Super Megah! Inilah 5 Perpustakaan Terbesar di Dunia

Dunia Perpustakaan | Bagi para kutu buku atau seorang yang suka menghabiskan waktu dengan membaca buku-buku, tentunya perpustakaan menjadi salah satu tempat yang paling asyik untuk dikunjungi. Apalagi jika perpustakaan tersebut menyediakan berbagai macam buku yang kita sukai, pasti sangat menyenangkan bukan?

Nah, bagi kalian para pecinta buku dan sedang berada di negara-negara Eropa, jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke-5 perpustakaan terbesar di dunia ini. Selain menyediakan jutaan judul buku, perpustakaan ini juga menyajikan tempat yang luas dan nyaman untuk memebaca buku.

Berikut 5 perpustakaan terbesar di dunia yang kami rangkum dari idntimes.com

#1. Library of Congress – Washington D.C., AS

Terletak di ibukota pemerintahan Amerika Serikat, Perpustakaan Kongres AS (Library of Congress) adalah perpustakaan nasional AS yang menyandang titel “Perpustakaan Terbesar di Dunia” menurut Guinness World Records. Perpustakaan ini terdiri dari tiga gedung yang dinamai berdasarkan tokoh di balik berdirinya Library of Congress, ialah:

  1. John Adams (Presiden ke-2 AS): Buka sejak 1939, John Adams adalah presiden yang menandatangi undang-undang berdirinya Library of Congress.
  2. Thomas Jefferson (Prediden ke-3 AS): Bangungan tertua Library of Congress yang buka sejak akhir abad ke-19 dan ditahbiskan sebagai “Mercu Tanda Sejarah Nasional” (NHL) oleh pemerintah AS. Thomas Jefferson adalah yang dulu berkontribusi besar pada koleksi Library of Congress.
  3. James Madison (Presiden ke-4 AS): Dibuka pada 1976 untuk mengenang James Madison yang mengeluarkan ide membangun Library of Congress, bangunan ini juga mencakup Mary Pickford Theater, lokasi pertunjukan koleksi audio-visual (TV dan film) milik Library of Congress.

Berdiri pada 24 April 1800 dan sempat pindah ke New York City (NYC) dan Philadelphia, Library of Congress memiliki berbagai materi hingga lebih dari 450 bahasa dari seluruh dunia di rak sepanjang 1.349 km! Total, Library of Congress memiliki sekitar 170 juta materi, dari buku bersejarah seperti Alkitab cetakan Johannes Gutenberg, benda bersejarah seperti biola Stradivarius, hingga cuitan Twitter yang diarsipkan secara digital.

#2. British Library – London, Inggris

Berdiri di ibukota Inggris, British Library adalah perpustakaan nasional yang disponsori oleh Departemen Digital, Budaya, Media dan Olahraga Inggris. Melansir Wikipedia, secara koleksi, British Library sudah menyaingi Library of Congress sebagai perpustakaan terbesar di dunia. Per tahunnya, British Library menambah tiga juta koleksi yang memakan rak hingga 9 kilometer!

Dibangun pada 1943, British Library memiliki 170 – 200 juta koleksi materi, dari buku, koleksi lagu, video, hingga gambar. Beberapa benda bersejarahnya adalah manuskrip Beowulf, Alkitab Gutenberg, rancangan lirik yang ditulis tangan oleh The Beatles sendiri, Magna Charta yang adalah tonggak hukum konstitusi, Al-Quran, dan berbagai benda dari kebudayaan Asia lain.

#3. Library and Archives Canada – Ontario, Kanada

Berdiri pada 2004, Library and Archives Canada adalah lembaga federal Kanada yang bertanggung jawab melestarikan kebudayaan Kanada agar bisa diakses masyarakat sebagai perpustakaan dan arsip nasional. Library and Archives Canada memiliki lebih dari 20 juta buku, 24 juta foto, dan petabyte (1.000 terabyte) konten digital.

Meskipun didirikan baru 16 tahun yang lalu, Library and Archives Canada memiliki koleksi yang tidak kalah antik! Salah satu koleksi antiknya adalah kitab sejarah Yahudi “Antiquitates Iudaicae” karangan Flavius Josephus pada 1470, dan kursi yang pernah diduduki Glenn Gould, salah satu pianis Kanada yang terkenal di dunia pada abad ke-20.

#4. New York Public Library – NYC, AS

Perpustakaan Umum New York (New York Public Library/NYPL) adalah perpustakaan terbesar ke-2 di AS dengan sekitar 53 juta koleksi di 92 lokasi. Bersifat swasta, NYPL dibiayai oleh dana gabungan dari pemerintah NYC dan masyarakat.

Dibangun pada 1895, NYPL ditahbiskan sebagai NHL pada 1965. NYPL memiliki 39 perpustakaan di Manhattan, 25 di Bronx, dan 13 di Staten Island. Namun, NYPL memiliki cabang yang melayani kawasan Brooklyn dan Queens. Selain itu, NYPL juga memiliki empat perpustakaan penelitian yang juga bebas diakses masyarakat umum.

#5. Russian State Library – Moskow, Rusia

Russian State Library adalah perpustakaan nasional dan yang terbesar di Rusia. Sebelum menjadi Russian State Library pada 1992, perpustakaan yang berdiri pada 1862 ini sebelumnya bernama V. I. Lenin State Library of the USSR sejak 1925, sehingga dijuluki “Leninka”.

Russian State Library memiliki sekitar 59,8 juta materi, dari buku, penelitian, jurnal, hingga musik dan peta. Perpustakaan ini memiliki 247 materi berbahasa asing, atau sekitar 29 persen dari seluruh koleksi Russian State Library. Selain itu, terdapat sekitar 200 lukisan kuno yang tersimpan di perpustakaan ini.

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *