Home ::: Berita Perpustakaan ::: Unik, Telepon Umum di Inggris Disulap Jadi Perpustakaan
Unik, Telepon Umum di Inggris Disulap Jadi Perpustakaan (rosimeilani.com)

Unik, Telepon Umum di Inggris Disulap Jadi Perpustakaan

Unik, Telepon Umum di Inggris Disulap Jadi Perpustakaan.

Dunia Perpustakaan | Di jaman yang semakin modern seperti sekarang siapa sih yang tak memiliki handphone (smartphone)? hampir semua orang, dari berbagai usia dan segala kalangan memiliki telefon genggam. Hal inipun berlaku di Negara Inggris.

Kondisi tersebut mengakibatkan banyak telefon umum di inggris tidak terjamah lagi. Kini fungsinya lebih kepada ikon Inggris saja. Jika Anda berwisata ke Inggris khususnya London, pastilah berfoto di Red Telephone Box ini menjadi syarat mutlak.

Tidak seperti di tahun 80’an Red Telephone Box banyak ditemui di setiap sudut kota dan desa di Inggris yang jumlahnya sekitar 78 ribu unit. Kini keberadaannya makin menyusut. Diperkirakan yang masih bertahan hanya tersisa sekitar 7 ribu unit saja, tersebar di seluruh UK.

Untuk diketahui, material Red Telephone Box begitu solid terbuat dari besi cor. Jadi sangat disayangkan jika Red Telephone Box tersebut terbengkalai,  dibiarkan begitu saja.

Nah, salah satu cara untuk memanfaatkan telepon umum ini, kini Red Telephone Box dialihfungsikan menjadi mini library alias perpustakaan mini. Ide ini telah diterapkan di beberapa tempat di Inggris. Salah satunya di Desa Belbroughton, sebelah Barat Kota Birmingham.

Merangkum dari laman Rosimeilani.com, [09/16]. Menempati di tengah desa, perpustakaan mini ini menyimpan ratusan buku dengan beragam genre. Mulai dari buku anak-anak, biografi, sejarah, hingga novel dan lain sebagainya.

Adapun penyediaan buku tersebut berasal dari sumbangan warga sekitar. Jika anda ingin membaca di tempat, disamping perpustakaan Red Telephone Box tersebut terdapat bangku taman. Sambil santai, duduk-duduk baca buku di tengah desa yang Asri.

Jika ingin meminjam buku untuk dibawa pulang juga boleh. Tak ada biaya pinjam, tak usah registrasi, bahkan tak usah mencatatkannya pula. Semuanya atas dasar kesadaran sendiri.  Ibarat kata,  perpustakaan ini milik warga, bukunya dari dan untuk warga. Maka harus dijaga pula oleh warganya itu sendiri.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Perpustakaan Book Capella, Perpustakaan Termahal di Dunia!

Perpustakaan Book Capella, Perpustakaan Termahal di Dunia! Dunia Perpustakaan | Jika anda disuruh bayar saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *