Perpustakaan Marrickville Australia, Perpustakaan Umum Terbaik Dunia 2021
Perpustakaan Marrickville Australia

Perpustakaan Marrickville Australia, Perpustakaan Umum Terbaik Dunia 2021

Dunia Perpustakaan | Perpustakaan Marickville Australia tahun 2021 meraih prestasi terbaiknya meraih penghargaan sebagai Perpustakaan Umum Terbaik di Dunia 2021. Perpustakaan Marickville ini berlokasi di Patyegarang Place, 313 Marrickville Rd, Marrickville NSW 2204, Australia. 

Perpustakaan yang didesign oleh pihak BVN ini memiliki luas 3,600m², dan memiliki luas 1,200m² taman outdoor, dan memiliki 100m² Taman bermain.

Sejarah

Bangunan depan Perpustakaan Marrickville AustraliaPerpustakaan Marickville Australia merupakan sebuah proyek alih fungsi bangunan. Bangunan perpustakaan ini sejak tahun 1871 merupakan rumah sakit tua yang berlokasi di pinggiran Sydney Australia. Perpustakaan Marickville Australia merupakan perpustakaan komunitas yang memiliki banyak fasilitas yang sangat nyaman. Sarana dan prasarana di perpustakaan ini sangat lengkap sehingga menjadi tujuan terfavorit warga sekitar.

Walaupun sudah banyak renovasi, Perpustakaan Marickville ini masih mempertahankan ciri khas dari bangunan tua bekas rumah sakit. Bagian yang masih dipertahankan yaitu bentuk bangunan dinding bata dan lantai teraso yang merupakan bangunan asli dari gedung tersebut. Bagian lain yang masih dipertahankan yaitu bentuk atap yang masih berbentuk pola zig-zag yang menjadi ciri khas dari bangunan.

Singkatnya, Perpustakaan Marickville Australia ini jika dilihat dari luar terkesan seperti bangunan dengan konsep design classic. Namun begitu masuk ke dalam ruangan, maka pengunjung akan menemukan fasilitas perpustakaan yang sangat modern, canggih. Tidak itu saja, perpustakaan ini memiliki fasilitas yang sangat nyaman untuk siapapun yang berkunjung ke sini.

Fasilitas

Perpustakaan Marickville Australia memiliki fasilitas yang sangat lengkap, termasuk fasilitas Taman yang dapat diakses publik. Lokasinya terletak di bawah permukaan jalan sekitarnya sehingga mampu menyediakan oasis dari kebisingan jalan Marrickville dan Livingstone.

Fasilitas Taman di Perpustakaan Marrickville Australia

Selain Fasilitas Taman, Perpustakaan Marickville Australia  juga memiliki sebuah kafe dan Paviliun yang memiliki fasilitas yang bisa digunakan untuk seluruh komunitas dengan konsep terbuka ke halaman dengan tambahan bentuk rumput yang cekung, membawa aktivitas dan kehidupan ke sudut barat dan selatan situs dan memungkinkan berbagai aktivitas komunitas dan acara publik, yaitu mulai dari Tai Chi hingga pemutaran film.

Tempat untuk aktivitas dan retret dijalin di seluruh bangunan. Tangga auditorium besar adalah pusat interior perpustakaan bagi pengguna perpustakaan untuk duduk, membaca, atau bersosialisasi. Di sekelilingnya, sebuah kekosongan yang membentang tiga lantai menyediakan tempat duduk perimeter dan pemandangan melintasi ruang. Lantai atas gedung menampung koleksi perpustakaan dan berbagai ruang baca dan belajar termasuk ruang pertemuan/belajar yang dapat dipesan.

Design Interior

Interior perpustakaan menciptakan suasana yang cerah dan ramah bagi pengguna untuk bertemu, bekerja, belajar, atau bersosialisasi. Kelimpahan cahaya alami menembus ruang melalui skylight langit-langit dan jendela besar yang menghadap ke halaman perpustakaan dan lingkungan Marrickville. Udara segar bersirkulasi melalui pintu ganda besar di gedung baru dan pintu Prancis asli yang membuka ke balkon eksternal di gedung lama. Tangga kayu, bengkel tukang kayu, panel akustik, dan detail perabotan memberikan latar belakang yang hangat dan menenangkan untuk banyak kegiatan yang diselenggarakan perpustakaan.

Atap kanopi terapung yang khas berasal dari atap miring gedung rumah sakit lama dan terlipat di atas gedung perpustakaan baru menuju halaman taman. Bangunan rumah sakit lama telah dipertahankan dan dipugar untuk membentuk koleksi perpustakaan dan ruang kantor, bersama dengan area membaca luar ruangan di sepanjang beranda yang sekarang dikenal sebagai Lilydale Balconies. Lantai perpustakaan baru terhubung ke gedung rumah sakit lama melalui jalan setapak berlapis kaca di lantai satu. Banyak fitur rumah sakit asli termasuk ubin, papan lantai, lantai teraso, bata, bingkai jendela, dan balok langit-langit tetap ada. Hal ini tanpa kompromi berkaitan dengan keberlanjutan dengan elemen daur ulang sedapat mungkin dan fitur desain yang mengurangi konsumsi energi.

Melihat Perpustakaan Marickville Australia ini memberikan inspirasi bahwa sebuah Perpustakaan Umum memang sudah sewajibnya harus menyediakan fasilitas yang lengkap, nyaman, dan modern serta selalu memberikan pelayanan dan fasilitas yang mengikuti kebutuhan masyarak di sekitarnya sepanjang massa.

Semoga ulasan terkait dengan Perpustakaan Marickville Australia ini mampu memberikan inspirasi untuk para pustakawan dan pengelola perpustakaan Umum/Daerah di seluruh Indonesia, agar perpustakaan daerah di Indonesia semakin lebih maju pengelolaanya.

Semoga!

profil penulis: Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *