Home ::: Perpustakaan Luar Negri ::: Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional Finlandia

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional Finlandia

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional Finlandia.

Dunia Perpustakaan | Sebagaimana kita tahu, Finlandia merupakan negara terbaik di dunia dalam hal pendidikan dan literasinya.

Hal tersebut tidak terlepas adanya peran perpustakaan yang difungsikan oleh semua pihak untuk menunjang pendidikan di negara yang juga dikenal dengan tingkat korupsi terendah di dunia.

Salah satu peran penting dan menjadi pusat aktivitas riset, penelitian dan tujuan rekreasi, Perpustakaan Nasional Finlandia menjadi sangat penting peran dan keberadaannya.

Perpustakaan Nasional Finlandia merupakan perpustakaan utama sebagaimana perpustakaan nasional di Indonesia.

Agar lebih tahu lebih jauh terkait dengan Perpustakaan nasional Finlandia, berikut ini kami sertakan juga sejarah dari Perpustakaan Nasional Finlandia dari tahun ke tahun yang kami kutip dari situs resminya nationallibrary.fi/en,

Sejarah

1640-1809

  • Tahun 1640 operasi gymnasium berubah menjadi Royal Academy of Turku., Koleksi buku gimnasium, terdiri dari sekitar 20 volume, menjadi titik awal dari Perpustakaan Royal Academy of Turku.
  • Pada tahun 1707, sebuah surat dari Royal Kanselir memerintahkan percetakan di Swedia untuk memberikan universitas di kekaisaran dengan satu salinan dari setiap publikasi.
  • Setelah tahun 1809, Finlandia menjadi bagian otonom dari kekaisaran Rusia dan 1820-1917 perpustakaan diberikan dengan salinan penyimpanan publikasi yang diterbitkan di Rusia.

1828- 1893

  • Pada tahun 1828, universitas dipindahkan ke Helsinki dan mulai beroperasi di bawah nama “Imperial Alexander University”.
  • Pada tahun 1832, gedung universitas yang dirancang oleh arsitek Carl Ludvig Engel diresmikan sedangkan bangunan perpustakaan baru di sebelah utara gedung universitas diresmikan pada tahun 1845.
  • Pada 1879-1881, gedung perpustakaan direnovasi di bawah pengawasan arsitek Frans Sjostrom.
  • Pada tahun 1893, pencahayaan listrik dipasang di perpustakaan, sehingga jam buka untuk diperpanjang. Baru ruang baca besar dengan perpustakaan referensi dibuka.

1906-1982

  • Pada tahun 1906, fasilitas perpustakaan tumbuh pesat begitu lampiran, Rotunda, yang dirancang oleh Gustaf Nyström selesai.
  • Pada tahun kemerdekaan Finlandia, tahun 1917, koleksi perpustakaan telah semakin banyak hingga 300.000 volume.
  • Pada tahun 1950, fasilitas perpustakaan telah semakin baik. Berdasarkan desain oleh Aarne Ervi, fasilitas repositori yang digali di bawah bangunan Porthania.
  • Pada 1977-1985, gedung perpustakaan direnovasi di bawah pengawasan arsitek Olof Hansson.
  • Dari tahun 1982, perpustakaan juga telah menerima salinan simpanan wajib dari rekaman audio. Koleksi tumbuh naskah lembaran musik melengkapi bahan audio.

1990-2000

  • Pada pertengahan 1990-an seluruh kuartal Seepra didedikasikan untuk perpustakaan, ketika Fakultas Farmasi pindah ke Viikki; kuartal perpustakaan diresmikan pada tahun 1998.
  • Pada 1998-2000, Rotunda direnovasi di bawah pengawasan dari LPR Arsitek Oy.

2000-2016

  • Pada tahun 2000, bawah tanah gua buku baru diresmikan.
  • Pada tahun 2005, kepemilikan gedung perpustakaan dipindahkan dari negara ke Universitas Helsinki ‘.
  • Pada tahun 2006, nama perpustakaan diubah menjadi Perpustakaan Nasional Finlandia dengan amandemen dari Universitas Act.
  • Pada tahun 2011-2012, façade bangunan utama direnovasi.
  • Pada 2013-2015, fasad Rotunda ini direnovasi dan renovasi dari bangunan utama perpustakaan dilaksanakan, baik di bawah pengawasan LPR Arsitek Oy. Gedung perpustakaan bersejarah Perpustakaan Nasional Finlandia pada Unioninkatu dibuka kembali untuk umum pada 1 Maret 2016.

Perpustakaan Nasional Finlandia merupakan salah satu pusat riset di Finlandia.

gambar: flickr

Ada salah satu hal yang menarik, dimana secara administratif , Perpustakaan Nasional Finlandia ini ternyata merupakan bagian dari University of Helsinki. Sampai 1 Agustus 2006, Perpustakaan Nasional Finlandia ini dikenal sebagai Perpustakaan Universitas Helsinki.

Hampir sama dengan fungsi Perpustakaan Nasional di Indonesia, Perpustakaan Nasional Finlandia juga bertanggung jawab untuk menyimpan warisan budaya Finlandia.

Berdasarkan hukum di Finlandia , Perpustakaan Nasional adalah deposito hukum perpustakaan dan menerima salinan dari semua barang cetakan, serta bahan audiovisual kecuali film, yang diproduksi di Finlandia, atau untuk distribusi di Finlandia. Salinan tersebut kemudian didistribusikan oleh Perpustakaan untuk koleksi nasional dan untuk memesan koleksi lima perpustakaan universitas lainnya.

Selain itu, Perpustakaan Nasional memiliki kewajiban untuk mengumpulkan dan melestarikan bahan yang dipublikasikan di Internet.

Dalam hal perekrutan keanggotaan, setiap orang yang tinggal di Finlandia dapat mendaftar sebagai pengguna dari Perpustakaan Nasional dan meminjam bahan pustaka.

Perpustakaan Nasional juga merupakan rumah bagi salah satu koleksi paling komprehensif dari buku yang diterbitkan di Kekaisaran Rusia dari setiap perpustakaan di dunia.

Lokasi dari Perpustakaan Nasional Finlandia ini terletak di Helsinki , dekat Senaatintori Square.

Bagian tertua dari kompleks perpustakaan Nasional Finlandia ini dirancang oleh Carl Ludvig Engel , sekitar tahun 1844.

Jika melihat bentuk bangunan dari luar, mungkin anda berfikir bangunanya terlihat kecil. Padahal bentuk dari Perpustakaan nasional ini memang ada yang dibuat di bagian bawah tanah hingga kedalaman mencapai 18 meter [59 kaki].

gambar: flickr

Kalau melihat ke dalam ruangan di Perpustakaan nasional Finlandia, anda akan melihat dekorasi dan furniturenya yang classic karena dibangun sejak 1640. Bentuknya sangat terlihat mewah dan seperti berada di dalam sebuah kerajaan.

gamabr: flickr

Perpustakaan Nasional Finlandia ini beebrapa saat yang lalu baru selesai direnovasi. Walaupun dilakukan renovasi, bentuk keaslianya tetap terjaga dan tidak merubah bentuk aslinya.

gambar: flickr

Pada bagian dalam terdapat ruangan dengan fasilitas komputer dengan merk Apple yang di dukung dengan fasilitas koneksi internet yang super cepat. Tempat duduknya juga dibuat sangat nyaman sehingga bisa memastikan pengunjung betah berada di dalam perpustakaan.

Dengan kenyamanan yang ada di Perpustakaan Finlandia ini, tidak heran jika masyarakat di neagra ini sangat rajin datang ke perpustakaan.

Hasilnya, negara Finlandia tercatat sebagai negara terbaik di dunia dalam hal pendidikan dan literasinya.

Bagaimana dengan Indonesia?

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Unik, Telepon Umum di Inggris Disulap Jadi Perpustakaan

Unik, Telepon Umum di Inggris Disulap Jadi Perpustakaan. Dunia Perpustakaan | Di jaman yang semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *