Perpustakaan di Korea Selatan Buka 24 Jam

Dunia Perpustakaan | Korea Selatan sebagai negara yang sangat maju dibidang teknologinya, ternyata memiliki rahasia yang menyebabkan negaranya menjadi sangat maju.

Salah satu rahasia diantaranya yaitu terkait dengan fasilitas Perpustakaan di Korea Selatan Buka 24 Jam. Hal inilah yang menyebabkan mutu dan kwalitas dari masyarakat di Korea Selatan terus meningkat.

Tidak hanya masyarakat asli Korea Selatan saja yang bisa merasakan dan menikmati kebijakan dari perpustakaan di Korea Selatan yang buka hingga 24 jam. Beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Korea Selatan juga ikut bisa menikmati layanan perpustakaan yang buka 24 jam.

Karena layanan perpustakaan yang buka 24 jam di Indonesia masih jarang atau mungkin memang belum ada, maka sangat wajar jika seorang mahasiswa yang sedang belajar di Korea Selatan ingin bercerita melalui blognya terkait dengan layanan Perpustakaan di Korea Selatan Buka 24 Jam tersebut.

Berikut ini merupakan kisah seorang bloger yang menuliskan pengalamanya menikmati layanan Perpustakaan di Korea Selatan Buka 24 Jam di salah satu perpustakaan di Korea Selatan.

Tidak hanya restauran cepat saji atau mini market saja yang buka 24 jam di Korea Selatan. Pada bulan Desember banyak perpustakaan di kampus Korea Selatan yang buka selama 24 jam. Hal ini karena pada minggu pertama atau kedua bulan Desember hampir semua mahasiswa Korea mengikuti ujian akhir semester. Bagi kebanyakan anak muda Korea saat ini mereka harus bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang layak sesudah selesai kuliah. Mau tidak mau mereka harus belajar dan bekerja keras.

Di kampus saya, Universitas Woosong, Daejeon, kami meggunakan sistem empat semester; dua semester regular dan dua semester pendek. Semester regular adalah semester musim semi dan musim gugur yang berlangsung masing-masing selama enam belas minggu. Musim semi berlangsung dari bulan Maret sampai Juni dan musim gugur berlangsung dari bulan September sampai Desember.

Sedangkan semester pendek jatuh pada musim dingin dan panas yang berlangsung selama masing-masing enam mingg. Musim panas pada bulan Juli sampai Agustus dan musim dingin pada bulan Januari sampai Februari. Secara total mahasiswa di Korea Selatan belajar selama 44 minggu selama satu tahun. Mereka masih punya libur kurang lebih 2 bulan sepanjang tahun. Biasanya mereka pergi ke luar negeri untuk belajar bahasa Inggris atau melakukan program Volunteer.

Pada hari biasa perpustakaan di kampus buka dari jam 7 pagi sampai jam 11 malam. Namun demikian ketika ujian tengah semester dan akhir semester perpustakaan buka selama dua puluh empat jam. Pada saat itu hampir semua “study room” penuh dan bahkan kadang-kadang kita tidak mendapatkan tempat duduk jika tidak memesannya terlebih dahulu.

Beberapa mahasiswa yang saya temui mengatakan bahwa mereka senang pergi ke perpustakaan karena mereka dapat berkonsentrasi dengan lebih baik. Jika mereka bosan mereka bisa beristirahat makan atau minum yang tersedia di “vending machine” di perpustakaan atau pergi ke warung-warung kaki lima yang buka sampai pagi hari. Selain fasilitas kafe, perpustakaan di sini juga dilengkapi dengan ‘Multiplek’. Mahasiswa bisa meminjam DVD film-film terbaru untuk diputar sambil beristirahat.

Mereka semua tidak takut untuk pulang pagi karena kondisi yang sangat aman di Korea. Dengan tingkat kriminalitas yang sangat rendah Korea dapat menjadi tujuan anda untuk belajar.

 

Penulis: Ony Avrianto Jamhari

Pengajar Bahasa Indonesia dan Regional Manager di departemen Hubungan International, SolBridge International School of Business, Universitas Woosong, Daejeon, Korea Selatan. || Blog: www.kompasiana.com/onyjamhari

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *