Contoh Surat Permohonan Bantuan Buku ke Perpustakaan Nasional

Dunia Perpustakaan | Surat Permohonan Bantuan Buku ke Perpustakaan Nasional | Dalam berbagai kesempatan banyak pihak yang menyatakan jika “Minat Baca Orang Indonesia Rendah”. Hal ini sebagaimana sudah kami ulas dalam tulisan berjudul  Minat Baca Rendah, Tapi Cerewet Banget! Itulah Netizen Indonesia?

Namun disisi yang lain, sebenarnya kita perlu bangga jika di berbagai daerah, banyak pejuang literasi yang turun langsung ke pelosok-pelosok daerah hingga ke perbatasan, yang bercerita jika untuk anak-anak, minat bacanya sangatlah tinggi.

Namun yang menurut mereka lihat adalah, minimnya akses buku yang menjadi penyebab satu diantara penyebab lain terkait dengan anggapan minat baca rendah.

Hal itu mereka (baca: pejuang literasi di daerah-daerah) buktikan dengan melihat, setiap buku yang mereka bawa ke masyarakat di daerah, selalu jadi rebutan.

Bukti lainya yang bisa kita lihat dianatranya dengan selalu ramainya reaksi pejuang literasi terkait dengan informasi BUKU GRATIS dari pihak manaapun, yang bisa dipastikan akan jadi rebutan para pejuang literasi dimanapun berada.

Termasuk diantaranya, saat kami memberitakan terkait informasi Cara Mendapatkan Bantuan Buku dari Perpustakaan Nasional, maka para pejuang literasi ramai-ramai mengajukan permohonan bantuan buku yang akan disalurkan untuk TBM/Sudut Baca/ Perpustakaan yang mereka kelola.

Untuk para pejuang literasi (pengelola perpustakaan) yang masih bingung cara membuat “Surat Permohonan Bantuan Buku ke Perpustakaan Nasional”, berikut ini kami berikan contohnya, yang kami kutip langsung dari halaman resmi website Perpustakaan Nasional.

 

Contoh Surat Permohonan Bantuan Buku ke Perpustakaan Nasional

Perihal: Permohonan Bantuan Buku Perpustakaan Sekolah
Lampiran: 1 Bendel Proposal

Kepada Yth.
Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
cq Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca.
di Jakarta

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan program gemar membaca yang dicanangkan oleh pemerintah, maka bersama ini kami selaku staff pengelola NAMA PERPUSTAKAAN ANDA dengan kerendahan hati memohon kepada Pimpinan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kiranya dapat membantu pengadaan buku-buku perpustakaan sekolah kami secara gratis, khususnya yang berkaitan dengan program keahlian di NAMA PERPUSTAKAAN ANDA dan buku penunjang pelajaran lain serta buku-buku literatur lainnya.

Mengingat sekolah kami yang masih muda dan belum adanya perpustakaan yang kami harapkan nantinya mampu memberikan sugesti pada anak didik kami untuk lebih giat belajar.
Di samping itu pula, kami memohon untuk dikirimkan daftar lembaga yang kiranya dapat membantu pengadaan buku perpustakaan secara gratis, atau seringkali menghibahkan buku-buku sebagai bacaan pendukung bagi sekolah-sekolah; khususnya SMK/SMA sederajat.

Demikian, permohonan dari kami. Atas segala perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

NAMA KOTA/KABUPATEN ANDA, TANGGAL BULAN TAHUN

Hormat Kami,

NAMA LENGKAP ANDA (DISERTAI GELAR)
NAMA PERPUSTAKAAN ANDA
ALAMAT LENGKAP

Telp/NO HP ANDA

————————————

Silahkan anda buat seperti diatas, lalu kirimkan ke alamat di bawah ini:

Sekretariat Utama Perpustakaan Nasional
Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi
Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat
Telp. 021-3922669,3922749,3922855,3923116 (operator)
Faks. 021-3103554

Mungkin jika ada pembaca yang memiliki pengalaman pribadi terkait proses untuk bisa mendapatkan bantuan buku dari Perpustakaan Nasional bisa berbagi pengalamanya melalui komentar dibawah ini.

Jika informasi ini sudah tidak sesuai, silahkan untuk menghubungi langsung pihak perpustakaan Nasional melalui alamat dan contact dibawah ini:

Perpustakaan Nasional
Jalan Salemba Raya No.28 A
Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 10430
Free Call 0800-1-737787

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pstakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

One comment

  1. Assalamualaikum wr wb.. saya kepingin mmpunyai perpustakaan untuk pondok pesantren kami yg masih br beberapa tahun berdiri, bagimana caranya ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *