Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Bishan Public Library di Singapura

Dunia Perpustakaan | Perpustakaan di Singapura | Singapura dikenal sebagai negara yang hampir tidak memiliki Kekayaan Sumber Daya Alam. Namun karena kecerdasan masyarakat disana dan pemerintahanya, negara Singapura menjadi salah satu negara yang memiliki kemajuan teknologi dan kemakmuran di bidang ekonomi dunia.

Tidak heran jika banyak orang penasaran tentang kemajuan Singapura yang ternyata salah satu rahasianya adalah kepedulian Singapura tentang Pendidikan termasuk fasilitas Perpustakaan yang sangat luar biasa di negaranya.

Perpustakaan di Singapura dikenal sangat baik dalam pengelolaan dan anggaranya juga sangat besar. Tidak hanya dimulai dari perpustakaan sekolah saja tapi juga Perpustakaan Daerah (Perpustakaan Umum) di Singapura juga sangat megah dan lengkap dengan fasilitas serta pelananan yang sangat baik.

Salah satu Perpustakaan di Singapura yang sangat dikenal yaitu Bishan Public Library di Singapura.

Dikutip dari wisatasingapura.web.id (28/3/14), Bishan Public Library di Singapura merupakan National Library Board Singapore ( NLB ) terletak di 5 Bishan Place, # 01-01, Singapore 579841 buka setiap hari dari hari senin sampai hari minggu dan pada hari libur dan hari besar nasional tetap buka.

Sebagai sumber ilmu, Singapura memang memberikan yang terbaik bagi semua pengunjung. Pengunjung bisa datang setiap hari dari pukul 10.00 sampai pukul 21.00.

Bishan Public Library di Singapura ini terdiri atas Perpustakaan Umum dan Arsip Nasional. Dengan konvensi internasional , yang mana fungsi kedua jenis perpustakaan tersebut memiliki perbedaan. Perpustakaan ini menyediakan web yang bisa pengunjung akses. Web dan perpustakaan serta informasi yang dapat diakses secara global dan terhubung layanan melalui Perpustakaan Nasional dan juga jaringan yang komprehensif untuk Perpustakaan Umum.

Selain itu Bishan Public Library juga mengelola 31 perpustakaan milik instansi pemerintah , sekolah dan institusi. Dengan teknologi yang inovatif, Bishan Public Library, Perpustakaan Nasional Singapura memastikan memberikan pelayanan yang terbaik untuk semua pengunjung dan juga membuat pengunjung memiliki akses yang nyaman dan juga relevan.

Bishan Public Library, Perpustakaan Nasional Singapura selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi pengunjung dan juga terus melakukan inovasi sehingga perpustakaan menjadi tempat yang nyaman bagi semua pengunjung.

Selain itu pengunjung juga bisa meminjam buku-buku yang ada diperpustakaan. Ada juga Public Libraries Singapore ( PLS ) yang mana menyediakan layanan secara profesional.

Fasilitas

  • Stasiun multimedia
  • Area Baca Koran
  • Area Baca Majalah
  • Loker Reservasi
  • Stasiun Pengisian Cepat
  • Bookdrop 24 jam
  • Ruang Kegiatan
  • Zona Program
  • Ruang Serba Guna
  • Kafe
  • Pendingin Air

Pelayanan

  • Program mendongeng dan liburan sekolah reguler
  • Penjangkauan perpustakaan
  • Pertunjukan dan kegiatan
  • Pembicaraan dan lokakarya
  • Pameran

Bishan Public Library, Perpustakaan Nasional Singapura bisa menjadi tempat belajar yang nyaman bagi semua warga, pengunjung juga memiliki banyak sekali kesempatan untuk meminjam buku. Semua buku berada di rak yang tersusun rapi dan juga penerangan yang sangat cukup dan ruangan yang nyaman.

Pengunjung juga bisa berkunjung ke Arsip Nasional Singapura ( NAS ) yang juga terletak di dalam Bishan Public Library yang mana bertanggung jawab atas pengumpulan , pelestarian dan pengelolaan catatan arsip publik dan swasta termasuk file pemerintah , memoar pribadi , peta , foto , wawancara sejarah lisan dan materi audio – visual.

Dengan koleksi yang sangat banyak memungkinkan bagi semua pengunjung untuk bisa memahami budaya yang berbeda. Pengunjung juga tidak dipungut biaya karena memang tidak ada tarif, pengunjung bisa datang ke Bishan Public Library, Perpustakaan Nasional Singapura bersama teman-teman atau pun adik yang masih duduk dibangku sekolah dasar.

Di Singapura, Perpustakaan bisa menjadi salah satu tempat belajar yang nyaman dan juga murah dengan sumber ilmu yang melimpah.

Cara menuju ke sana: Stasiun MRT terdekat: Bishan, Bus terdekat Interchange: Bishan dan Bus: SBS Transit 13, 52, 53, 54, 55, 56, 57, 58, 59, 88, 410.

Jam Buka : Senin – Minggu. Pukul 10.00 – 21.00

Lokasi : 5 Bishan Place, # 01-01, Singapore 579841

Harga Tiket : Gratis

Telpon: 6332 3255

Fax: 6478 4969

sumber gambar: photos.google.com

profil penulis: Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *