Pengertian Perpustakaan

Pengertian dan Fungsi Perpustakaan Menurut Ahli

Dunia Perpustakaan | Pengertian dan Fungsi Perpustakaan | Bagi anda para mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan yang sedang mencari referensi tentang pengertian perpustakaan, anda sudah tepat membaca tulisan ini.

Tulisan tentang arti dan pengertian serta fungsi perpustakaan wajib anda ketahui sebagai teori dasar dalam belajar Ilmu Perpustakaan.

Setelah membaca pengertian perpustakaan menurut para ahli ini, tidak dilarang juga untuk anda mendefinisikan pendapat anda sendiri tentang perpustakaan. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi dan banyaknya perubahan sosial dan lainya yang membuka peluang bahwa arti dari perpustakaan bisa terus berubah.

Berikut ini merupakan pengertian perpustakaan menurut para ahli di bidang ilmu perpustakaan.

Pengertian Perpustakaan menurut Ahli

Prof. Sulistyo Basuki

Perpustakaan merupakan sebuah ruangan atau gedung yang dipakai untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan berdasarkan tata susunan tertentu yang dipakai pembaca bukan untuk dijual.

Lasa HS

Menurut Lasa HS, Perpustakaan merupakan kumpulan atau bangunan fisik sebagai tempat buku dikumpulkan  dan disusun berdasarkan sistem tertentu atau keperluan pemakai.

Sutarno NS

Perpustakaan merupakan meliputi suatu ruangan, bab dari gedung atau bangunan atau  gedung tersendiri yang berisi buku koleksi, yang diatur dan disusun sedemikian rupa, sehingga gampang untuk dicari dan dipergunakan kalau sewaktu-waktu dibutuhkan oleh pembaca.

Sugiyanto

Perpustakaan merupakan suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi materi pustaka yang diatur secara sistematis dan sanggup dipakai oleh pemakainya sebagai sumber informasi.

Mintorogo

Perpustakaan adalah institusi atau wadah yang menyediakan berbagai informasi dan bahan pustaka yang beragam, dengan tujuan memberikan layanan dan memfasilitasi pembelajaran, penelitian, dan pengembangan masyarakat.

Suyanto

Perpustakaan adalah institusi yang menyediakan berbagai informasi, pengetahuan, dan pengalaman yang bermanfaat untuk kemajuan individu maupun masyarakat.

Rangga Warsito

Perpustakaan adalah suatu tempat yang menyediakan koleksi bahan pustaka baik itu dalam bentuk buku, majalah, jurnal, ataupun media lainnya. Semuanya itu memberikan akses terhadap informasi bagi penggunanya.

R. S. Widodo

Perpustakaan adalah suatu lembaga atau organisasi yang bertujuan untuk memberikan akses terhadap bahan pustaka dan informasi. Yang semuanya bermanfaat bagi kepentingan pembelajaran, penelitian, dan pengembangan masyarakat.

Sumarni

Perpustakaan adalah institusi yang menyimpan, mengumpulkan, mengelola, dan menyediakan akses terhadap bahan pustaka dan informasi untuk kepentingan pembelajaran, penelitian, dan pengembangan masyarakat.

K. M. Khusnaeni

Perpustakaan adalah institusi atau lembaga yang menyediakan bahan pustaka dan informasi dalam berbagai bentuk, dengan tujuan membantu masyarakat dalam memperoleh pengetahuan dan meningkatkan kualitas hidup.

Pramono

Perpustakaan adalah lembaga yang menyimpan, mengelola, dan menyediakan akses terhadap bahan pustaka dan informasi untuk kepentingan pembelajaran, penelitian, dan pengembangan masyarakat.

Nasution

Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan, mengelola, dan menyediakan akses terhadap bahan pustaka dan informasi untuk kepentingan peningkatan pengetahuan dan kualitas hidup.

Soemadi

Perpustakaan adalah lembaga yang memiliki tugas dan fungsi untuk mengumpulkan, mengelola, dan menyediakan bahan pustaka dan informasi yang bermanfaat bagi kepentingan pembelajaran, penelitian, dan pengembangan masyarakat.

Yustina Sri Hartati

Perpustakaan adalah institusi yang menyediakan bahan pustaka dan informasi untuk kepentingan pembelajaran, penelitian, dan pengembangan masyarakat, dengan cara mengumpulkan, mengelola, dan menyediakan akses terhadap berbagai sumber informasi.

Fungsi Perpustakaan

Fungsi perpustakaan dari waktu ke waktu mungkin bisa saja akan mengalami perubahan, namun pada dasarnya fungsi perpustakaan adalah sebagai berikut :

#1. Penyimpanan

Perpustakaan bertugas menyimpan koleksi (informasi) yang diterimanya. Tujuan ini nampak pada perpustakaan nasional. Perpustakaan nasional menyimpan semua terbitan tercetak yang diterbitkan di negara bersangkutan.

Sebagai contoh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia berfungsi menyimpan terbitan yang dihasilkan di Indonesia beserta terbitan tentang Indonesia yang diterbitkan di luar negeri.

Hal tersebut didasarkan pada Undang-undang Deposit yaitu UU No. 4 Tahun 1990 tentang Wajib Simpan Karya Cetak dan Rekam. Pelaksanaan UU ini diatur oleh PP No. 70 Tahun 1991 yang isinya menyatakan tentang kewajiban setiap penerbit, pencetak, dan produsen untuk mengirimkan contoh terbitan, baik cetak maupun terekam kepada Perpustakaan Nasional dan atau perpustakaan lain yang ditunjuk.

#2. Edukatif (pendidikan)

Fungsi yang kedua dari perpustakaan yaitu Perpustakaan berfungsi sebagai tempat belajar mandiri. Baik di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah, perpustakaan dapat dimanfaatkan untuk tempat belajar seumur hidup.

Di sekolah, perpustakaan dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar,  mengenalkan berbagai macam bacaan, dan meningkatkan minat baca siswa agar gemar membaca.

Di luar sekolah, perpustakaan dapat dimanfaatkan oleh mereka yang sudah bekerja untuk menambah ilmu dan keterampilan mereka.

#3. Penelitian 

Ketiga, Perpustakaan memiliki fungsi penelitian, artinya sumber-sumber informasi  yang ada di perpustakaan dapat dijadikan bahan rujukan untuk melakukan penelitian. Umumnya fungsi ini terdapat di perpustakaan perguruan tinggi. Mereka memanfaatkan informasi yang ada di perpustakaan untuk keperluan penelitian ilmiah, seperti pembuatan makalah, skripsi, dan penelitian lainnya.

#4. Pelestarian [Kultural]

Keempat, Perpustakaan menyimpan khasanah budaya bangsa serta meningkatkan nilai dan apresiasi budaya dari masyarakat sekitar perpustakaan melalui penyediaan bahan bacaan.

Selain itu perpustakaan juga menyediakan bahan pustaka baik cetak maupun elektronik tentang kebudayaan antarbangsa. Hal itu bertujuan agar masyarakat dapat melestarikan dan dapat mengikuti perkembangan peradaban manusia dari masa ke masa,

#5. Informatif 

Pengertian dan Fungsi Perpustakaan - Fungsi Informasi

Perpustakaan mempunyai fungsi informatif, artinya informasi yang dibutuhkan pengguna dapat dicari di perpustakaan. Setiap pengguna tentu membutuhkan informasi yang berbeda-beda.

Mungkin mereka membutuhkan informasi tentang obyek wisata, jadwal penerbangan, fasilitas kesehatan dan lain-lain. Oleh karena itu perpustakaan tidak hanya menyediakan informasi tentang koleksinya, melainkan juga informasi tentang lingkungan sekitarnya.

#6. Rekreasi

Pengertian dan Fungsi Perpustakaan - Fungsi rekreasi
Salah satu fasilitas permainan golf mini di salah satu perpustakaan di luar negeri. | gambar: google

Fungsi perpustakaan yang masih belum diimplementasikan oleh banyak perpustakaan di Indonesia adalah fungsi rekreasi.

Beberapa ciri khusus dari perpustakaan yang sudah berfungsi sebagai tujuan rekreasi diantaranya sebagai berikut;

  1. Area Bermain Anak: Perpustakaan dapat menyediakan area bermain yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak, seperti taman bermain atau ruang bermain dalam ruangan. Di sini, anak-anak dapat bermain sambil belajar dengan berbagai mainan interaktif dan buku bergambar yang dapat membantu meningkatkan minat baca mereka.
  2. Ruang Pertunjukan: Perpustakaan dapat menyediakan ruang pertunjukan untuk acara musik, drama, atau teater. Ruang ini dapat menampung pengunjung dari berbagai usia dan memberikan hiburan yang menyenangkan.
  3. Fasilitas Audio-Visual: Perpustakaan dapat menyediakan fasilitas audio-visual, seperti layar proyektor dan sistem suara, untuk menampilkan film atau presentasi audio-visual. Ini dapat menjadi alternatif untuk mengadakan acara film atau presentasi di perpustakaan.
  4. Kafe atau Ruang Santai: Perpustakaan dapat menyediakan kafe atau ruang santai untuk pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati suasana perpustakaan. Kafe ini dapat menjadi tempat yang cocok untuk bertemu teman atau membaca buku sambil menikmati minuman atau makanan ringan.
  5. Bioskop Mini: tidak ada salahnya perpustakaan menyediakan bioskop mini. Tujuanya untuk menghibur pengunjung perpustakaan.

Demikian uraian terkait dengan Pengertian Perpustakaan menurut Ahli dan Fungsi Perpustakaan.

profil penulis: Ari Suseno

Founder CV. Dunia Perpustakaan Group. Pernah mengenyam pendidikan Jurusan Ilmu Perpustakaan (S1) di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. #ContentCreator, #Affiliate, #Blogger, #PegiatLiterasi, #SocialActivist Konsultasi dan Sharing Follow Us

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *