Belanja di Pasar Sambil Menikmati Baca Buku

Dunia Perpustakaan | Untuk mengampanyekan budaya membaca di kalangan masyarakat, pengelola Pasar Sambirejo bekerja sama dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Madiun menyediakan perpusatakaan keliling di pasar setiap hari, kecuali hari Jum’at.

Pemerintah Desa Sambirejo bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Madiun menyediakan perpustakaan keliling di Pasar Legi Sambirejo, Kecamatan Jiwan. Pedagang dan pembeli di pasar dapat membaca puluhan bahkan sampai ratusan buku yang disediakan perpustakaan keliling ini.

Perangkat Desa Sambirejo, Ajar Putra Dewantoro, mengatakan program Perpustakaan Terapan untuk Kesejahteraan ini disediakan bagi pengunjung pasar. Selain itu, para pedagang yang berjualan di pasar tradisional tersebut juga diminta untuk ikut terlibat aktif dalam meramaikan perpustakaan ini, sehingga nantinya jumlah pengunjung pasar juga bisa bertambah.

Dikutip dari solopos.com (29-01-21). Ajar mengatakan ada lebih dari seratus buku dengan tema-tema terapan di bidang pertanian, kerajinan, peternakan, dan lainnya yang disediakan di perpustakaan ini. Melalui buku terapan ini, masyarakat bisa mendapatkan ide bisnis maupun menambah wawasan terkait pengembangan teknis di bidang pertanian, kerajinan, maupun peternakan.

“Program rolling buku ini sebenarnya merupakan program dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Madiun. Buku bacaan terapan ini sangat diperlukan sebagai pembuka wacana warga untuk berkreasi dalam bertahan di masa pandemi,” katanya.

Pustakawan Dinas Perpusataan dan Kearsipan Kabupaten Madiun, Habib Abidulloh, berharap buku-buku yang disediakan di perpusatakaan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara optimal. Masyarakat bisa mendapatkan buku-buku referensi untuk kegiatan usaha di perpustakaan ini.

profil penulis: Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *