ilustrasi

Indonesia Memiliki Jumlah Perpustakaan Terbanyak Kedua di Dunia

Dunia Perpustakaan | Jumlah Perpustakaan TerbanyakIndonesia memiliki total jumlah perpustakaan mencapai 164.610 perpustakaan dari berbagai jenis perpustakaan di Indonesia.

Jumlah tersebut masih didominasi jumlah Perpustakaan sekolah yang menempati sekitar 68,98%. Jumlahnya sekitar 113.541 perpustakaan sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan jumlah tersebut, Indonesia hanya kalah dari India yang sudah memiliki jumlah perpustakaan lebih banyak dari yang Indonesia miliki.

Data tersebut merupakan data yang disampaikan oleh pihak Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan pada Perpustakaan Nasional Deni Kurniadi saat mengisi acara pembukaan seminar nasional memperingati Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB), seperti dikutip dari RadarBanten.co.id Selasa (5/10).

Dari sisi jumlah perpustakaan, mungkin Indonesia pantas berbangga, namun menurut Deni, jumlah perpustakaan yang banyak tersebut belumlah cukup untuk negara dengan jumlah penduduk mencapai 270 juta jiwa.

Dengan jumlah penduduk Indonesia mencapai 270 juta jiwa, sedangkan jumlah buku yang beredar hanya mencapai 22.318.083. Artinya rasio antara buku dengan jumlah penduduk nasional hanya sekitar 0,09. Angka ini memiliki arti bahwa, satu buku di Indonesia ditunggui oleh 9 orang. Sedangkan kalau kita mengacu pada standard UNESCO, dimana setiap orang wajib memiliki 3 buku baru setiap tahunya.

Walaupun demikian, saat kita masih memiliki banyak keterbatasan ketersediaan buku, setidaknya ada raihan positif. Sebuah survei World Reading Habits 2020, Indonesia urutan ke-16 besar dunia sebagai negara dengan intensitas membaca enam jam seminggu. Tak hanya di Indonesia saja, secara global di saat pandemi covid-19, sebanyak 35 persen masyarakat dunia memilih kebiasaan membaca.

profil penulis: Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *