Tama Art University Library

5 Perpustakaan Universitas Terbaik di Dunia

Dunia Perpustakaan | Sungguh berbeda ketika kita melihat perpustakaan di Indonesia dengan perpustakaan di luar negeri khususnya di negara-negara maju. Perpustakaan dibangun dengan berbagai fasilitas yang nyaman, modern, sehingga menjadi salah satu tempat terfavorit untuk dikunjungi masyarakat, termasuk dalam pengembangan perpustakaan perguruan tinggi. Melalui tulisan ini kami ingin mengulas terkait dengan 5 Perpustakaan Universitas Terbaik di Dunia yang Sangat Mengagumkan.

Sebelum menampilkan terkait dengan 5 Perpustakaan Universitas Terbaik di Dunia yang Sangat Mengagumkan, Semua orang tentunya berharap perpustakaan di Indonesia kedepanya semakin maju dan keren dengan fasilitas yang sangat memanjakan pengunjung.

Jangan sampai di Indonesia justru lebih sering kita dengar kasus korupsi dibidang perpustakaan, mulai dari korupsi pengadaan buku, pengadaan peralatan IT, dll. Hal itu tentunya sangat memalukan dan membuat kita pesimis.

Biar kita tetap semangat dan optimis, lebih baik mari kita tengok 5 Perpustakaan Universitas Terbaik di Dunia yang Sangat Mengagumkan menurut Best Master Program yang akan membuat kita kagum dan terkesima dengan keindahan dan fasilitasnya.

#1.  UNAM Central University City Campus Library, Mexico

UNAM Central University City Campus LibraryPerpustakaan di UNAM Central University yang terletak di Mexico City, Mexico ini memang sangat megah dan mengagumkan. Selain fasilitas perpustakaanya yang sangat lengkap, Perpustakaan ini juga mendapat pengakuan kampus UNAM sebagai situs Warisan Dunia.

Berbeda dengan sebagian besar bangunan lain di kampus, perpustakaan UNAM ini memiliki bentuk astruktur berbentuk persegi yang menjulang tinggi dihiasi dengan berbagai mural yang dilukis oleh muralist terkenal Juan O’Gorman.

Tinggi, bentuk dan desain artistik bantuan bangunan sangat terlihat berbeda dengan bangunan lainya di seluruh Mexico City. Dengan demikian orang sangat tertarik untuk melihat dan berkunjung ke perpustakaan tersebut. Pada tahun 1956, sekitar setengah abad Perpustakaan dipindahkan dari lokasi sebelumnya di Pusat Kota Mexico.

#2. Thomas Fisher Rare Book Library, University of Toronto, Canada

Koleksi di Perpustakaan Universitas Toronto ini merupakan yang terbesar di Kanada terkait dengan buku bersejarah. Yang menarik adalah, Jika Perpustakaan Universitas di Indoensia hanya boleh diakses oleh kalangan Mahasiswa saja, maka di Perpustakaan ini  dapat diakses untuk umum.

Koleksi yang ada di perpustakaan ini antara lain meliputi naskah keagamaan, dokumen ilmiah inovatif, tulisan-tulisan politik dan lukisan indah dari abad ke-17. Beberapa bagian yang paling terkenal di Perpustakaan Buku Langka Thomas Fisher yaitu termasuk di dalamnya folio Shakespeare yang asli.

Selain koleksi tersebut di perpustakaan ini juga menyimpan salinan bukti Darwin Origin of Species, Newton Principia Mathematica dan dua salinan dari Nuremberg Chronicle yang tanggal kembali ke 1493. Koleksi ini juga dilengkapi fragmen manuskrip papirus Mesir, Dokumen langka Hebraica dan Judaica serta 25.000 publikasi politik yang merupakan bagian dari Robert S. Kenny Collection.

#3. Tama Art University Library, Jepang

Jangan heran kenapa orang Jepang begitu maju dan masyarakatnya memiliki SDM yang sangat Cerdas dan membuat iri negara-negara lain di belahan dunia. Hal tersebut dikarenakan pemerintah Jepang sangat peduli dengan pembangunan perpustakaan termasuk Perpustakaan di Universitas-universitas di Jepang.

Salah satu perpustakaan Universitas terbaik di Jepang adalah Perpustakaan di Universitas Tama Art yang terletak di Kota Tokyo Jepang.

Perpustakaan ini dirancang oleh arsitek terkenal Jepang bernama Toyo Ito. Bentuk bangunan ini terbuat dari susunan dan perpaduan antara beton dan kaca struktur ikonik yang menawarkan lebih dari 60.000 kaki persegi luas lantai pada dua tingkatan gua.

Sementara pada bangunan eksteriornya dibuat menyerupai Colosseum berbentuk kubus, langit-langit berkubah dan ratusan lengkungan memberikan interior penampilan katedral Eropa abad pertengahan.

Dengan fasilitas yang begitu luar biasa ini, tidak heran menyebabkan masyarakat Jepang memiliki masyarakat yang sangat terkenal dengan budaya bacanya yang luar biasa.

#4. Philological Library of the Free University, Jerman

Desain dan arsitektur Perpustakaan yang sangat menakjubkan ini merupakan karya seorang ahli Arsitektur terkenal Norman Foster. Di Jerman sendiri, Perpustakaan ini merupakan salah satu perpustakaan yang terbaik.

Arsitek Norman Foster merancang bentuk dari perpustakaan ini dalam bentuk menyerupai bentuk otak manusia. Perpustakaan ini dibangun pada tahun 2005 yang kemudian dikenal dengan julukan “Berlin Brain”.

Perpustakaan ini berisi empat lantai dalam gelembung-seperti kanopi berventilasi, dan membran dalam dibangun dari kaca tembus yang menyaring matahari untuk memungkinkan suasana kondusif untuk konsentrasi. Bentuknya seperti transparan dan terbuka sehingga memungkinkan untuk terbuka secara transparan di siang hari atau sesuai cuaca di sana. Di Perpustakaan ini terdapat lebih dari 700.000 volume dan berfungsi sebagai landmark arsitektur di Berlin.

#5. Magdalen College Old Library, Inggris

Siapa yang tidak kenal dengan Universitas Oxford di Inggris? Kalaupun belum pernah kesana, dikalangan mahasiswa Indonesia dan mahasiswa di seluruh dunia tentunya ingin bisa diterima untuk kuliah disana.

Selain dikenal karena kwalitas dari Universitasnya, Universitas Oxford juga dikenal dengan perpustakaanya yang luar biasa baik. Di Perpustakaan Universitas Oxford ini koleksinya mencakup lebih dari 11 juta buku.

Di Inggris, Perpustakaan ini mendapat julukan sebagai permata mahkota sistem perpustakaan universitas. Di Perpustakaan ini terdapat lebih dari 20.000 buku-buku langka dan manuskrip. Hampir semua dari  koleksi tersebut diterbitkan sebelum Tahun 1800.

Dengan bentuknya yang sangat mengagumkan tersebut, tidak berlebihan jika perpustakaan ini disebut sebagai salah satu perpustakaan paling indah di dunia dengan bentuk interior dan eksteriornya yang sangat indah dan mengagumkan.

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *