Cara Mendapatkan Bantuan Buku dari Perpustakaan Nasional

Dunia Perpustakaan | Ada banyak pertanyaan terkait bagaimana bisa mendapatkan bantuan buku gratis dari Perpustakaan Nasional?

Apalagi untuk para pengelola perpustakaan sekolah, pengeloa perpustakaan pondok pesantren, pengelola TBM, pengelola pojok baca, bahkan mungkin mereka yang sedang ingin merintis perpustakaan pribadi di rumah pribadinya agar bisa dibaca untuk tetangga sekitarnya, pasti membutuhkan bantuan buku gratis, untuk menambah koleksi buku di perpustakaan yang dikelolalanya.

(Baca juga: Cara Sederhana Membuat Perpustakaan Pribadi untuk Keluarga)

Salah satu harapan besar bagi para pejuang literasi, tentunya terkait dengan bagaimana caranya agar bisa mendapatkan bantuan buku dari berbagai pihak, termasuk diantaranya dari Perpustakaan nasional.

Kami mencoba menelusuri juga bagaimana dengan sistem dan aturan di Perpustakaan Nasional terkait dengan cara mendapatkan bantuan buku gratis di perpustakaan Nasional.

Setelah kami telusuri, ternyata prosedur dan penjelasan atas pertanyaan tersebut sudah terpasang di website resmi Kelembagaan Perpustakaan Nasional.

Perpustakaan Nasional | gambar: diantin.com
Untuk bisa lihat lebih detilnya bisa baca di bawah ini:
 
URAIAN PERTANYAAN
Bagaimana mendapatkan bantuan buku?
 
URAIAN JAWABAN
Bantuan buku diberikan kepada perpustakaan-perpustakaan yang membutuhkan. Untuk mendapat bantuan buku tersebut pemohon diminta untuk mengirim surat resmi yang ditujukan kepada Kepala Perpustakaan Nasional melalui Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca.
Atas penjelasan dan jawaban atas pertanyaan tentang “Bagaimana mendapatkan bantuan buku di perpustakaan Nasional”, mungkin masih menimbulkan pertanyaan lagi untuk anda.
Jika anda masih bingung terkait minimnya informasi tersebut diatas, silahkan jangan segan dan hubungi saja ke Sekretariat pusat dengan alamat lengkap berikut ini :
 
Sekretariat Utama Perpustakaan Nasional
Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi
Jl. Salemba Raya 28A Jakarta Pusat
Telp. 021-3922669,3922749,3922855,3923116 (operator)
Faks. 021-3103554
Mungkin jika ada pembaca yang memiliki pengalaman pribadi terkait proses untuk bisa mendapatkan bantuan buku dari Perpustakaan Nasional bisa berbagi pengalamanya melalui komentar dibawah ini.
Jika informasi ini sudah tidak sesuai, silahkan untuk menghubungi langsung pihak perpustakaan Nasional melalui alamat website resminya  disini.
 
Perpustakaan Nasional
Jalan Salemba Raya No.28 A
Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 10430
Free Call 0800-1-737787

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pstakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

17 comments

  1. ass''pak'bu saya pernah mengajukan permohonan bantuan buku di perpustakaan nasional di jakarta tp sampai sekarang belum ada responnya dari sana'''salam

  2. ass.. kami mempunyai lembaga kursus pelatihan,namun yang menjadi kendala adalah dana untuk membeli buku bacaan yang sngat minim..untuk itu kami mohn bantuannya.trima ksih

  3. Saya bekerja di perpustakaan sekolah SMKN 3 .Di sini kami masih kekurangan buku terutama buku produktif,novel,cerpen,cerita-cerita rakyat dan kamus.Saya sangat ingin ada bantuan dari perpustakaan nasional tapi saya kurang tau cara mendapatkannya dan bagai mana contoh forman surat permohonan yang baik.
    Mohon bantuan dan bimbingannya

  4. pak,ibu kami sedang dalam tahap membangun sebuah literasi dan perpustakaan mini untuk pelajar dan mahasiswa di kota Ternate, namun sampai sekarang kami menemui kendala dalam bahan bacaan, untuk itu mohon kiranya bisa membantu buku guna menunjang sarana dan prasarana kami, terima kasih. salam

  5. abdul ali sopian

    Asalamualaikum..
    Yth
    Bpak kepala perpusnas kami d sini memikiki lembaga pendidikan pesantren kebetulan kami d sini sangat membutuhkan sekali buku untuk membaca bagi para santri.olekh karna itu tolong bantu kami supaya mengurang hal pengangguran terhadap santri.terimakasih

  6. Usnul mukholifah

    Assalamualaikum,,pak/bu kami dari TBM ADeBe kabupaten kebumen mengalami kekurangan akan sarana dan prasarana,,kmi berharap donasi buku pak/bu,,,kami dari desa

  7. Assalamu'alaikum warohmatullohi wanarokatuh..

    Yth :
    Bapak / Ibu Perpusnas, saya desi dari Riau.. Saya seorang IRT berkeinginan membuka Rumah Baca didesa saya dengan tujuan ingin memajukan desa tapi saya masih kekurangan buku untuk anak anak disana karna pustaka umum jauh dari tempat tinggal kami, apalagi buat anak anak, sangat tidak memungkin kan untuk kesana, listrik saja belum lama ini ada, selama ini pakai lampu sich tapi masih numpang dengan PT..

    Mohon bantuannya..
    Sekian
    Terimakasih..
    Ttd
    Desi Ratnasari

  8. Yth
    Kepala perpustakaan nasional saya disini mewakili karang tarunadesa, ingin menyampaikan bahwa kami membutuhkan bantuan buku-buku untuk mendirikan perpustakaan desa. (Dk. Ningalan, Ds. kedungtuban, kab Blora)

  9. SMK Swasta Bakti Agro Mandiri
    alamat Komplek kantor pusat PT TH Indo Plantations Desa Tanjung Simpang Kecamatan Pelangiran Kabupaten indragiri hilir Propinsi Riau 29255 .
    Sangat membutuhkan buku – buku perlu diketahui bahwa kita berada didaerah paling luar Indonesia dan daerah perbatasan jadi sangat susah untuk memperoleh buku. Mohon Pimpinan perputakaan nasional untuk dapat memberika perhatian kepada kami yang di kepulauan terluar Indonesia. Terima kasih.

  10. Selamat pagi, salam sejahtera
    kami dari SMP Tamansiswa Binjai sangat membutuhkan buku-buku koleksi perpustakaan sekolah. buku-buku yang ada di perpustakaan kami adalah buku-buku lama dan sudah banyak yang rusak, jadi dalam hal ini kami mohon bantuannya untuk mendapatkan buku-buku koleksi perpustakaan tentang buku-buku cerita rakyat, peneltian sederhana, sains, budi daya tanaman, budi daya ikan dan ketrampilan, olahraga. damikian hal ini kami sampaikan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

  11. Assalamualaikum saya anah dr TK Talim Mubtadi pasarkemis tangerang… Sangat membutuhkan bantuan berupa buku baca agar adanya tempat untuk anak2 membaca karena d TK kami belum ada buku dan taman baca.

  12. titik pudjiyanti

    selamat pagi, salam sejahtera
    saya Titik saya bekerja diperpustakaan disalah satu SD swasta di kab kudus, saya juga ingin mendapatkan bantuan buku perpustakaan untuk semakin menumbuh kembangkan minat baca siswa dan guru di sekolah kami. terima kasih

  13. Abdullah Ibgho, SPdI

    Assalamu’alaikum warohmatullohi wanarokatuh..

    Yth :
    Bapak / Ibu Perpusnas, saya desi dari ujungpangkah – Gresik – JATIM.. Saya seorang PUSTAKAWAN MI AL MUNIROH 3 berkeinginan mengembangkan dengan tujuan ingin memajukan MADRASAH tapi saya masih kekurangan buku untuk anak anak didik kami karna pustaka umum jauh dari tempat tinggal kami, apalagi buat anak anak didik, sangat tidak memungkin kan untuk kesana, ooleh karena itu kami mmohon bantuannya

    Mohon bantuannya..
    Sekian
    Terimakasih..
    Ttd

  14. Apa ada petunjuk teknisnya untuk pengajuan buku perpustakaan? kalau ada boleh saya minta link downloadnya
    saya mau mengembangkan perpustakaan di lembaga pendidikan non formal..terima kasih..

  15. ssalamu’alaikum warohmatullohi wanarokatuh..

    Yth :
    Bapak / Ibu Perpusnas, saya Dewi dari Cisurupan-Garut – Jawa Barat – . Saya seorang PUSTAKAWAN MI AL hidayah berkeinginan mengembangkan dengan tujuan ingin memajukan MADRASAH tapi saya masih kekurangan buku untuk anak anak didik kami karna pustaka umum, daerah yang padat penduduk , namun sampai sekarang kami menemui kendala dalam bahan bacaan, untuk itu mohon kiranya bisa membantu buku guna menunjang sarana dan prasarana kami, terima kasih.
    Terimakasih..
    Ttd

  16. Assalamualaikum Wr Wb
    Mohon Bapak / Ibu Perpusnas, saya Hanny dari SMP Darul Ulum Waru Jawa Timur, Sy Wakil Kepala Sekolah berkeinginan mengembangkan dengan tujuan ingin memajukan Sekolah saya, tapi saya masih kekurangan buku untuk anak anak didik kami karna jumlah buku , namun sampai sekarang kami dengan siswa tidak sebanding, dalam hal kami menemui kendala dalam bahan bacaan, untuk itu mohon kiranya bisa membantu buku guna menunjang sarana dan prasarana kami, terima kasih banyak sewnelum dan sesudahnya

  17. Asslamualaikum Wr.Wb
    mohon Bapak / Ibu perpusnas, saya Fitri dari SMK Tunas Harapan Plupuh Jawa tengah, saya ingin mengembangkan dengan tujuan untuk memajukan sekolah saya, tetapi saya masih kekurangan buku untuk peserta didik kami karena jumlah buku diperpus kami kurang, sampai sekarang tidak seimbang dengan jumlah peserta didik, hal ini kami menemukan kendala dalam bahan bacaan, untuk itu kami memohon kiranya bisa membantu buku guna menunjang sarana dan prasarana kami untuk memajukan peserta didik, terima kasih banyak.
    terima kasih….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *