12 Perpustakaan di Makassar Akan Segera Dilengkapi Fasilitas Wi-Fi

Dunia Perpustakaan | Pada tahun ini sebanyak 12 titik perpustakaan kecamatan, kelurahan, kepulauan binaan Dinas Perpustakaan Kota Makassar akan dilengkapi WiFi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar.

Kepala Seksi Aplikasi dan Telematika, Dr. Jusman, S. Kel., M.Si kepada Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tulus Wulan Juni, Kamis (21/01) meminta data lokasi perpustakaan yang berdiri sendiri dan tidak melekat dengan kantor kecamatan atau kelurahan, untuk selanjutnya akan dibantu dengan memberikan fasilitas WiFi.

Untuk perpustakaan yang melekat dengan Kantor kecamatan atau kelurahan fasilitas WiFinya sudah tersedia di kantor tersebut.

Bantuan tersebut tentunya sangat membantu masyarakat di era teknologi dan meningkatkan peran perpustakaan di kecamatan, kelurahan, kepulauan apalagi di tengah pandemi.

“Beberapa Perpustakaan binaan kami ditengah pandemi seperti di perpustakaan Kelurahan Mangasa yang terletak di Terminal Malengkeri menjadi tempat belajar anak-anak untuk menyelesaikan tugas onlinenya.

Dikutip dari fajarpendidikan.co.id, Fasilitas WiFi yang ada di beberapa perpustakaan sangat terbatas bahkan harus menggunakan kuota sendiri,” ungkap Tulus.

Maka dengan bantuan ini, kata Tulus, masyarakat khususnya anak-anak sekolah yang belajar online di perpustakaan dapat terbantu dengan fasilitas WiFi.

Berikut daftar perpustakaan kecamatan, kelurahan, kepulauan yang akan dilengkapi WiFi tahun 2021:

1. Perpustakaan Umum Kecamatan Mariso

2. Perpustakaan Umum Kecamatan Mamajang

3. Perpustakaan Umum Kecamatan Makassar

4. Perpustakaan Umum Amaliah Kecamatan Tamalate

5. Perpustakaan Umum Kecamatan Panakkukang

6. Perpustakaan Umum Kelurahan Tamangapa

7. Perpustakaan Umum Kelurahan Bulurokeng

8. Perpustakaan Umum Kelurahan Mangasa-Terminal Mallengkeri

9. Perpustakaan Umum Kelurahan Baraya

10. Perpustakaan Umum Kelurahan Lette

11. Perpustakaan Umum Kelurahan Camba Berua

12. Perpustakaan Umum Kelurahan Lakkang

Dinas Perpustakaan Kota Makassar saat ini telah melakukan pembinaan di 14 unit perpustakaan umum di kecamatan, 86 unit perpustakaan umum di kelurahan, tujuh unit perpustakaan umum di kepulauan dan dua unit perpustakaan umum yang berada di Mall.

Pengelolaan dan penyelenggaraan perpustakaan di kecamatan/ kelurahan dan kepulauan tersebut dibawah tanggung jawab pemerintah kecamatan dan kelurahan masing-masing.

Selain melakukan pembinaan di perpustakaan kecamatan/ kelurahan dan kepulauan, Dinas Perpustakaan Kota Makassar juga melakukan pembinaan perpustakaan yang berada di SD dan SMP.

Sebagian sekolah mulai membenahi perpustakaannya dengan pendampingan program Sentuh Pustaka dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *