Rapana Street Library, Perpustakaan Unik Bentuk Kerang di Bulgaria

Rapana Street Library, Perpustakaan Unik Bentuk Kerang di Bulgaria

Dunia Perpustakaan | Rapana Street LibraryPeran pengembangan perpustakaan di banyak negara mengharuskan semua pihak turut berkontribusi. Tujuanya agar pengembangan perpustakan bisa terus dikenal oleh publik. Termasuk dari sisi design dan penempatan sebuah perpustakaan juga menjadi penting.

Hal ini juga yang dilakukan oleh pengelola perpustakaan di Bulgaria. Sebuah Perpustakaan yang berlokasi di dekat pantai  yang dirancang oleh tim khusus dengan design berbentuk seperti kerang. Perpustakaan ini bernama Rapana Street Library.

Bentuk Unik

Dengan bentuk bangunan yang unik, otomatis perpustakaan ini menjadi sangat menonjol dibandingkan dengan bentuk bangunan di sekitarnya. Sehingga menjadikan banyak masyarakat datang berkunjung ke perpustakaan ini.

Menurut designer, bentuk bangunan perpustakaan ini terinspirasi dari alam. Perpustakaan berbentuk kerang di Bulgaria ini menyediakan tempat duduk, tempat berteduh, rak buku, dan tersedia juga panggung kecil.

Lokasi Perpustakaan ini berada di Varna, Bulgaria. Perpustakaan Rapana ini dirancang dan diciptakan oleh tim arsitek – Yuzdzhan Turgaev, Boyan Simeonov, Ibrim Asanov dan Mariya Aleksieva. Mereka semua tertarik untuk mendorong masyarakat di Bulgaria agar tetap mau membaca buku dalam bentuk text book, bukan e-reader.

Bahan dari Perpustakaan ini dibangun dengan menggunakan bahan dasar kayu yang dibentuk menyerupai bentuk kerang laut. Pendekatan yang sangat sesuai dengan kota yang dianggap sebagai ibu kota laut negara ini.

Fasilitas

Di perpustakaan ini juga menyediakan tempat duduk yang teduh dan nyaman sehingga masyarakat bisa dengan nyaman bersantai sambil baca buku.

Setidaknya ada sekitar seribuan buku yang diletakan dalam rak buku yang disusun secara berjajar mengikuti bentuk kerang.

Tidak hanya menyediakan rak buku saja, di perpustakaan yang selalu ramai dikunjungi masyarakat ini juga tersedia panggung kecil yang terkadang digunakan untuk kegiatan-kegiatan ringan seperti sesi hiburan musik dan yang lainya.

Dengan sarana dan fasilitas yang dimiliki oleh Perpustakaan ini, menjadikan masyarakat dari berbagai kalangan seperti anak-anak hingga dewasa, rajin memanfaatkan fasilitas perpustakaan yang keren ini.

Semoga saja semakin banyak pengembangan perpustakaan di tempat-tempat umum agar perpustakaan terus menjadi lokasi yang dikenal masyarakat sehingga diharapkan memberikan dampak positif dalam melestarikan budaya baca.

 

profil penulis: Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *