Home ::: Perpustakaan Luar Negri ::: World Artic Archive, Perpustakaan Kebal Bencana di Kutub Utara!
inilah World Artic Archive, Perpustakaan Kebal Bencana di Kutub Utara! | gambar: Mashable.com

World Artic Archive, Perpustakaan Kebal Bencana di Kutub Utara!

World Artic Archive, Perpustakaan Kebal Bencana di Kutub Utara!

Dunia Perpustakaan | Jika ada perpustakaan yang paling aman dan tahan bencana, maka World Artic Archive inilah tempatnya.

Ya, dengan lokasi yang sangat tersembunyi di wilayah kutub utara bumi, tentunya tempat ini sangat aman.

Apalagi lokasinya juga berada di kawasan bebas perang sehingga tidak ada resiko kehancuran dari serangan atau peperangan.

Diciptakanya World Artic Archive ini dilatarbelakangi untuk mempertahankan dokumen sejarah dan budaya peradaban manusia, sebuah perpustakaan untuk menghadapi hari ‘kiamat’ telah didirikan di kutub utara Bumi.

Sebuah perusahaan Norwegia bernama Piql baru-baru ini mengumumkan pembangunan World Artic Archive di gunung es Svalbard, Norwegia. Perpustakaan yang menyimpan dokumen secara digital itu ditujukan untuk menyimpan segala data penting dari kerusakan.

Jutaan halaman catatan, buku, surat-surat, dan naskah penting dapat disimpan di World Artic Archive ini. Keberadaan perpustakaan tersebut resmi dibuka pada 27 Maret lalu.

Untuk menyimpan arsip-arsip penting tersebut, dokumen yang berbentuk fisik diubah ke dalam format digital melalui filem fotosensitif, yang diklaim tidak mungkin dapat dimanipulasi.

“Kode-kode ini kebal terhadap hacking, ibaratnya seperti diukir di batu,” ujar Pendiri Piql Rune Bjerkestrand dilansir dari detikInet yang melansir dari Busines Insider, Kamis (6/4/2017).

World Artic Archive saat malam hari | gambar: howstuffworks.com

Klien yang ingin menyimpan arsip di World Artic Archive yang berada di bawah tanah sekitar gunung es Svalbard ini hanya dapat mengambil datanya dengan memintanya secara manual.

Piql menyakini teknologi yang diusungnya dapat melestarikan arsip setidaknya sampai 1.000 tahun, meski secara teknis bisa bertahan jauh lebih lama. World Artic Archive ini yang tampak luarnya udara dingin, di dalam suhunya disesuaikan untuk menjaga kualitas arsip.

gambar: condecdn.net

Sebagai catatan, Svalbard berada di zona demiliterisasi atau bebas perang, sehingga perpusatakaan itu aman dari ancaman.

Menariknya World Artic Archive ini berada di sebelah Vault Global Seed, sebuah tempat untuk penyimpanan bibit tanaman dari seluruh dunia. Tujuannya sama seperti World Artic Archive, Vault Global Seed ini menyimpan bibit agar dapat bertahan jika terjadi bencana besar.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

5 Perpustakaan dengan Arsitektur Terindah di Dunia

5 Perpustakaan dengan Arsitektur Terindah di Dunia Dunia Perpustakaan | Salah satu fungsi perpustakaan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *