Home / Profil Pustakawan / Wanita Ini Dinobatkan Sebagai Pustakawan Terbaik Tingkat Nasional, Berkat Karya Ilmiah Tentang Desain Pengelolaan Perpustakaan
Armia Hikmaturrachim [foto: malangvoice.com]

Wanita Ini Dinobatkan Sebagai Pustakawan Terbaik Tingkat Nasional, Berkat Karya Ilmiah Tentang Desain Pengelolaan Perpustakaan

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Wanita Ini Dinobatkan Sebagai Pustakawan Terbaik Tingkat Nasional, Berkat Karya Ilmiah Tentang Desain Pengelolaan Perpustakaan.

Dunia Perpustakaan | Salah satu tenaga pendidikan Kota Malang dinobatkan sebagai pustakawan terbaik tingkat nasional. Ialah Armia Hikmaturrachim, sehari-hari bekerja sebagai pustakawan di SMAN 5 Malang.

Perempuan kelahiran Tulungagung ini menjelaskan, karya ilmiahnya tentang desain pengelolaan perpustakaan berhasil membuat juri Nasional kagum. Menurutnya, perpustakaan harus diletakkan di lantai satu, bukan di lantai dua bangunan demi kemudahan akses.

Dikutip dari malangvoice.com, [24/08/16]. “Dulu perpustkaan SMAN 5 ada di lantai dua. Aksesnya tidak mudah,” jelas alumnus D3 Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya ini.

Dengan bantuan guru dan tim perpustakaan di SMAN 5, Armia juga bisa mewujudkan perpustakaan yang nyaman dan tata ruang menarik di lantai 1.

“Kebetulan sekolah mendapatkan bantuan dari Goothe Institut,” imbuhnya.

Ikhawal dirinya terjun ke dunia perpustakaan ternyata dari dorongan ayahnya. Menurut ayahnya, profesi pustakawan akan selalu dibutuhkan.

“Usai lulus MAN, saya ya memilih prodi-prodi bergengsi. Ada tiga pilihan prodi. Dua prodi pilihan saya sendiri dan satu prodi pilihan ayah saya. Ya ‘ndilalah’ yang diterima pilihan ayah saya itu,” terangnya tertawa.

Ia bercerita, menjadi pustakawan tidak semudah yang dikira. Umumnya, sekolah tidak terlalu memprioritaskan perpustakaan.

“Sekolah terkadang masih belum menyadari pentingnya sebuah perpustakaan. Pembangunan perpus tidak diprioritaskan. Kita sulit mengajukan perkembangan fasilitas perpus. Kita kekurangan SDM. Terkadang ada perpus yang lebih mirip gudang buku, sehingga harus babat alas. Tapi tidak di SMAN 5. Kami sudah menyadari pentingnya keberadaan perpustakaan,” tutupnya

Tapi, itu tidak menurunkan semangatnya. Pustakawan memegang peranan penting untuk menciptakan perpustakaan yang nyaman, penataan koleksi buku yang rapi, dan memotivasi siswa untuk tertarik membaca di perpustakaab.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

One comment

  1. agus prayitno

    Beritanya kurang jelas, juara nasional ditetapkan oleh siapa. Stau saya pustakawan berprestasi nasional hanya yang ddinobatkan oleh perpusnas, kalo searching di google juga perpusnas yang muncul. mohon dijelaskan supaya beritanya ga membingungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *