Home ::: Berita Perpustakaan ::: Untuk Meningkatkan Budaya Baca, Perpustakaan Pemkab Gresik akan Tambah 14.695 Judul Buku
Ilustrasi

Untuk Meningkatkan Budaya Baca, Perpustakaan Pemkab Gresik akan Tambah 14.695 Judul Buku

Untuk Meningkatkan Budaya Baca, Perpustakaan Pemkab Gresik akan Tambah 14.695 Judul Buku.

Dunia Perpustakaan | Perpustakaan Daerah Kabupaten Gresik kurang diminati masyarakat sampai level kecamatan dan desa. Akibatnya, perpustakaan di Jl Jaksa Agung Suprapto itu pun hanya menjadi tempat untuk menyimpan aneka buku.

“Masyarakat Gresik perlu tempat membaca yang nyaman dan asyik. Memang sulit mewujudkan perpustakaan yang nyaman dan asyik. Tapi jika ada gedung perpustakaan tidak ada pengunjung sama saja menimbun kertas. Tidak bermanfaat bagi masyarakat secara umum,” kata Bambang Soeryanto, warga Kelurahan Telogopojok, Kecamatan Gresik, yang juga pengurus Dewan Kesenian Gresik (DKG).

Dikutip dari tribunnews.com, [02/08/16]. Bahkan, selama ini ada mobil sebagai perpustakaan keliling juga jarang melayani masyarakat untuk membaca di tempat umum.

“Taman baca saja tidak ada. Termasuk taman kota juga bisa jadi tempat taman baca sehingga tidak ada tempat yang nyaman dan asri untuk memberi semangat membaca. Mobil perpustakaan keliling mau parkir di mana jika taman kota yang nyaman tidak ada,” imbuhnya.

Upaya memunculkan minat baca pernah dilakukan Bambang di Bundaran Perumahan Kota Baru (GKB).

“Ternyata masyarakat sangat antusias. Tapi itu tidak bisa lama sebab terkendala tenaga. Semoga setelah taman bundaran GKB diperbaiki bisa menjadi taman baca yang nyaman. Begitu juga dengan taman lainnya,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Seksi Pelayanan Perpustakaan Kantor Perpustakaan dan Arsip Gresik, Agustin Reniana, mengatakan, minat baca kalangan pelajar masih tinggi. Tapi masyarakat umum masih kurang.

“Mungkin karena kesibukan masyarakat sehingga tidak sempat ke kantor perpustakaan. Apalagi sekarang sudah banyak buku digital yang bisa dibaca via gadget,” kata Agustin.

Agustin menambahkan, pihaknya akan meluncurkan dua mobil perpustakaan keliling ke kecamatan-kecamatan.

“Diperkirakan tahun ini ada pengadaan bahan pustaka 2016 sebanyak 87.066 eksemplar dengan 14.695 judul sehingga bisa menambah literatur bacaan bagi masyarakat Gresik,” katanya.

Untuk meningkatkan minat baca dan menulis masyarakat akan diadakan lomba menulis tentang keberhasilan Pemkab Gresik sejak bupati Pertama sampai sekarang ini.

“Tujuannya, masyarakat akan berlomba-lomba mencari referensi dan buku bacaan,” katanya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China. Dunia Perpustakaan || “Tuntutlah Ilmu sampai ke negeri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *