Buku Terbesar di Dunia ada di Australia

Dunia Perpustakaan | Buku Terbesar di Dunia |  Jika ada buku terkecil di dunia, maka sebagai tandinganya ada juga buku terbesar di Dunia. Buku Terbesar di Dunia ini ternyata berbentuk atlas. Judul buku dari Atlas ini yaitu ‘The Earth Platinum’.

Buku terbesar di Dunia ini memiliki panjang buku sekitar 1,8 meter dengan ukuran lebar buku 2,7 meter. Ukuran tersebut diukur ketika buku terbesar di dunia tersebut pada posisi ketika buku terbuka.

Anda tentunya ingin tahu juga, seberapa berat buku atlas tersebut? Berat dari Buku terbesar di dunia ini memiliki bobot berat 150 kilogram. Bagaimana, anda ingin mencoba mengangkatnya?

Rencananya Buku Terbesar di Dunia ini akan di simpan dan dipamerkan di di Perpustakaan Negara Bagian New South Wales Australia untuk beberapa minggu sekitar empat minggu yang akan datang.

Buku Terbesar di Dunia ini nantinya merupakan koleksi dari perpustakaan Mitchell Library. Buku Terbesar ini pada akhirnya juga akan dipajang di sebuah ruangan baca atau Reading Room yang ada di Mitchell Library.

Buku atlas sekaligus Buku Terbesar di Dunia tersebut ternyata tidak hanya satu saja, melainkan ada 31 eksemplar di dunia.

Penerbit yang berhasil menciptakan Buku Terbesar di Dunia ini bernama Millennium House yang berhasil mengerjakan mulai tahun 2012.

Nantinya, Perpustakaan New South Wales merupakan satu-satunya perpustakaan yang akan menyimpan Buku Terbesar di Dunia tersebut.

Gordon Cheers yang mewakili dari pihak penerbit Millennium House menyatakan jika penerbitnya membutuhkan waktu sekitar empat tahun untuk memproduksi buku terbesar di dunia tersebut.

“Tidak selalu mudah untuk mendapatkan skala planet kita, ini adalah hasil paling dekat yang bisa didapatkan dalam sebuah buku,” kata Gordon sebagaimana dilansir dari RadioAustralia.Net.au [19/5/15].

Untuk menciptakan dan memproduksi buku terbesar di dunia ini membutuhkan banyak pihak yang terlibat.

Sekitar lebih dari seratus kartografer internasional, ahli dan pakar geografi, serta para fotografer juga terlibat dalam produksi atlas sekaligus Buku Terbesar di Dunia tersebut.

Jumlah halaman dari Buku Terbesar di Dunia tersebut berjumlah 128 halaman ini. Dari total jumlah halaman tersebut ternyata 61 halaman berisi tentang peta dan 27 gambar yang merupakan gambar sekaligus lokasi-lokasi yang sangat terkenal di dunia, termasuk di dalamnya mengenai gambar St Peter Basilika dan Machu Picchu.

Selain itu, Banyak jug gambar yang dibuat yang didalamnya terdiri dari gabungan ribuan foto. Salah satu gambar yang ada di Buku terbesar di dunia tersebut yaitu gambar terbesar yang terdiri dari dua belas ribu foto.

“Perpustakaan ini memiliki koleksi atlas dunia yang mengesankan, dan Earth Platinum adalah contoh yang unik dalam sejarah penerbitan kartografi,” ujar pakar peta di perpustakaan negara New South Wales, Maggie Patton. Sampai saat ini, British Library masih memegang rekor untuk atlas terbesar di dunia dengan jumlah judul ‘1.660 Klencke Atlas’.

Bagaimana, Penerbit di Indonesia mungkin ada yang ingin mengalahkan rekor Buku terbesar di Dunia ini?

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *