Home ::: Berita Perpustakaan ::: Universitas Sriwijaya Miliki Perpustakaan Digital
Ilustrasi (Pic: visionaustralia.org)

Universitas Sriwijaya Miliki Perpustakaan Digital

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Universitas Sriwijaya Miliki Perpustakaan Digital.

Dunia Perpustakaan | Keinginan Universitas Sriwijaya (Unsri) memiliki perpustakaan digital akhirnya terpenuhi. Tepat saat penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2016-2017, Unsri me-launching sistem e-brary (database) buku elektronik awal Agustus lalu.

“Ini salah 1 dari 10 program rektor dan sebagai salah satu upaya mewujudkan World Class University (WCU). Selain itu, juga bagian dari program menargetkan Unsri paperless (bebas kertas) 2018 mendatang,” ujar Rektor Unsri, Prof Dr Ir H Anis Saggaff MSCE, usai upacara peringatan HUT RI ke-71 sekaligus launching diesnatalis Unsri ke-56 di lapangan bola Unsri Bukit Besar, kemarin [17/8].

Ia mengatakan, pihaknya terus melakukan pembenahan akademik dan peningkatan sumber daya manusia (SDM), baik dosen maupun tenaga administratif lainnya. “Tak hanya itu, Unsri juga akan meningkatkan kualitas pelayanan bagi mahasiswa,” lanjutnya.

Dirinya menargetkan 600 komputer di perpustakaan utama Unsri. Katanya, penerapan program e-brary lebih memudahkan mahasiswa dan dosen dalam mencari buku yang diinginkan. Mahasiwa tak perlu lagi membeli buku dan membawa text book di dalam tas. Bukan hanya itu, banyak manfaat bisa didapat, mahasiswa tak perlu membeli buku dengan biaya mahal. “Karena cukup dengan download sudah bisa mendapatkan buku yang diinginkan,” ucapnya lagi.

Sebagai tahap awal, di perpustakaan induk Inderalaya, pihaknya telah menyiapkan 100 unit komputer dengan fasilitas internet yang memilki kecepatan dan kapasitas sangat tinggi. Mahasiwa yang ingin men-download buku hanya membutuhkan waktu sebentar.

Dikutip dari sumeks.co.id, [18/08/16]. Lebih jauh dijelaskan, saat ini berdasarkan riset, untuk publikasi dan laboratorium, 80 persen sudah bagus. “Ini juga bertujuan menghidupkan kampus Inderalaya pada malam hari supaya tidak sepi. Rencananya, perpustakaan ini akan dibuka hingga pukul 10 malam,” urainya.

Selain itu, akan menghidupkan laboratorium multimedia di setiap fakultas dan program studi. “Kita juga rencananya akan membuat laboratorium multimedia yang dipusatkan di gedung KPA Kampus Unsri Palembang yang nantinya diperuntukkan untuk laboratorium atau tempat tes siluet,” tukasnya.

Pada HUT Kemerdekaan RI ke-71, Unsri menggelar berbagai lomba dengan konsep berjemaah, seperti sepak bola pakai sarung, kelereng di sendok, memindahkan belut, perang bantal, dan lainnya. Seluruh dosen, karyawan, dan staf Unsri berpartisipasi, termasuk Rektor Unsri, Prof Dr Ir H Anis Saggaff MSCE. Orang nomor satu di Unsri ini sangat antusias mengikuti lomba kelereng dalam sendok.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *