Gila Baca Orang Rusia

Dunia Perpustakaan | Tulisan ini merupakan tulisan langsung dari salah seorang Blogger bernama Syaripudin Zuhri, yang kebetulan tinggal (pernah) di Rusia.

Sebuah tulisan yang semoga saja mampu menambah motivasi untuk orang Indonesia agar lebih rajin membaca.

Berikut ini cerita selengkapnya…

Banyak hal yang dapat kita pelajari dari orang Rusia, salah satunya adalah “gila” bacanya orang Rusia. Kalau dibuat motto, tiada hari tanpa membaca bagi orang Rusia. Di mana-mana mereka membaca!

Di kantor, di rumah, di jalanan, di metro ( kereta bawah tanah), di taman, di tempat parkir, di jembatan, di lukisan, di ruang tunggu, sedang menunggu sesuatu, sambil berdiri, duduk ataupun berbaring, juga di pinggir “pantai” (sebenarnya di pinggir sungai ), di bus kota sambil gelayutan, ya… di mana-mana kita bisa melihat orang Rusia sedang membaca!

Saking gila bacanya, saya pernah bersepeda ke dalam hutan di mana situasinya yang sepi, di pinggir sungai agak tinggi, nyaman untuk beristirahat, apa lagi di musim panas, apa yang saya temukan? Ini membuat saya tertegun, kagum! Apa itu ? Ya perpustakaan, ada taman bacaan di dalam hutan! ” gila bener ni orang Rusia, di dalam hutanpun ada taman bacaan ada perpustakaan!” Itu mungkin komenter kita. Yang saya tak habis pikir, pasti ini cuma gayanya saja, tak ada orang yang masuk ke perpustakaan di tengah hutan ini, akh …. dugaan saya ternyata salah besar!

Coba lihat dan perhatikan dengan seksama, seorang kakek di Rusia sedang asyik membaca sambil berjemur di panas matahari di bawah tiang sebuah papan reklama.

Malu rasanya kita melihat semangat membacanya orang Rusia, di Indonesia, jangan kan yang kakek-kakek, yang mudanya bila urusan membaca rada enggan, sedih rasanya. Yang muda-muda lebih tertarik dengan game dan chating!.

Coba lihat, gadis Rusia ini sedang asyik membaca, bukan di perpustkaan, tapi di atas jembatan! Jembatan yang melintas di Sungai Moskow, persis dibelakang Park Cultur yang terkenal itu. Gadis ini asyik membaca dan tak ada yang mengganggu, misalnya ada yang suiit…suit! Bila dia merasa terganggu, dia bisa lapor polisi yang juga ada posnya dijembatan ini dan yang mengganggu akan langsung “diseret” diadili di tempat itu juga, mau damai, minta maaf atau mau ditahan! Nah makanya sang gadis Rusia ini bisa berjam-jam duduk di situ sambil membaca, aman, nyaman dan tak ada yang berani usil! Apa lagi di musim panas bisa sambil melihat matahari terbenam dari atas jembatan ini, indah sekali!

Sekarang coba lihat pemuda ini, dia mungkin sedang membaca diktat kuliahnya, buku setebal itu dia nikmati sambil duduk di kursi panjang di pinggir jalan dengan santainya, tak meras terganggu dengan hilir mudik orang lalu lalang dihadapnnya. Foto ini di shoot di Musium On, Juni 2010 lalu.

Nah ini lagi, coba lihat sambil tiarap dengan alas di pinggir sungai Moskow, gadis ini sedang membaca di iringi musik via HP, aman, nyaman dan terkendali. Jangan coba-coba iseng mengganggunya, polisi akan segera datang menolong gadis ini bila diganggu orang iseng!

Coba lihat lagi, gadis yang satu ini sedang berdiri dan sambil membaca! Di atasnya padahal ada kereta monorel, ya gadis ini berdiri di bawah lintasan monorel dan asyik membaca tanpa terganggu sedikitpun dengan suara monorel. Jadi sambil berdiripun gadis ini tetap saja membaca.

Ini gedung perpustakaan yang terdapat di dalam hutan lindung di Moskow. Perpustakaan ini seakan sengaja didasain menghadap ke Timur dan belakangnya menghadap ke Barat. Di depannya ada taman yang luas dan di belakangnya ada sungai Moskow yang mengalir jernih, benar-benar membuat orang kerasan berlama-lama di lokasi perpustkaan ini, apa lagi jika musim panas. Foto ini di shoot pada musim panas 2009. Foto by Syaripudin Zuhri.

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *