori-kategori yang dikodekan dengan angka-angka tertentu.

Untuk pustaka pribadi di rumah, Anda tak harus mengikuti metode ini. Anda bisa mengembangkan metode sendiri yang paling pas untuk Anda. Tiap-tiap metode punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Itulah langkah-langkah untuk mendapatkan perpustakaan yang terorganisir dan efisien.

Nah berikut ada 3 desain perpustakaan pribadi di rumah yang mungkin bisa anda tiru untuk menampung buku-buku anda, yang dikutip dari sumber hipwee.com.

#1. Rak Buku dengan Tempat Duduk

kursi rak buku

Rak buku tidak harus berbentuk kotak atau persegi panjang. Buat saja rak hemat tempat dengan sofa empuk di dalamnya sebagai perpustakaan di rumah. Selain menyimpan buku dengan efisien, kamu juga jadi punya tempat yang enak untuk duduk dan membaca. Kumpulkan uang dari sekarang supaya saat kamu sudah punya rumah sendiri nanti, kamu tinggal pesan rak buku seperti ini pada furniture designer. Dijamin, kamu akan makin jadi kutu buku!

#2. Rak yang Terbuat dari Tangga Portable

creative-wall-mounted-shelves-ideas-2-white-ladders-wall-mounted-shelf-bracket-white-shelf-design-combine-white-wall-paint-wooden-flooring-suitable-teenager-room

Kamu tak harus menggunakan rak kayu untuk menata perpustakaanmu. Sekarang kamu bisa manfaatkan tangga portable yang disusun menjadi rak buku. Caranya, paku tangga tersebut di tembok secara terbalik, lalu tambahkan beberapa papan sebagai alas rak. Nah, gampang ‘kan? Selain hemat uang dan mudah dibuat, rak seperti ini juga bisa menampung koleksimu yang segudang.

#3. Rak dengan Atap Langit-langit Rumah

home-library

Mempunyai ruangan yang sempit bukan berarti punya perpustakaan sendiri itu mustahil. Kamu bisa manfaatkan langit-langit rumah untuk menyimpan koleksi. Saat membangun rumah, kamu bisa minta arsitek rumahmu untuk membuat lubang tambahan di kamar, lalu pasang beberapa papan rak melingkar di sana. Tak perlu khawatir bagaimana cara mengambilnya, karena kamu bisa gunakan tangga yang bisa dipindah kearah mana saja. Kreatif, ‘kan?

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar