Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Perpustakaan Online Untuk Desa

Dunia Perpustakaan | Sebagai salah satu sarana untuk mendapatkan ilmu dan meningkatkan minat baca adalah dengan memanfaatkan perpustakaan. Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan.

Apalagi pada era saat ini, yang mana teknologi berkembang sangat pesat, salah satunya dalam bidang teknologi informasi mendorong manusia untuk bisa beradaptasi dengan segala sesuatu yang berbasis digital melalui internet.

Menanggapi hal tersebut Mahasiswa KKN UNDIP membuat sebuah aplikasi sistem informasi perpustakaan online yang diperuntukkan untuk warga Desa Karangsalam kidul, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa tengah. Hal ini selaras dengan tema KKN TIM I 2020/2021 yaitu “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)”.

Sistem informasi perpustakaan online desa ini berisikan mengenai data pengguna perpustakaan baik itu pengelola maupun anggota perpustakaan desa, data buku yang terdapat di perpustakaan desa, proses peminjaman buku, dan besaran denda bagi peminjam yang telat mengembalikan buku.

Syarat bagi anggota perpustakaan online ini ada beberapa yaitu mengisikan nama, tanggal lahir, tempat lahir, username, password, jenis kelamin, nomor telepon, alamat email, pas foto dan alamat rumah.

Dokumen Pribadi (Agung Budi Prakoso)

 

Didalam sistem informasi ini berisi tentang data buku, rak buku, data peminjaman, data anggota, hingga terdapat denda bagi peminjam yang telat mengembalikan buku ke perpustakaan milik desa ini.

Aplikasi ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan minat membaca para warga desa dan memudahkan bagi pihak pengelola perpustakaan maupun memudahkan warga desa untuk mencari atau meminjam buku di perpustakaan desa.

Selain itu, dengan meningkatnya minat baca bagi masyarakat desa Karangsalam Kidul ini masyarakat juga bisa lebih terbuka dalam segi ilmu pengetahuan dari berbagai bidang.

Penulis : Agung Budi Prakoso | Kompasiana.com

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *