Home ::: Berita Perpustakaan ::: TNI Menggelar Program Perpustakaan Keliling
Para pelajar MTs Al Misra membaca buku yang dibawa Sersan Guntur ke halaman sekolah mereka (sumber: prokal.co)

TNI Menggelar Program Perpustakaan Keliling

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

TNI Menggelar Program Perpustakaan Keliling.

Dunia Perpustakaan | Buku merupakan jendela Dunia, namun sayangnya tidak semua kalangan bisa membaca buku sesuai kebutuhan. Apalagi bagi wraga yang tinggal di pelosok kampung dan lokasi terpencil, yang nyaris tidak memiliki fasilitas berupa perpustakaan.

Untuk mengakomodir hal itu, Kodim 0901/SMD melalui Koramil 0901-02 Samarinda Ilir membuat trobosan. Mereka membuat perpustakaan keliling untuk mengakomodir warga yang tinggai di pinggiran kota. Tak hanya ke lingkungan warga, Sersan Guntur selaku anggota yang melaksanakan program tersebut wajib mendatangi sejumlah sekolah.

Dikutip dari prokal.co, [04/08/16]. “Untuk saat ini jumlah bukunya terbatas. Masih seputaran pengentahuan umum dan pendidikan saja,” katanya kepada Sapos.

Tak seperti perpustakaan keliling lain pada umumnya yang menggunakan mobil. Guntur sengaja memodifikasi motornya untuk melaksanakan tugas mulia tersebut. Ada alasan tersendiri mengapa dia memilih menggunakan kendaran roda dua.

“Tujuannya agar mudah menjangkau sekolah-sekolah yang sukar ditempuh menggunakan kendaran roda empat,” terangnya
Rabu (3/8) kemarin, giliran MTs Al Misra di Jalan Embun Surya, Kelurahan Sambutan menjadi sasaran tujuannya.

Lantaran hanya menggunakan motor, jumlah buku yang dibawanya pun terbatas. Walau demikian hal itu tidak menyurutkan niat para pelajar membaca buku yang dibawa Guntur ke halaman sekolah mereka.

“Kemungkinan nantinya jenis buku akan kami lengkapi sesuai dengan kebutuhan pelajar. Makanya kami juga tanya kepada pelajar, kebutuhan buku apa yang mereka inginkan,” tuturnya.

Terpisah, Komandan Kodim (Dandim) 0901/SMD Letkol Inf Sriyono melalui Pasiter Kapten Herman menjelaskan, salah satu tujuan menggelar program perpusatakaan keliling itu untuk membantu mencerdaskan anak bangsa, khususnya mereka yang tinggal di daerah terpencil.

“Minimal seminggu tiga kali, menyasar keberbagai sekolah terpencil. Tujuannya agar minat baca pelajar meningkat. Dengan banyak membaca maka pengetahuan yang mereka miliki juga semakin luas,” kata Herman.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar