Home ::: Berita Perpustakaan ::: Untuk Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan KPAD Gelar Workshop Perpustakaan

Untuk Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan KPAD Gelar Workshop Perpustakaan

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Untuk Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan KPAD Gelar Workshop Perpustakaan.

Dunia Perpustakaan | Tidak dipungkiri di era tenologi seperti ini, segala sesuatu sangat mudah diakses melalui internet. Segala informasi tersedia dengan mudah tersaji, hanya melalui smartphone. Namun di balik kemudahan itu membawa dampak yang tidak baik juga, yakni anak-anak jadi tidak terbiasa mencari informasi melalui buku. Budaya membaca perlahan-lahan memudar, diganti dengan internet.

Untuk membangkitkan minat baca di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda inilah,  Pemkab Gianyar melalui Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Gianyar menyelenggarakan Workshop Perpustakaan di Kabupaten Gianyar.

Workshop Perpustakaan dibuka oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setda Gianyar, Cokorda Gde Agusnawa, di Ruang Sidang I Kantor Bupati Gianyar, Selasa (23/8). Menurut Cokorda Agusnawa, membatasi orang mencari informasi secara cepat lewat internet jelas tidak mungkin, karena itu memang sudah menjadi kebutuhan masyarakat di zaman sekarang.

Namun untuk membiasakan kembali masyarakat membaca buku tentu memerlukan upaya dan kerja keras. Salah satunya adalah dengan membangkitkan kembali citra perpustakaan seperti beberapa tahun yang lalu. Dikutip dari bisnisbali.com, [24/08/16]. ‘’Perpustakaan harus dikelola secara profesional dan wajib berpedoman pada standar nasional perpustakaan,’’ katanya.

Standar itu meliputi, standar koleksi buku, sarana prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga kerjanya maupun standar penyelenggaraan dan pengelolaan keuangan.

“Jadi menggelorakan budaya membaca tidak hanya sebatas slogan saja, namun harus diberengi dengan peningkatan SDM, maupun sarana dan prasarannya,” tegas Cok Agusnawa.

Sementara itu Kepala KPAD Kabupaten Gianyar, Hery Nurhanchoko mengatakan, saat ini di Kabupaten Gianyar memiliki 449 unit perpustakaan. Dari jumlah tersebut yang terbanyak adalah perpustakaan SD sebanyak 292 unit, perpustakaan SMP 48 unit, perpustakaan SMA/SMK 29 unit, perpustakaan desa 70 unit, dan masing -masing 1 unit perpustakaan di LP Gianyar, DPRD Kabupaten Gianyar, di Istana Kepresidenan Tampaksiring dan perpustakaan daerah. Sementara untuk perpustakaan keliling sudah tersedia 3 unit.

Ditambahkan, dari 449 unit perpustakan tersebut, memiliki koleksi buku kurang lebih sebanyak 685.429 judul dengan jumlah kunjungan mencapai 313.066 orang per bulannya.

Menurut Hery Nurhancoko, untuk meningkatkan animo masyarakat keperpustakaan dan membaca buku inilah  SDM para pengelola ini perlu ditingkatkan agar ke depan  masing-masing perpustakaan dikelola dengan standar nasional perpustakaan.

Workshop diikuti 80 peserta yang terdiri dari pengelola perpustakaan SD, SMP, SMA/SMK, pengelola perpustakaan desa/kelurahan dan pengelola perpustakaan Istana Kepresidenan Tampaksiring.

Materi yang diberikan meliputi pengelolaan perpustakaan berbasis IT dengan menggunakan perangkat komputer dan program bantuan “Perpuseru” hasil kerja sama KPAD Kabupaten Gianyar dengan Perpustakaan Nasional bersama Cola Cola Foundation.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar