Cara Menjadi Kontributor Tulisan di duniaperpustakaan.com

Dunia Perpustakaan | Sebelumnya terima kasih banyak kepada pembaca duniaperpustakaan.com yang selalu support kami untuk membaca dan share tulisan kami.

Kami tidak menyangka, duniaperpustakaan.com yang tadinya hanya sebuah blog yang dibuat karena keterbatasan dan sulitnya mendapatkan referensi terkait bidang dunia perpustakaan saat menjadi mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (2003 yang lalu), kini pengunjungnya semakin banyak dan terus bertambah.

Setelah beberapa waktu lalu sempat terhenti hingga sekian  tahun dan jarang update, mudah-mudahan sekarang dan seterusnya bisa sering update terus.

Karena banyaknya pertanyaan terkait dengan, “Bagaimana caranya agar bisa kirim tulisan di duniaperpustakaan.com?”, sebenarnya kami sudash pernah membuka peluang untuk kontributor yang berperan untuk mengirimkan tulisanya ke redaksi.

Bahkan kontributornya dulu sudah mencapai ratusan. Namun dari ratusan tersebut yang aktif hanya beberapa saja, yang kemudian saat itu server hosting sering down, akhirnya kita lakukan penghentian sementara.

Dengan berjalanya waktu, akhirnya kami memutuskan untuk hostingnya sekarang kami gunakan platform blogger saja agar lebih simple dan memudahkan kontributor saat kirimkan tulisanya.

Mulai sekarang kami membuka kesempatan untuk mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (JIP), dosen JIP, pustakawan, dan pegiat literasi yang suka menulis, silahkan bisa berkontribusi untuk mengirim tulisan untuk dipublikasikan di duniaperpustakaan.com.

Alasan Kenapa Menulis di duniaperpustakaan.com?

Pengunjung duniaperpustakaan.com setiap harinya ribuan bahkan terkadang bisa mencapai puluhan ribu dalam sehari. Ini artinya memberikan peluang agar tulisan anda banyak dibaca dan memberikan banyak manfaat untuk pembaca.

Kami menekankan  bahwa untuk menulis banyak sekali caranya (tidak harus disini). Anda bisa menulis di medsos seperti di facebook, twitter,  blog pribadi, media cetak, dll.

Namun jika anda menulis di akun medsos anda, mungkin pembaca hanya mereka yang ada di list pertemanan anda, namun jika disini, pembaca anda rata-rata adalah mereka para mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan, Pustakawan, pegiat literasi, yang memungkinkan akan tertarik dan mendapatkan manfaat langsung dari apa yang anda tulis.

Tampilan statistik di Google Scholar menunjukan bahwa duniaperpustakaan.com masih terus naik untuk dijadikan referensi para penulis mulai dari mahasiswa di Jurusan Ilmu Perpustakaan, Dosen di Jurusan Ilmu Perpustakaan, ataupun para pustakawan yang membuat tulisan di bidang perpustakaan.

Perhatikan pada statistik di pojok kanan atas, dipastikan index data di Google Scholar ini menunjukan bahwa banyak sekali penulis yang menggunakan website duniaperpustakaan.com menjadi referensi bacaan mereka. Ini data yang terindex karena tulisan mereka dipublikasikan secara online sehingga auto terindex. Bisa dipastikan juga pastinya masih banyak tulisan, tugas kuliah, skripsi, TA para mahasiswa Jurusan ilmu perpustakaan yang belum dionlinekan. Jika semua dionlinekan, pasti akan jauh lebih banyak datanya.

Dengan dukungan data dan bukti diatas, kami harapkan mampu menggerakan anda untuk mau bergabung menjadi kontributor di duniaperpustakaan.com, agar semakin banyak yang menerima manfaat atas setiap pemikiran, ide, atau hanya sekedar tulisan curhatan anda disini.

Apalagi saat anda menulis disini, kami akan membantu untuk share di akun  FB kami yang saat ini sudah mencapai 19K follower dan masih terus bertambah setiap harinya, dan akun medsos lain seperti instagram, twitter, tiktok, dll. Sehingga tulisan anda berpeluang untuk dilike dan dishare oleh pembaca setia kami.

Jika semakin sering anda menulis, maka peluang anda untuk semakin dikenal karena tulisan anda akan sering dijadikan referensi oleh banyak pihak.

Jika anda bingung mau nulis tentang apa? Silahkan langsung hubungi redaksi kami memallui chat WhatsApp (Pojok kanan bawah), nanti akan kami rekomendasikan isu dan tema yang paling menarik untuk dibahas saat ini (UPTODATE).

Mungkin berikut ini bisa kami rekomendasikan berdasarkan profesi anda saat ini sebagai apa?

Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan

Untuk mahasiswa Jurusann Ilmu Perpustakaan, anda bisa memulainya dengan kirim tulisan hasil tugas kuliah anda, skripsi, Tugas Akhir, Opini, dll selama masih terkait di bidang dunia perpustakaan.

Jika anda mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan, pastinya bisa merasakan bagaimana sulitnya mendapatkan referensi bacaan saat anda mendapatkan tugas untuk membuat makalah di bidang perpustakaan.

Hal tersebut dikarenakan memang masih minimnya tulisan-tulisan di bidang dunia perpustakaan yang dishare di internet. Kalaupun ada, biasanya punya penulis “itu-itu saja”.

Kondisi hal tersebut tidak akan terjadi jika mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan di seluruh Indonesia ramai-ramai mempublikasikan tulisan tugas kuliahnya tersebut di internet, maka semuanya akan saling menguntungkan.

Referensi jadi semakin banyak, sehingga akan menambah dan memperluas wawasan kita.

Diluar itu, kita juga bisa mengontrol dan mengecek sebuah karya tulisan tersebut, apakah hanya hasil plagiat, atau benar-benar karya sendiri.

Selain itu, dengan rajin menulis sejak mahasiswa, dan tulisan anda banyak menginspirasi dan banyak jadi referensi, maka diharapkan saat anda melamar kerjaan jadi pustakawan, anda akan lebih dimudahkan karena reputasi anda. 

Pustakawaan (Pengelola Perpustakaan)

Untuk para pustakawan bisa mengirim tulisan dari yang sederhana, misalnya menulis profil perpustakaan anda, kegiatan perpustakaan anda, atau terkait dengan tips seputar pengalaman anda mengelola perpustakaan, bahkan bisa juga menuliskan curhat kalian, masalah yang dihadapi, suka dukanya menjadi pustakawan, bahkan anda bisa juga mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah yang misalnya kurang peduli dengan nasib pengelola perpustakaan, dll.

Sudah saatnya para pustakawan (pengelola Perpustakaan), mulai dari pustakawan yang sudah PNS, pengelola perpustakaan sekolah, dimanapun berada unntuk berani menyuarakan ide, opini, kritik dan saran yang membangun untuk memajukan di bidang perpustakaan di Indonesia.

Jika satu tulisan saja, mungkin tidak akan ada effectnya, tapi anda bisa membayangkan jika semua pustakawan dan pegiat literasi yang jumlahnya puluhan ribu di seluruh Indonesia berani menyuarakan aspirasinya melalui tulisan, tentunya itu akan jadi luar biasa.

Pegiat Literasi (Pengelola TBM, dll)

Untuk para pegiat literasi, pengelola TBM, di berbagai daerah, kalian juga bisa kirim tulisan seputar perjuangan inspirasi kalian selama perjuangkan literasi di daerah tanpa pernah mikirin gaji, menghadapi berbagai masalah, dan lai-lain supaya bisa menginspirasi pembaca.

Mari kita tingkatkan terus kesadaran untuk mau berbagi ilmu melalui tulisan karena saat kita tiada, tulisan kita akan kekal dan memberi manfaat selama tulisan kita dibaca.

Cara Kirim Tulisan

Silahkan lakukan registrasi di link registrasi disini, isi data email dan password untuk login, lalu bisa lakukan login.

Jika sudah lakukan login, anda akan diarahkan pada menu admin panel anda. silahkan langsung masuk ke menu dashboard, pilih “Add New” pada fitur “All post” di pojok kiri atas. Bisa juga melalui tombol “New-Post” pada menu kiri atas.

Jika sudah, silahkan untuk bisa memasukan Judul Tulisan, dan jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada menu kategory di bagian kanan tengah. Pastikan centang kategori yang sesuai dengan subjek tulisan.

Kami tidak akan mempersulit, untuk kirim tulisan, untuk yang tetap tidak mau ribet registrasi, anda bisa langsung kirim melalui WhatsApp Kami DISINI

Tulisan harus original karya sendiri, dan kalaupun tulisan bukan tulisan anda, mohon sertakan sumber tulisan dan pastikan tulisan yang anda kirim tersebut tidak melanggar hak cipta.

Mudah-mudahan jika respond kontributor nantinya semakin banyak, tentunya kami kedepanya (belum berani menjanjikan), akan memberikan reward untuk kontributor teraktif ataupun kontributor dengan tulisan terbanyak dibaca dan dishare.

profil penulis: Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *