Ilustrasi: Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Perpustakaan Nasional Akan Bangun Perpustakaan di Mandalika

Dunia Perpustakaan | Perpustakaan di Mandalika | Saat mendengar Mandalika, mungkin yang terbersit dalam banyak memory kita tentunya sebuah lokasi yang akan dijadikan sebagai ajang balapan MoToGP yang akan mulai di tahun 2022. Jika hal ini benar-benar terlaksana, maka wilayah ini akan menjadi tujuan banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Melihat kesempatan ini, tentunya tidak berlebihan jika pihak Perpustakaan Nasional memiliki rencana untuk membangun fasilitas Perpustakaan di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang masuk di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Rencana tersebut langsung disampaikan oleh pihak Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando di Mataram, sebagaimana dikutip dari AntaraNews.com (25/8/2021).

“Ini untuk memperkuat literasi masyarakat, sekaligus orang yang berwisata di tempat tersebut,” ujar Kepala Perpustakaan Nasional tersebut.

Lebih lanjut Muhammad Syarif Bando  mengatakan alasan akan dibangun perpustakaan di kawasan Mandalika dikarenakan Mandalika sudah menjadi Destinasi Super Prioritas Nasional (DSPN), sehingga sudah seharusnya dilengkapi juga dengan fasilitas pendukung yang lebih lengkap, termasuk fasilitas perpustakaan.

“Kami sudah mengunjungi Mandalika, destinasi indah,” ucap pria kelahiran Sulawesi Selatan ini.

Kedatangan Kepala Perpustakaan Nasional tersebut dalam rangkaian kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, dengan tema “Penguatan Peran Sisi Hulu Guna Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat” di NTB.

Selain itu juga akan dirangkaikan dengan Pengukuhan Bunda Literasi NTB serta penandatanganan nota kesepakatan Perpustakaan Nasional dengan Pemerintah Provinsi NTB dan Perguruan Tinggi di Provinsi NTB.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah, menyambut baik dan mendorong gagasan dan rencana Kepala Perpustakaan Nasional Indonesia, untuk membangun perpustakaan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah.

“Kami sangat mendukung, apalagi ada Sirkuit MotoGP disana,” ujarnya.

Ditambah lagi, Mandalika akan menjadi magnet, yang mendatangkan semua orang di Indonesia bahkan dunia untuk menyaksikan MotoGP dunia dan eksotiknya pantai dan alam di wilayah selatan pulau Lombok tersebut.

Tentu selain berwisata, wisatawan dapat menambah literasi di perpustakaan begitu bagi masyarakat setempat.

“Harus jadi etalase, semoga rencana ini cepat terealisasi,” katanya didampingi Ketua PKK Hj Niken Saptarini Widyawati, Sekda NTB HL Gita Ariadi dan Kadis Perpusda dan Kearsipan NTB Julmansyah.*

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *