ilustrasi

Jadilah Kepala Sekolah yang Peduli Nasib Perpustakaan Sekolah dan Pustakawan

Dunia Perpustakaan | Kalau secara teori, semua orang pasti sepakat bahwa perpustakaan sekolah itu adalah jantung dari sebuah sekolah. Hal tersebut dikarenakan perpustakaan sekolah yang dikelola dengan baik akan mampu meningkatkan mutu dan mendukung kwalitas SDM dari para siswa dan guru juga karyawan di sekolah tersebut.

Namun sayangnya, teori tersebut tak seindah dengan realita di lapangan.

Kami sudah berkali-kali berinteraksi dengan pustakawan maupun guru yang merangkap untuk mengurusi soal perpustakaan sekolah. Mereka selalu sering mengeluhkan atas kondisi perpustakaan sekolah mereka.

Walaupun akhir-akhir ini kami bersyukur karena semakin sering bertemu dengan kepala sekolah yang mereka sangat peduli memajukan perpustakaan sekolah juga sangat menghargai profesi para pustakawan/pengelola perpustakaan di sekolah mereka.

Namun tetap saja, kalau dihitung jumlahnya masih jauh lebih banyak kepala sekolah yang belum peduli akan keberadaan perpustakaan di sekolah mereka.

(Baca juga: Nasib Pustakawan Swasta dan Pustakawan PNS serta Dinamika Perpustakaan di Sekitar Kita)

Kami sendiri sudah berkali-kali dihubungi pengelola perpustakaan sekolah yang selalu berkeluh kesah atas nasib perpustakaan mereka yang kurang terurus.

Diantara curhatan tersebut mulai dari minimnya anggaran, minimnya gaji pustakawan, minimnya fasilitas perpustakaan, minimnya koleksi buku, rusaknya rak buku dan meja kursi baca, dan fasilitas perpustakaan sekolah yang lain-lainya.

Jika kebetulan saja anda kepala sekolah yang sedang membaca tulisan ini, dan mungkin anda memiliki berjuta alasan untuk melakukan pembelaan atas ketidakmampuan anda dalam mengelola perpustakaan sekolah yang ada di sekolah anda, kami sarankan berhentilah membuat berjuta alasan tersebut.

Perpustakaan Sekolah MAN 1 Maluku Tengah
Perpustakaan Sekolah ini merupakan buah dari kerja keras sang Kepala Sekolah yang luar biasa mendedikasikan waktu, pikiran, bahkan beliau rela keluarkan uang kantong pribadinya agar bisa memiliki perpustakaan sekolah yang nyaman untuk para siswanya, bahkan untuk masyarakat umum di sekitar sekolah tersebut.

Hal itu karena semakin anda mencari-cari dalih dan pembenaran atas masalah ketidakmampuan anda mengelola dan memajukan perpustakaan di sekolah yang anda pimpin, maka dipastikan itu akan menjadikan anda semakin tidak mau mengurusi kondisi perpustakaan sekolah anda.

SOLUSI

Padahal solusinya sudah sangat banyak.

Jika anda ingin tahu bagaimana supaya bisa menjadi kepala sekolah yang bisa memajukan perpustakaan sekolah di sekolah anda, maka belajarlah dan terus belajar kepada kepala-kepala sekolah di Indonesia yang sudah semakin banyak yang bisa dan mampu memajukan perpustakaan sekolah mereka.

Hampir setiap tahun selalu ada lomba-lomba perpustakaan sekolah, mulai dari tingkat kota/kabupaten, propinsi, hingga nasional. Jika memang anda serius ingin memajukan perpustakaan sekolah anda, belajar dan teruuuuslah belajar kepada mereka agar bisa terus lebih baik.

Jika kalian beranggapan bahwa masalah ada pendanaan, carilah tahu kepada kepala sekolah yang sudah lebih dahulu mampu memajukan perpustakaan sekolah mereka, bagaimana mereka bisa memperoleh dana untuk memajukan perpustakaan sekolah mereka, walaupun dengan anggaran yang awalnya hanya seadanya, hingga akhirnya mereka mampu lebih maju perpustakaan sekolahnya.

Pada akhirnya, semua sangat ditentukan akan NIAT atau TIDAKNYA kepala sekolah untuk MAU dan MAU untuk memperjuangkan perbaikan perpustakaan di sekolah mereka.

Jika kepala sekolah MAU dan NIAT untuk memajukan perpustakaan sekolah, apapun dan bagaimanapun caranya, pasti akan ada jalan untuk bisa memajukan perpustakaan sekolah mereka.

Namun kalau sudah tidak ada niat, maka akan SELALU ada BERJUTA ALASAN untuk tidak akan pernah peduli untuk memajukan perpustakaan di sekolah mereka. Padahal saat diberikan amanah sebagai kepala sekolah, disitulah anda diberikan wewenang tertinggi di sekolah yang anda pimpin.

Sungguh sangat merugi, saat diberikan kekuasaan kepemimpinan tertinggi di sekolah, tapi tidak mampu meninggalkan ladang amal kebaikan untuk dikenang sebagai kepala sekolah yang mampu memajukan perpustakaan sekolah yang anda pimpin. Atau justru memang sudah menjadi pilihan bahwa menjadi kepala sekolah hanya ingin kejar jabatan dan kedudukan serta kekayaan, sehingga tak peduli dan tidak ada urusan dengan kemajuan sekolah, termasuk perpustakaan sekolah?

Jadilah Kepala Sekolah yang akan dikenang kebaikan anda saat menjabat kepala sekolah yang dikenang sebagai kepala sekolah yang peduliuntuk  memajukan perpustakaan sekolah di sekolah anda, daripada akan diingat menjadi kepala sekolah yang diingat dengan citra buruk sebagai orang yang sangat tidak peduli dengan nasib perpustakaan dan pustakawan di sekolah yang anda pimpin.

Pilihan anda pada tindak-tanduk dan kebijakan anda, wahai Kepala Sekolah!

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *