Gerbang Maca! Upaya Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Dunia Perpustakaan | Untuk meningkatkan minat, kegemaran, budaya baca dan pengembangan perpustakaan, Pemkab Indramayu bentuk Gerakan Pengembangan Indramayu Membaca atau Gerbang Maca.

Mengutip dari laman timesindonesia.co.id, Menurut Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu, Dadang Rusyanto, “Gerbang Maca merupakan upaya menumbuhkan kegemaran membaca masyarakat, sesuai dengan Perda Nomor 3 tahun 2018,”.

Dalam program unggulan Gerbang Maca ini, terdapat 8 ruang lingkup yakni:

-Layanan perpustakaan umum,

-Layanan internet gratis,

-Kegiatan pelibatan masyarakat,

-Kunjungan pemustaka usia dini,

-Layanan perpustakaan keliling ke sekolah terpencil dan terjauh,

-Membaca 15 menit sebelum belajar,

-Sudut baca dan

-Perpustakaan terintegrasi.

Selain Gerbang Maca, Dadang melanjutkan untuk inovasi layanan perpustakaan di masa pandemi Covid-19, pihaknya mengoptimalkan layanan online perpustakaan umum Kabupaten Indramayu melalui akses perpustakaan digital Indramayu.

“Juga ada pemberitahuan pengembalian buku melalui integrasi otomasi dengan No WA Pemustaka,” tuturnya.

Kemudian, lanjutnya, juga diadakan podcast literasi Indramayu, yakni kegiatan tentang diskusi khusus yang berkelanjutan dengan tema-tema yang menarik, inspiratif, dan unik seputar dunia literasi, serta konten lokal budaya Indramayu yang disiarkan secara santai namun penuh makna.

“Dan melakukan layanan chat halo pustaka melalui laman website yang terintegrasi dengan pustakawan. Serta optimalisasi media sosial baik instagram, facebook, twitter dan youtube,” jelasnya.

Sedangkan menurut Asisten Administrasi Pemkab Indramayu, Suwenda Asmita, Pemerintah Kabupaten Indramayu juga melalui Kepbup Nomor 041.2/Kep.337-KAD/2002 tentang pembentukan perpustakaan kecamatan, kelurahan/desa.

“Dengan Kepbup ini, berarti kita sudah sejak 19 tahun lalu menyadari perlunya menumbuhkan kegemaran membaca masyarakat baik di desa maupun kecamatan,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, ada pula pemberian bantuan buku dan perlengkapan perpustakaan kepada 150 desa kelurahan/desa, 20 ponpes, 50 rumah ibadah, 31 kecamatan, 31 UPTD Pendidikan, dan 49 puskesmas.

“Kami juga mengalokasikan APBD untuk pelayanan perpustakaan di tahun 2021 ini senilai 1,1 miliar,” kata Suwenda mewakili Pemkab Indramayu yang juga mempunyai program Gerbang Maca.

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *