Cara Mendapatkan Bantuan Buku Gratis dari Penerbit

Dunia Perpustakaan | Cara Mendapatkan Bantuan Buku Gratis dari Penerbit | UPDATE! | Mohon bisa difahami bahwa tulisan ini hanya kami jadikan petunjuk awal. Sebenarnya selain penerbit Diva Press, sangat memungkinkan untuk memberikan bantuan buku gratis kepada perpustakaan/TBM/Sudut baca/perpustakaan desa/perpustakaan pondok pesantren dan sejenisnya.

Hal tersebut dikarenakan setiap penerbit untuk jangka panjang memiliki “kepentingan” untuk keberlangsungan “bisnis” mereka yaitu menjual buku.

Secara strategi jangka panjang, penerbit pasti ingin terlibat, bagaimana supaya masyarakat Indonesia ini suka baca buku. Selain karena alasan penerbit yang ingin berkontribusi masyarakat Indonesia suka baca buku agar SDM terus semakin baik, namun secara bisnis, penerbit akan jauh diuntungkan jika masyarakat suka membaca, maka bisa dipastikan buku-buku penerbit akan laris jika minat baca masyarakat terus meningkat.

Hal tersebut dikarenakan, untuk di tingkat masyarakat yang sudah “gila baca”, buku semahal apapun akan mereka beli, dan tidak mungkin hanya mengandalkan baca buku gratis di perpustakaan.

Karena kepentingan tersebut, maka diantara strateginya  penerbit yaitu dengan cara membagikan buku-buku gratis ke perpustakaan/TBM, dan sejenisnya.

Alasan lain kenapa penerbit pasti memberikan bantuan buku gratis, dikarenakan memang ada aturan terkait dana CSR.

(Baca juga: Cara Mendapatkan Bantuan Buku dari Perpustakaan Nasional )

Jadi, kami mohon setelah anda membaca tulisan ini, jangan kemudian hanya meminta bantuan ke penerbit Diva Press saja, tapi anda juga bisa membuat proposal yang sejenis yang ditujukan ke banyak penerbit-penerbit lainya.

Hal lain yang Anda juga perlu fahami, karena begitu banyaknya pengelola perpustakaan yang ingin mendapatkan bantuan buku gratis, sedangkan budget penerbit juga pasti terbatas, maka disini anda harus siap dan berani berkompetisi dalam kebaikan.

Dimana setiap penerbit juga pasti ingin memberikan bantuan buku mereka kepada perpustakaan/TBM yang terbaik, tepat sasaran, dan pihak penerbit berharap akan mendapatkan feedback positif ketika memberikan bantuan ke perpustakaan anda.

Jadi, terus bersemangat untuk memajukan literasi dengan terus berlomba-lomba dalam kebaikan dan kreativitas, termasuk saat meminta bantuan buku gratis dari banyak penerbit 🙂
—————————————–

Jika memang anda serius untuk membangun perpustakaan pribadi atau TBM juga perpustakaan desa serta yang lainya, ada banyak cara untuk memulainya.

(Baca juga: Cara Sederhana Membuat Perpustakaan Pribadi untuk Keluarga)

Berikut ini merupakan salah satu Cara memperoleh Bantuan Buku Gratis dari Penerbit.

Selain diawali dari koleksi buku, anda bisa juga mengajukan permohonan ke pihak lainya. Mungkin yang paling banyak dan sering kita lakukan mengajukan permohonan buku ke pihak Perpustakaan Nasional atau perpustakaan daerah terdekat.

Tapi sekarang tidak sedikit penerbit yang mulai peduli membantu untuk membagikan buku-buku gratis untu dibagikan ke TBM atau perpustakaan. Salah satu penerbit yang bagi-bagi buku gratis tersebut yaitu Penerbit Diva Press di Yogyakarta.

Beberapa orang yang akan membangun perpustakaan atau TBM, kadang mereka tidak tahu bagaimana Cara memperoleh Bantuan Buku Gratis dari Penerbit. Caranya sangat mudah, anda cukup kirimkan proposal ke pihak penerbit yang anda inginkan.

Biasanya aturanya di hampir semua penerbit sama, termasuk yang dalam tulisan ini dicontohkan adalah permohonan buku kepada pihak penerbit DIva Press Yogyakarta.

Untuk memperoleh Bantuan Buku Gratis dari Penerbit salah satunya dari penerbit Diva Press, caranya sangat gampang.

Berikut ini merupakan Cara peroleh Buku Gratis dari Penerbit khususnya penerbit Diva Press.

Silahkan ikuti caranya sebagai berikut:

Kirimkan Proposal permohonan bantuan buku anda ke pihak Penerbit DIVA Press a/n Kak Avifah Ve Sampangan gang Perkutut 325 B Baturetno Banguntapan Jalan Wonosari km 7 Yogyakarta 55197

Isi proposal:

  1. Sekilas gambaran perpustakaan dan taman bacaan
  2. Alamat perpustakaan/taman bacaan
  3. Target pembaca (anak-anak, remaja, santri, anak sekolah, orang dewasa, petani, pedagang, dll)
  4. Kontak person yang bisa dihubungi (wajib ada)

Nah, caranya hanya seperti itu saja, mudah kan?

Semoga saja nanti proposal-proposal tersebut bakal mendapat prioritas pertama untuk dikirimkan di gelombang kedua.

Ayo semangat untuk membangun perpustakaan dan TBM di Indonesia biar masyarakat Indonesia makin cerdas dengan budaya membacanya.

Jangan lupa untuk memberikan apresiasi ke penerbit yang berkenan berbagi buku Gratis seperti Diva Press ini yach.

Anda juga bisa mencoba melakukan dengan cara yang sama atau disesuaikan dengan kebijakan masing-masing penerbit.

Silahkan anda rajin menghubungi banyak penerbit di seluruh Indonesia. Bisa melalui website, email, atau akun-akun sosial media mereka untuk meminta informasi terkait dengan cara untuk bisa mendapatkan bantuan dari penerbit-penerbit yang bersangkutan.

Tebarkan semangat untuk suka membaca dimulai dari diri kita, keluarga kita, teman, dan lingkungan terdekat kita.

profil penulis: Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

15 comments

  1. saya mohon bantuan bagaimana caranya saya dapatkan buku untuk anak didik saya.

  2. Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Nama : M SULTHON
    Alama : Dusun Corogo RT/RW 05/09 Desa Janti Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang Jawa timur
    HP : 085608291399
    E-mail : michaelsulthon@gmail.com
    FB : https://www.facebook.com/santri.sulthon

    Saya adalah seorang pemuda yang tergerak hatinya untuk mendirikan taman bacaan masyarakat. Hal ini dikarenakan pemudanya yang mempunyai minat baca rendah dan suka bermain game. mereka bermain game sampai lupa waktu. Yang membuat saya prihatin adalah tak ada sama sekali tanda-tanda kegiatan mereka membaca buku. Sehingga saya berencana membuka taman bacaan masyarakat ini. Saya ingin sekali bulan ini terealisasikan namun saya terkendala oleh buku bacaan untuk anak-anak. menjadikan saya menunda pembukaan. Saya berharap saudara/i sudi membantu saya dengan memberikan bantuan buku untuk taman bacaan masyarakat yang akan saya dirikan. Sementara buku yang saya punya adalah buku bacaan kategori umum dan buku kuliah saja.
    atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    Wassalamu'alaikum warohmatullahi Wabarokatuh

  3. Assalamualaikum Wr. Wb
    Kami dari Komunitas Literasi Madrasah (Ka-Lam) sangat membutuhkan buku-buku bacaan. Saat ini kami cuma memiliki 50 eks buku, tentu sangat terbatas sekali. Jika bernan, kami sangat mengharapkan donasi dari penerbit DivaPress untuk mendonasikan buku-buku. Terima kasi

  4. Apakah diva press menyediakan buku-buku berbahasa inggris gratis?

  5. Assalamu'alaikum wr. Wb.
    Nama: Gino
    Alamat:siwak kota bumi desa darat sawah ilir kecamatan seginim kab. Bengkulu Selatan Prov. Bengkulu 38552
    No hp: 081271058983

    Disini saya berencana membangun perpustakaan mini, karena saya prihatin dg para anak2 dan pemuda didesa kami yg suka mabuk-mabukan karena tidak adanya kegiatan2, dg adanya perpus mini ini semoga mereka bisa melupakan kegiatan buruk mereka dan menjadikan mereka gemar membaca…

    Untuk para pembaca yg ingin menyumbangkan buku bekas layak baca (terutama buku islami) silahkan untuk mengirimkanya melalui alamat diatas.. Terima kasih

  6. nama:Abdul syofi ,status:guru MTs Sunan Kalijaga.Disini saya mohon bantuan buku perpustakaan untuk sekolah kami yang kekurangan buku bacaan untuk siswa kami bila ada pembaca yang berkenan untuk menyumbagkan buku bekas layak baca silahkan kirimkan ke alamat: MTs Sunan Kalijaga no.02 banyuanyar tengah banyuanyar probolinggo jawa timur

  7. Saya Operator SMAN 1 GAUNG Kab. Indragiri Hilir Provinsi Riau NPSN 10494572
    Memohon bantuan Buku Untuk Perpustakaan Dang Merdu SMAN 1 Gaung. Karena masih banyak kekurangan buku, terutama menghadapi akreditasi perpustakaan sekolah kami.

    • Saya Operator SMAN 1 GAUNG Kab. Indragiri Hilir Provinsi Riau NPSN 10494572
      Memohon bantuan Buku Untuk Perpustakaan Dang Merdu SMAN 1 Gaung. Karena masih banyak kekurangan buku, terutama menghadapi akreditasi perpustakaan sekolah kami pada Awal Bulan Mei 2021.
      Demikian yang dapat kami sampaikan dan mohon kesediaannya bermurah hati untuk memberikan bantuan Buku tersebut.

      Alamat : JL. RIAU NO.01 KUALA LAHANG KEC. GAUNG KAB. INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU
      KODE POS 29282

  8. Yth Bp/Ibu Direktur penerbit Dunia Perpustakaan
    Saya tertarik jika perusahaan yang bapak/ibu pimpin dapat menawarkan buku buku lama dengan harga terjangkau. Kami akan membantu perpustakaan di daerah Kecamatan Patean Kabupaten Kendal Jawa Tengah.
    Saya saat ini sebagai pendidik dan domisili saya di Jl Grafika Raya No 10 Banyumanik Semarang, 50264.
    Jika sekiranya ada stok buku lama dengan harga menarik bapak/ibu dapat menginformasikan ke alamat email saya. Jika ada rezeki saya akan membeli sesuai kemampuan saya pribadi. Atas kerjasamanya diucapkan terima kasih

    • Halo perkenalkan nama saya very Makung,asal dari Nusa Tenggara Timur.
      Saya ingin mengajukan buku, yang gratis, karena sedimikian orang berkembang membaca di zaman sekarangtetapi kita yang Nusa tengara timur cukup, memperihatin sekali mengenai budaya membaca…

    • Perpustakaan Rumah Pintar

      Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
      Nama : Devi Ratna Juwita
      Alama : Dusun 1 Jl. Pepaya srg 6 Rt 003/Rw 001 Desa Mukti sari Kec. Tapung Kab. Kampar Riau
      Kode pos : 28464
      HP : 083163446643
      Perpustakaan Desa Mukti sari yang diberi nama “PERPUSTAKAAN RUMAH PINTAR”. Saya adalah salah satu pengelola perpustakaan desa Mukti sari, ingin mangajukan permohonan buku gratis oleh penerbit DivaPress untuk perpustakaan desa kami, karna buku di perpustakaan desa Mukti sari masih sangat sedikit. Yang mana kami mempunyai visi & misi yang sangat penting salah satunya yaitu menumbuhkembangkan minat baca pada masyarakat dan memajukan literasi minat baca pada anak, demi kesejahteraan masyarakat. Maka dari itu jika berkenan saya mohon bantuan buku untuk perpustakaan desa kami..
      Atas bantuan nya saya ucapkan terimakasih
      Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  9. Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktu.perkenalkan nama saya nona wardhani, sekarang saya sedang menempuh pendidikan perguruan tinggi di universitas Muhammadiyah Kupang. Dan saya sering mengikuti organisasi di kampus. Salah satunya UKM pengabdian masyarakat. Dimana kami sering turun ke lapangan atau desa-desa dimana tingkat literasi anak-anak nya kurang . UKM pengabdian masyarakat sudah berencana untuk membuat pojok literasi di desa tesbatan 1 kecamatan Amarasi kabupaten Kupang. Dimana kami punya tujuan yang sangat penting yaitu meningkatkan literasi di desa tersebut karena pada saat survei ke lokasi minim sekali anak-anak membaca salah satu penghambatnya adalah kurangnya alokasi buku-buku. Sasaran kami untuk meningkatkan literasi adalah anak”. Pojok literasi ini guna menciptakan tempat bacaan yang nyaman, minat baca yang tinggi dan ketersedian buku yang bisa dipakai anak- anak.

  10. Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktu.perkenalkan nama saya nona wardhani, sekarang saya sedang menempuh pendidikan perguruan tinggi di universitas Muhammadiyah Kupang. Dan saya sering mengikuti organisasi di kampus. Salah satunya UKM pengabdian masyarakat. Dimana kami sering turun ke lapangan atau desa-desa dimana tingkat literasi anak-anak nya kurang . UKM pengabdian masyarakat sudah berencana untuk membuat pojok literasi di desa tesbatan 1 kecamatan Amarasi kabupaten Kupang. Dimana kami punya tujuan yang sangat penting yaitu meningkatkan literasi di desa tersebut karena pada saat survei ke lokasi minim sekali anak-anak membaca ,salah satu penghambatnya adalah kurangnya alokasi buku-buku. Sasaran kami untuk meningkatkan literasi adalah anak”. Pojok literasi ini guna menciptakan tempat bacaan yang nyaman, minat baca yang tinggi dan ketersedian buku yang bisa dipakai anak- anak.

  11. Trisensia Lestari, S.I.Pust

    Yth Bp/Ibu Direktur penerbit Dunia Perpustakaan…
    saya sebagai pengelolah perpustakaan di UPT SD Negeri 9 Makale, Kelurahan Kamali Pentalluan, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, Jln. Tritura No.97 Kasimpo, No. Telpon: 081355945676

    Jika berkenan saya mohon bantuan buku perpustakaan untuk sekolah kami yang sangat kekurangan buku bacaan untuk siswa kami….

  12. Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktu.
    nama: mochammad mirza
    alamat: jalan sunan kalijaga gang kresna no 17 b tuban
    kode pos : 62314
    no hp 08819252448

    sekarang saya sedang bekerja di perpustakaan sekolah swasta di tuban.ingin mendapatkan bantuan koleksi buku bacaan untuk menambah koleksi bacaan anak anak sehingga dapat menumbuhkan minat baca siswa kami.
    kami mohon dengan sangat bantuan bapa/ibu untuk bisa memberi bantuan koleksi buku bacaan.
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *