Home / Berita Perpustakaan / Universitas Gadjah Mada Jadi Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics
UGM menempati posisi pertama (liputanislam.com)

Universitas Gadjah Mada Jadi Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Universitas Gadjah Mada Jadi Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics.

Dunia Perpustakaan | Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menempati posisi pertama dalam peringkat universitas di Indonesia versi Webometrics, sebuah sistem pemeringkatan perguruan tinggi di dunia.

Universitas Indonesia menduduki peringkat kedua (peringkat 809 dunia), diikuti oleh Institut Teknologi Bandung (895 dunia), dan Institut Pertanian Bogor (1321 dunia).

Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM, Widyawan mengatakan, dalam empat tahun terakhir UGM selalu menduduki pemeringkat pertama di Indonesia. Walau sempat turun pada awal 2016, sekarang UGM menduduki peringkat pertama lagi untuk peringkat Webometrics yang dikeluarkan pada Juli 2016. Sedang di tingkat dunia, UGM kini menempati posisi ke-724.

Dalam penilaian peringkat tersebut, lanjut Widyawan, kriteria yang digunakan antara lain presence (kehadiran), impact (dampak), openness (keterbukaan), dan excellence (keunggulan).

Aspek kehadiran diukur berdasarkan volume dari laman website, baik statistik maupun dinamik, yang berada dalam suatu domain universitas, sementara dampak diukur dengan banyaknya referensi (backlink) dari website luar.

Untuk aspek kehadiran, penilaian dilakukan terhadap kekayaan repository suatu universitas dari banyaknya rich file (pdf, doc, ppt), sedangkan aspek keunggulan mengacu pada paper yang terpublikasi pada jurnal internasional yang memiliki reputasi tinggi.

Dikutip dari beritasatu.com, [05/08/16]. “Untuk ketiga kriteria pertama, kehadiran, dampak, dan keterbukaan, UGM menduduki peringkat pertama di Indonesia, serta peringkat kedua untuk aspek keunggulan,” ujar Widyawan.

Untuk terus meningkatkan reputasi internasional, UGM menjalankan beberapa program yang terbagi dalam kategori academic internationalization, database integration, dan brand equity. Pada tahun 2015, UGM telah membentuk tim khusus untuk menangani pemeringkatan dan telah melakukan berbagai program.

Salah satunya, perpustakaan UGM yang telah menyediakan sumber pembelajaran berupa digital library, baik berupa jurnal online berlangganan, maupun karya ilmiah mahasiswa dan dosen yang bisa diakses umum.

“Selain itu, UGM juga sudah lama memfasilitasi dan mendorong unit kerja dan dosen untuk memanfaatkan media web dan internet untuk mengunggah hasil karya dosen dan profil unit kerja. Setiap dosen dan mahasiswa di UGM difasilitasi blog pribadi, dan semua fakultas dan departemen juga sudah memiliki web resmi,” paparnya.

Peringkat ini, menurutnya, menunjukkan pengakuan akan kinerja UGM dalam menghadirkan konten digital yang bermutu di dunia maya, sekaligus menjadi bentuk penghargaan bagi para penggiat teknologi informasi di UGM.

Widyawan menganggap bahwa pemeringkatan ini bisa dijadikan sebagai benchmark terhadap institusi lain dan menjadi pendorong untuk perbaikan di waktu mendatang, terutama untuk meningkatkan kualitas di tingkat dunia sesuai dengan amanat dalam Rencana Strategis Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2015-2019.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar