Mengintip Keunikan dan Kemegahan American Museum of National History

Dunia Perpustakaan | Setiap Museum di berbagai negara memiliki karakter yang berbeda-beda. Demikian halnya dengan American Museum of National History (AMNH). American Museum of National History (AMNH) adalah salah satu museum terbesar di dunia.

Anda yang pernah menonton “Night at the Museum” pasti ingat soal koleksi museum yang ceritanya jadi hidup. Kalau mau lihat langsung aneka ‘benda hidup’ dalam film itu, museum di New York inilah yang harus Anda tuju.

Dikutip dari detikTravel (30/8/13), American Museum of National History (AMNH) adalah salah satu museum terbesar di dunia. Bayangkan saja, ada 27 bangunan terpisah di lahan seluas 150.000 m2. Masing-masing ruangan terhubung oleh lorong. Ada 45 ruang pameran tetap, planetarium dan perpustakaan.

Mengutip situs resmi AMNH, Kamis (29/8/2013), inilah lokasi syuting film yang dibintangi Ben Stiller, “Night at the Museum”. Museum ini berlokasi di sebelah barat Central Park, Manhattan, New York.

Dalam film tersebut, diceritakan aneka koleksi AMNH menjadi hidup saat malam. Ada patung lilin mantan Presiden AS, Theodore Roosevelt yang sedang berkuda. Ada juga manusia-manusia mungil yang keluar dari diorama. Tak ketinggalan, kerangka Tyrannosaurus rex raksasa.

T-Rex inilah yang akan menyambut wisatawan begitu memasuki lobby museum, sebuah ruangan bernama Theodore Roosevelt. Tapi tentu saja, aneka koleksi ini tidak hidup seperti dalam film. Mulai dari sini, wisatawan bisa menjelajah ke seluruh bagian museum.

 

Peradaban manusia dari berbagai wilayah dunia (gonyc.com)

Beberapa ruang pameran besar antara lain African Mammal Hall, Arthur Ross Hall of Meteorites, Benard and Anne Spitzer Hall of Human Origin, Harry Frank Guggenheim Hall of Gems and Minerals, juga Fossil Halls.

Traveler bisa belajar peradaban manusia mulai dari orang Asia, Pasifik, Afrika, Indian, Meksiko, juga Amerika Tengah. Usai berkeliling museum, jangan lupa mampir ke Rose Center of Earth and Space juga Hayden Planetarium.

 

Pameran yang sedang berlangsung saat ini, bertajuk ‘Whales: Giants of the Deep’ (gonyc.com)

Untuk masuk AMNH dan mendapat jutaan pengetahuan dari dalamnya, wisatawan perlu merogoh kocek US$ 22 (Rp 240.000) untuk dewasa, US$ 12,5 (Rp 136.000) untuk usia 2-12 tahun, dan US$ 17 (Rp 185.000) untuk pelajar.

Anda juga bisa membeli tiket ‘plus-plus’, misalnya US$ 27 (Rp 295.000) untuk keliling museum dan pilih salah satu: mengunjungi Rose Center of Earth and Space, menonton film IMAX, atau melihat Hayden Planetarium Space Show.

Tiket ‘plus-plus’ itu juga bisa digunakan untuk masuk pameran yang sedang berlangsung di AMNH. Saat ini, museum tersebut sedang menggelar pameran bertajuk ‘Whales: Giants of the Deep’.

Share the post “Mengintip Keunikan dan Kemegahan American Museum of National History”

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *