Home ::: Artikel Perpustakaan ::: Tips Memilih Barcode Scanner yang Tepat untuk Perpustakaan

Tips Memilih Barcode Scanner yang Tepat untuk Perpustakaan

Tips Memilih Barcode Scanner yang Tepat untuk Perpustakaan.

Dunia Perpustakaan | Barcode Scanner | Barcode Scanner kalau untuk kalangan umum dianggap mungkin hanya digunakan di toko-toko swalayan, super market ataupun mall-mall dan sejenisnya.

Namun dengan berbagai kemajuan teknologi dan adanya kebutuhan di masing-masing profesi, maka saat ini barcode scanner sudah menjadi kebutuhan di banyak bidang. Tidak ketinggalan dalam hal ini bidang perpustakaan.

Perpustakaan yang sudah menggunakan system informasi digital tentunya barcode scanner sangat membantu kinerja pustakawan.

Apalagi saat ini dengan adanya software SLiMS [Senayan Library Management System], berbagai perpustakaan di Indonesia sudah digital bahkan tidak sedikit yang sudah online hingga menggunakan aplikasi android.

Dengan adanya kemajuan teknologi tersebut, maka barcode scanner untuk perpustakaan menjadi kebutuhan yang sangat penting.

Salah satu peran penting barcode scanner untuk perpustakaan yang untuk mempercepat dan mempermudah transaksi peminjaman dan pengembalian di perpustakaan.

Jika sebelum ada barcode scanner pustakawan diribetkan dengan transaksi peminjaman dan pengembalian buku secara manual, dengan adanya barcode scanner tugas pustakawan menjadi lebih cepat dan ringan.

Hal tersebut tentunya juga berpengaruh terhadap pelayanan kepada para pengunjung perpustakaan sehingga menjadi lebih cepat.

Namun terkadang beberapa perpustakaan masih menganggap jika barcode scanner itu masuk kategori mahal dan sulit didapatkan. Kalaupun mudah didapatkan, terkadang beberapa pustakawan merasa tertipu karena barcode scannernya cepat rusak.

Agar anda tidak tertipu dan tidak sembarangan saat membeli produk barcode scanner, ada baiknya anda perhatikan beberapa tips berikut,

Tips Memilih Barcode Scanner yang Tepat untuk Perpustakaan

#1. Budget

Saat bicara soal pengadaan, yang namanya perpustakaan kebanyakan biasanya masalah utamanya ada pada anggaran. Apalagi untuk perpustakaan yang kepala perpustakaan/kepala sekolah/kampus/instansinya tidak terlalu pedulikan perpustakaan, biasanya barcode scanner dinomorsekiankan.

Jika anda mengalami yang demikian, maka kami sarankan anda harus rajin menabung. Biasanya bisa dengan menggunakan dana denda yang bisa ditabung dan jika sudah terkumpul bisa untuk beli barcode scanner.

Bagi anda yang punya dana yang cukup, bersyukurlah karena artinya anda tidak bernasib dengan mereka yang kesulitan dana.

#2. Bacode Scanner Sesuai Kebutuhan

Jika anda sudah memiliki dana untuk membeli barcode scanner, maka saat akan beli barcode scanner anda harus sesuaikan dengan kebutuhan perpustakaan anda.

Terkadang ada beberapa kasus yang mentang-mentang punya dana banyak, maka dalam membeli barcode scanner langsung beli yang harganya mahal. Padahal operasional penggunaan barcode scannernya tidak terlalu sering.

Logikanya begini, jika anda seorang arsitektur maupun ahli design, jika ingin beli komputer maka spesifikasinya tentunya harus tinggi. Namun jika anda ingin membelikan komputer/laptop untuk anak anda yang masih SMP/SMA yang kebutuhanya misal hanya untuk program yang ringan-ringan, maka tidak perlu beli spesifikasi yang terlalu tinggi.

#3. Beli Barcode Scanner BERGARANSI

Membeli barang elektronik itu salah satu produk yang rawan rusak jika kurang berhati-hati. Namun anda perlu bernafas lebih lega jika anda membeli barcode scanner yang memberikan GARANSI.

Jangan pernah mencoba-coba untuk beli barcode scanner yang tidak bergaransi hanya karena harga yang murah.

Karena jika hanya kejar murah tapi cepat rusak, itu justru lebih boros daripada beli yang bergaransi karena jika rusak bisa diperbaiki secara gratis bahkan diganti baru jika masih dalam waktu garansi.

Untuk GARANSI juga carilah toko yang berani memberikan Garansi 1 tahun untuk barcode scanner anda.

#4. Pastikan Barcode Scanner Compatible dengan Software Perpustakaan

Terkadang ini suka diabaikan, mentang-mentang perpustakaan sudah pakai system informasi digital dan punya dana, kemudian langsung beli Barcode scanner asal. Jangan anda lakukan membeli barcode scanner sebelum anda tahu jika barcode scanner yang anda beli itu sudah suport dan compatible [cocok] dengan system informasi perpustakaan anda.

Misalnya, perpustakaan anda menggunakan software SLiMS, maka anda harus fahami dan pastikan lebih dahulu jika barcode scanner anda bisa berjalan ketika digunakan untuk software SLiMS.

Namun sejauh ini hampir semua jenis barcode scanner itu compatible [cocok] dengan SLiMS.

#5. Tempat Beli Barcode Scanner

Jika anda ingin beli barcode scanner yang sesuai dengan kebutuhan perpustakaan anda, Maka anda harus memilih tempat berbelanja yang terpercaya.

Saat ini di Indonesia sudah ada Toko Online yang terpercaya dan siap melayani kebutuhan Barcode Scanner untuk perpustakaan anda. Dunia Perpustakaan STORE menyediakan berbagai jenis barcode Scanner yang akan memberikan barcode scanner sesuai dengan kebutuhan anda.

Dunia Perpustakaan STORE juga memberikan GARANSI 1 tahun untuk barcode scanner yang anda beli.

Silahkan anda bisa berkunjung ke toko online Dunia Perpustakaan STORE.

Apalagi Dunia Perpustakaan STORE juga memberikan kesempatan kepada Pustaakwan yang ingin punya tambahan penghasilan dengan menjadi reseller di Dunia Perpustakaan STORE dengan keuntungan yang menjanjikan.

Silahkan anda bisa kunjungi dan hubungi Dunia Perpustakaan STORE berikut ini,

Contact Us

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Google Doodle Kenang Hari Lahir Penulis Pramoedya Ananta Toer ke-92

Google Doodle Kenang Hari Lahir Penulis Pramoedya Ananta Toer ke-92. Dunia Perpustakaan | Jika anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *