Ternyata Najwa Shihab Pernah Dibully Sholat di Perpustakaan saat di Amerika

Mba Nana saat Sholat di Perpustakaan ketika mengikuti pertukaran peajar di Amerika selama satu tahun | gambar: NarasiTV

Dunia Perpustakaan | Mungkin belum banyak yang tahu, jika ternyata, Duta Baca Indonesia Najwa Shihab pernah mendapatkan perlakuan yang tidak mengenakan saat sedang sholat di Perpustakaan ketika dirinya di Amerika Serikat.

Peristiwa itu terjadi saat perempuan yang akrab disapa Mba Nana ini tengah mengikuti program pertukaran pelajar di Amerika dulu selama satu tahun.

Saat itu Mba Nana harus tinggal di rumah warga Amerika yang beragama non muslim. Sebenarnya saat itu perlakuan orang tua angkat Mba Nana sangat baik padanya. Saking baiknya, orang tua angkatnya pernah ikut puasa karena saat itu sedang bulan suci Ramadhan.

Tidak hanya menemani Mba Nana Puasa, orang tua angkatnya tersebut juga membantu menyiapkan makan sahur dan makanan untuk berbuka puasa, termasuk mengantarkan Nana ke sebuah masjid saat mau sholat Idhul Fitri. Padahal lokasi masjid dari rumah angkatnya tersebut sangat jauh.

Perlakuan tidak menyenangkan tersebut justru terjadi di sebuah perpustakaan, yaitu dikarenakan dirinya melakukan sholat di Perpustakaan. Pernyataan yang paling diingat oleh Mba Nana saat usai sholat dirinya ditanya oleh pengunjung perpustakaan lain dengan pernyataan “Anda seorang muslim, sudah berapa nyawa yang sudah kamu bunh?!”.

Demikian pernyataan yang tak pernah bisa dilupakan oleh Mba Nana hingga kini, sebagaimana dikutip dari islami.co (9/3/2021)

Pengalaman itupula yang membuat dirinya merasakan sendiri bagaimana susahnya hidup sebagai minoritas, sehingga dirinya dikenal sebagai seorang yang punya rasa toleransi yang tinggi kepada kaum minoritas.

Walaupun mba Nana tingga di negeri yang mayoritas muslim terbesar di dunia, tapi tidak kemudian menjadikanya orang yang sombong apalagi angkuh atas posisinya sebagai mayoritas. Bahkan pengalaman tidak mengenakan dirinya saat di Amerika Tersebut ia jadikan sebagai pengingat agar dirinya jangan samai melakukan hal yang demikian kepada kaum minoritas.

 

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *