Dorong Aktivitas Membaca di Lingkungan Sekolah

Dorong Aktivitas Membaca di Lingkungan Sekolah.

Dunia Perpustakaan | SMP Al Irsyad Purwokerto kini mendorong siswanya untuk meningkatkan aktivitas membaca melalui beberapa jenis kegiatan. Hal ini untuk merangsang kemampuan otak dalam memahami bacaan, sekaligus mendukung program pemerintah, yakni gemar membaca.

Kepala sekolah, Nandi Mulyadi, mengatakan, kegiatan tersebut salah satunya dilakukan dengan membaca majalah bersama. Selain membaca, kegiatan itu juga diisi dengan kuis yang berkaitan dengan informasi dari majalah. Selain itu, beberapa kelas sudah membuat perpustakaan. Keberadaan perpustakaan kelas untuk memfasilitasi siswa untuk membaca buku tanpa harus meminjam di perpustakaan sekolah.

Adapun koleksinya berupa buku pengetahuan populer dan karya sastra milik siswa. Untuk meningkatkan minat baca, selain kegiatan tersebut ada pula jadwal khusus di sela-sela kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia, yakni siswa diimbau untuk membawa buku bacaan, baik sastra atau non sastra.

Buku tersebut di baca dan kemudian dipresentasikan di depan teman. Bahkan sebagai bentuk apresiasi, pihak sekolah memberikan reward bagi pengunjung pertama perpustakaan.

”Sekolah sedang berusaha meningkatkan minat baca siswa. Dengan adanya peningkatan minat baca, diharapkan kemampuan dalam memahami bacaan juga meningkat. Dengan begitu diharapkan lebih mudah dalam menangkap seluruh materi pelajaran di sekolah,” terangnya. (suaramerdeka.com)

profil penulis: Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *