Profil Lengkap Perpustakaan Universitas Leiden

Dunia Perpustakaan | Tidak heran jika Perpustakaan Universitas Leiden menjadi salah satu referensi yang diburu oleh berbagai mahasiswa dan peneliti dari berbagai belahan dunia. Hal tersebut dikarenakan Perpustakaan Universitas Leiden memiliki koleksi yang sangat lengkap.

Hingga di tahun 2013 saja, Koleksi di Perpustakaan Universitas Leiden memiliki sekitar Informasi ilmiah digital lebih dari 400 database. Untuk koleksi E-Journal mencapai 40.000 e – jurnal ,  5.000 surat kabar dan majalah berita lebih dari 1.000.000.

Tidak hanya itu saja, Perpustakaan Universitas Leiden juga memiliki Jutaan koleksi dalam bentuk E-Book dan karya referensi lainya. Di Perpustakaan Universitas Leiden ini juga memiliki ratusan juta artikel jurnal , yang koleksi khusus digital dan bahan repositori .

Semua koleksi tersebut bisa dinikmati oleh seluruh mahasiswa dan staf yang berada di Universitas Leiden. Tidak hanya itu saja, sebagian beberapa koleksi di Perpustakaan Universitas Leiden ini juga bisa diakses oleh seluruh masyarakat di seluruh belahan dunia secara online melalui website Perpustakaan Universitas Leiden.

Perpustakaan-Universitas-Leiden-tampak-dari-luar

Jika dilihat dari luar, Gedung Perpustakaan Universitas Leiden mungkin terlihat seperti bangunan kuno karena di Belanda seluruh bentuk bangunan bersejarah sangat dijaga dan dirawat termasuk Perpustakaan Universitas Leiden yang dibangun sejak 31 Oktober 1587 yang lalu.

Walau bentuk bangunanya terkesan kuno dan klasik, akan tetapi sangat ebrbeda ketika kita memasuki ke dalam gedung Perpustakaan Universitas Leiden.

Begitu kita memasuki kedalam ruangan Perpustakaan Universitas Leiden ini, kita akan langsung dimanjakan dengan fasilitas gedung perpustakaan yang sangat mewah, canggih, dan tentunya pelayanan yang sangat ramah dari para Pustakawan yang bekerja disana.

Begitu anda masuk ke dalam Perpustakaan Universitas Leiden, disana sudah disediakan rak yang digunakan untuk menyimpan Tas atau barang bawaan anda lainya yang terjamin keamananya.

Begitu sudah menyimpan tas kita di dalam loker, kita bisa langsung mengambil keranjang buku yang sudah disediakan jika anda ingin meminjam buku atau membaca (membawa) dalam jumlah banyak.

Jika anda mengalami kebingungan atau baru berkunjung ke Perpustakaan Universitas Leiden ini, anda bisa bertanya kepada bagian informasi yang akan memberikan pelayanan terbaik untuk anda.

Begitu anda memasuki ruangan referensi dan koleksi, sebelumnya anda harus menggunakan kartu anggota yang sudah menggunakan teknologi RFID sehingga anda cukup meletakan kartu anggota perpustakaan anda di tempat yang sudah disediakan, anda bisa langsung masuk ke dalam perpustakaan dengan nyaman.

Dibagian dalam Perpustakaan Universitas Leiden memiliki banyak sekali ruangan yang semuanya terbagi dan disesuaikan dengan kebutuhan para pengunjung.

Ruang-Komputer-dan-Internet-di-Perpustakaan-Universitas-Leiden-Belanda

Ruang Komputer dan Internet di Perpustakaan Universitas Leiden Belanda

Jika anda tidak memiliki laptop sendiri dan anda ingin mengerjakan tugas skripsi atau sekedar akses internet, di Perpustakaan Universitas Leiden juga disediakan ratusan fasilitas komputer dengan koneksi internet yang super cepat.

Ruang-Mengerjakan-Tugas-yang-sangat-nyaman-di-Perpustakaan-Universitas-Leiden-Belanda

Jika anda tidak suka keramaian disini juga disediakan Ruang Mengerjakan Tugas yang sangat nyaman di Perpustakaan Universitas Leiden

Untuk mereka yang hanya ingin membaca buku disediakan juga ruang baca yang sangat nyaman dengan berbagai pilihan. Ada disediakan ruang baca yang berlokasi secara ramai dengan pembaca lainya, ada juga tersedia ruang baca yang lebih tenang karena hanya tersedia beebrapa kursi yang terpisah dengan fasilitas cahaya lampu yang sangat indah dan mewah.

Ruang-dikusi-di-Perpustakaan-Universitas-Leiden-Belanda

Ruang dikusi di Perpustakaan Universitas Leiden Belanda

Bagi anda yang ingin melakukan kegiatan diskusi, di Perpustakaan Universitas Leiden ini juga disediakan ruang diskusi untuk mengerjakan tugas kelompok atau sekedar diskusi ringan. Dalam ruangan khusus untuk diskusi ini juga disediakan lengkap proyektor dan papan untuk melengkapi diskusi anda.

Dalam ruangan yang lain disediakan juga kantin dan cafe yang di ruangan tersebut mahasiswa yang ingin membaca buku dan diskusi sambil menikmati secangkir kopi, soft drink dan juga makanan ringan semuanya disediakan di Perpustakaan Universitas Leiden yang luar biasa ini.

Lebih singkatnya, ketika anda berkunjung ke Perpustakaan Universitas Leiden ini semua kebutuhan anda untu mendapatkan ilmu pengetahuan seluas-luasnya sudah terfasilitasi dengan sangat lengkap dan nyaman.

Untuk anda yang ingin mengembalikan buku di Perpustakaan Universitas Leiden ini, anda hanya cukup mengembalikan di tempat yang sudah disediakan dengan teknologi RFID sehingga tidak terlalu banyak memakan waktu anda.

Mungkin biar lebih simple untuk melihat bagaimana dan seperti apa Profile lengkap Perpustakaan Universitas Leiden dan susana mulai dari luar gedung hingga seluruh isi gedung di Perpustakaan Universitas Leiden, berikut ini kami tautkan juga Video terkait dengan Profil lengkap Perpustakaan Universitas Leiden:

Setelah melihat tayangan video tersebut diatas, yang ada di benak kita tentunya sebuah harapan, seandainya saja Perpustakaan di Indonesia bisa seperti Perpustakaan Universitas Leiden, sungguh akan sangat membanggakan.

Semoga saja tulisan ini bisa menginspirasi anda semua khususnya untuk para pengelola perpustakaan di seluruh Indonesia supaya terus bekerja keras mengelola perpustakaan dengan sebaik-baiknya.

Kita sadar bahwa di negara kita bernama Indonesia ini masih memiliki banyak maslaah dan kekurangan dalam hal pengelolaan dan pengembangan di bidang perpustakaan, tapi kita tetap harus optimis dan bekerja keras terus sebaik-baiknya untuk mengelola perpustakaan kita masing-masing dengan sebaik-baiknya.

Referensi Bacaan:

  • http://www.library.leiden.edu
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Leiden_University_Library

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *