5 Perpustakaan Terlengkap di Jakarta yang Wajib Kalian Kunjungi

Dunia Perpustakaan | Di era yang semakin modern ini, sudah banyak  perpustakaan yang dibuat semenarik dan senyaman mungkin. Tidak hanya itu perpustakaan sekarang ini juga banyak menyediakan berbagai macam koleksi buku yang lengkap untuk pengunjungnya.

Sebagai contoh adalah beberapa perpustakaan yang terletak di Jakarta, jika kalian ingin mencari referensi buku terlengkap dengan jurnal ilmiah internasional bisa kalian dapatkan di perpustakaan jakarta. Dijamin betah untuk berkunjung berlama-lama dengan ratusan ribu judul buku fisik maupun digital di dalamnya.

Disana banyak tersedia berbagai referensi buku yang lengkap, selain itu suasananya pun anti membosankan sehingga kamu bisa membaca dengan nyaman.

Berikut kami kutip dari Roomme.id  (01-02-21), deretan 5 perpustakaan terlengkap di Jakarta.

#1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

 

Pada awalnya, perpustakaan ini memiliki bangunan 3 lantai, kemudian direnovasi pada tahun 2017 sehingga perpustakaan tersebut memiliki 27 lantai. Bangunannya sendiri tampak megah dengan desain konsep green building.

Perpuskaan nasional republic Indonesia memiliki berbagai koleksi buku yang menjadi sumber pengetahuan dan informasi. Selain buku fisik, terdapat pula buku digital. Yang lebih menarik adalah adanya berbagai buku langka, foto, peta, manuskrip nusantara, hingga berbagai lukisan. Ada pula koleksi dalam bentuk film, monograf, rekaman suara serta bentuk mikro.

Bagi RoomMies yang merupakan seorang peneliti, penulis, maupun mahasiswa, kamu akan dimanjakan dengan hadirnya jurnal internasional dan nasional yang terkemuka. Beberapa diantaranya, Cambridge University Press, Brill Online, Proquest, Sage Knowledge, serta , IG Publishing.

Alamat: Jl. Medan Merdeka Sel. No.11, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

#2. Perpustakaan Kemendikbud

Perpustakaan Kemendikbud.

 

Ingin mengunjungi perpustakaan dengan buku yang lengkap, kamu bisa mengunjungi perpustakaan kemendikbud. Terdapat koleksi buku sekitar 200 ribu judul yang tersedia dalam bentuk buku, majalah, buku digital, audio visual, jurnal, maupun jurnal elektronik. Didirikan pada 29 november 2004, perpustakaan ini di bangun dan dikelola sesuai dengan standar nasional perpustkaan. Selain itu, perpustakaan tersebut juga sudah mendapat akreditasi A oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Terdapat ruang baca yang terdiri dari dua lantai dengan luas lahan 1.500 meter persegi. Beberapa fasilitas yang ada di sini adalah adanya ruang koleksi anak, ruang kelas, ruang serbaguna/diskusi, ruang audio visual, layanan fotokopi gratis dan teater mini.

Tak hanya itu, Perpustakaan Kemendikbud juga sudah menerapkan menerapkan slims (Senayan Library Management System) yakni sebuah sistem otomasi perpustakaan open source yang berbasis web. Perpustakaan inilah yang pertama kali digunakan di perpustakaan Indonesia.

Alamat: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gedung A Lantai 1 Jl. Jenderal Sudirman RT.1/RW.3 Gelora, RT.1/RW.3, Senayan, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270

#3. Perpustakaan Erasmus Huis

Perpustakaan Erasmus Huis

 

Pusat kebudayaan belanda Erasmus huis ternyata memiliki perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap di dalamnya. Tak sekedar lengkap, perpustakaan Jakarta yang satu ini juga memiliki nuansa yang menyegarkan, namun hening sehingga tetap nyaman untuk membaca.

Perpustakaan erasmus huis sendiri telah kembali dibuka pada tahun 2018 setelah sebelumnya dilakukan renovasi. Di dominasi oleh warna putih, membuat nuansa perpustakaan menjadi lebih nyaman tanpa adanya gangguan perpaduan warna yang tak seimbang.

Terdapat pula berbagai furniture elektrik yang makin mendukung desain yang apik. Perpustakaan ini semakin asyik dengan adanya konsep open space yang dapat digunakan sebagai ruang seminar atau diskusi.

Perpustakaan yang satu ini setidaknya mempunyai 15 ribu judul buku terbitan belanda dan Indonesia, dari mulai karegori linguistic, sastra, politik, sejarah, seni, budaya, kamus dan anak-anakk.

Alamat: Kav S- Setiabudi, Jalan Haji R. Rasuna Said Blok C No.3, RT.8/RW.3, Kuningan Timur, RT.8/RW.3, Kuningan, Kuningan Tim., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950.

#4. Perpustakaan Freedom

Perpustakaan Freedom

 

Sumber pengetahuan selanjutnya adalah perpustakaan Freedom. Setelah sempat vakum selama dua tahun, perpustakaan Jakarta ini telah dibuka kembali pada tahun 2017. Desain interior yang digunakan menggunakan dominasi warna coklat serta mengusung gaya industrial. Atmosfernya hangat sehingga kamu akan betah berlama-lama untuk membaca berbagai koleksi bukunya.

Terdapat ribuan koleksi literature dari bidang ekonomi, sosial, agama, hubungan internasional dan bidang humaniora. Ditambah lagi, perpustakaan ini juga memiliki berbagai jurnal internasional dan nasional.

Membaca buku di perpustakaan ini semakin nyaman dengan adanya sofa empuk dan pendingin udara.

Alamat: Wisma Bakrie, Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav, B-1, RT.11/RW.2, Kuningan, Karet Kuningan, Menteng, South Jakarta City, Jakarta 12920.

#5. The Crystal of Knowledge

The Crystal of Knowledge (Perpustakaan Universitas Indonesia)

 

Meskipun secara geografis The Crystal of Knowledge (Perpustakaan Universitas Indonesia) tak terletak di Jakarta melainkan Depok, namun lokasinya sangat dekat dengan Jakarta. Salah satu universitas terbaik di Indonesia ini juga memiliki perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap.

Selain itu, tampilannya juga apik dengan bentuk bangunan unik dengan pemandangan lingkungan yang bikin betah, kamu bisa melihat danau dengan pohon yang mengelilingi perpustakaan tersebut. Setidaknya, terdapat 5 juta judul buku serta hadirnya berbagai jurnal ilmiah dari luar maupun dalam negeri.

Bukan hanya dapat diakses oleh mahasiswa UI saja, The Crystal of Knowledge juga dapat dikunjungi masyarakat umum hanya dengan biaya 5 ribu rupiah.

Fasilitas yang terdapat di dalamnya yakni ruang multimedia, ruang komputer, ruang pertemuan dan diskusi, lounge, akses internet, silent room, sampai ruang laktasi. Universitas ini juga dilengkapi aplikasi Online Public Access Catalogue (OPAC) yang memudahkan pengunjung untuk mencari literature sesuai dengan tujuannya.

Alamat: Gedung Crystal of Knowledge, Kampus UI, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424.

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *