Perpustakaan Sekolah ini Tak Mengira Miliki Koleksi Al-Qur’an Berusia 700 Tahun

Dunia Perpustakaan | Baru-baru ini di salah satu wilayah di Turki, ada Perpustakaan Sekolah yang menjadi sorotan, hal ini terkait dengan koleksi di Perpustakaan Sekolah tersebut yang ternyata memiliki koleksi langka.

Koleksi langka yang dimaksudkan yaitu dua buah kitab suci Al-Qur’an yang usianya ternyata diperkirakan sudah berusia 400 dan 700 tahun. Menariknya lagi, dua buah Al-Qur’an yang ditemukan tersebut ternyata masih menggunakan tulisan tangan.

Lokasi perpustakaan sekolah tersebut berada di daerah distrik Zile salah satu wilayah yang berada di Tokat, tepatnya di perpustakaan sekolah SMA Zile Imam Hatip, Turki.

Dengan usia Al-Qur’an yang sudah mencapai ratusan tersebut, tentunya jika tidak dirawat dengan baik, akan berdampak pada resiko kerusakan yang semakin parah. Untuk antisipasi hal tersebut, pihak Pendidikan Nasional Provinsi Tokat Murat melalui direkturnya Küçükali mengatakan akan merawat dua manuskrip bersejarah tersebut.

Pada awalnya dua Al-Qur’an tersebut ditemukan di salah satu arsip perpustakaan SMA Zile Imam Hatip, namun kedepanya, akan segera dikirim ke lembaga pemerintah Turki yang memang khusus untuk merawat dan mengelola peninggalan sejarah Kekaisaran Ottoman.

“Karya-karya itu segera dipisahkan untuk mencegah pembusukan atau kerusakan lebih lanjut. Kami segera menghubungi Direktorat dan karya-karya itu akan dikirim kesana,” ujar Küçükali yang dikutip di Abna, Selasa (6/12).

“Artefak ini sangat berharga bagi kami. Para ahli telah memperkirakan nilainya. Itu sebabnya mereka harus segera dilindungi,” sambungnya.

Küçükali mengatakan bahwa alasan mereka mengirimkan kedua karya peninggalan sejarah itu kepada direktorat, merujuk pada usia Al-Qur’an yang membutuhkan perlindungan khusus. Kedua Al-Qur’an itu diperkirakan akan disimpan di Mevlevihane.

profil penulis: Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *