Profil Perpustakaan Daerah Kota Surakarta

Dunia Perpustakaan | Profil Perpustakaan Kota Solo | Perpustakaan Daerah Kota Solo merupakan salah satu perpustakaan umum yang berlokasi di Jl. Hasanudin No.112, Punggawan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Untuk mengetahui profil lengkapnya, berikut ini merupakan ulasan lengkap terkait dengan profil Perpustakaan Daerah Kota Surakarta.

Sejarah

Sejarah Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta

Sejarah Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta berawal dari nama Yayasan Perpustakaan Umum Kotamadya Surakarta. Berdirinya Perpustakaan Umum Kotamadya Surakarta pada 21 Agustus 1971 adalah atas prakarsa Bapak Suwondo Atmodjahnawi, SH sebagai Ketua DPRD pada waktu itu. Pada awalnya beliau merasa perlu adanya suatu perpustakaan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kotamadya Surakarta. Selain untuk menambah ilmu pengetahuan bagi anggota Dewan, beliau juga mengumpulkan hasil karya Dewan yang berupa peratuan-peraturan daerah, peraturan tata tertib, laporan peninjauan anggota Dewan, keputusan-keputusan Dewan dan produk Dewan lainnya serta peraturan-peraturan perundang-undangan dari pusat.

Perpustakaan Umum Kota Surakarta Pertama di Kawasan Sriwedari

Karena alasan tersebut dirintis Perpustakaan khusus bagi anggota Dewan dengan mengumpulkan buku-buku. Dari buku-buku tersebut timbul harapan apabula buku yang dimiliki perpustakaan sudah banyak, dalam perkembangannya perpustakaan tersebut dibuka untuk umum sehingga menjadi Perpustakaan Umum.

Perpustakaan Umum Kota Surakarta Jl. Kolonel Sutart

Pada akhirnya terbentuklah perpustakaan dari realisasi program Modernisasi Desa (MODES) yang dicanangkan oleh Gubernur Jawa Tengah yang pada waktu itu dijabat oleh Bapak Munadi. Hal tersebut mendapat dukungan dari Menteri P dan K yaitu Manshurin, SH yang mengajak pemerintah-pemerintah daerah untuk bekerjasama dalam membina dan membangun perpustakaan umum dengan dasar hukum:

  1. S.K. Walikota Kotamadya KDH Tingkat II Surakarta tanggal 20 Juli 1971 Nomor : 96/Kep/Um-1/71.
  2. Akte Notaris Nomor 32 tanggal 16 Agustus 1971 tentang Yayasan Perpustakaan Umum Surakarta.

Lokasi pada awal berdirinya Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta yang mulanya bernama Perpustakaan Umum Kotamadya Surakarta terletak di Jl. Slamet Riyadi No. 235 Surakarta. Lokasi tersebut dekat dengan Kantor Pariwisata dan Museum Radya Pustaka. Pada tahun 1990 terjadi pemindahan lokasi dikarenakan tempat tersebut dibangun rumah makan Pujasari. Setelah itu Perpustakaan Umum Kotamadya Surakarta dipindahkan ke Jl. Kolonel Sutarto No. 174 A Surakarta. Sampai sekarang tempat tersebut masih digunakan untuk depo (tempat menyimpan) arsip.

Pada tahun 2006 Perpustakaan Umum Kotamadya Surakarta kembali pindah tempat ke Jl. Kepatihan No. 3 Surakarta. Gedung tersebut merupakan bekas Sekolah Dasar Kepatihan dan Dinas Kesejahteraan Rakyat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DKRPP dan KB). Seiring berjalannya waktu, tempat tersebut dirasa tidak dapat memenuhi kebutuhan karena tempatnya sempit dan tata ruangnya kurang baik.

Pada tahun 2011 Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta kembali melakukan pindah tempat ke Jl. Hasanuddin No. 112 Surakarta dengan menempati bekas kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Karena bangunan kantor tersebut tidak layak untuk ditempati sehingga pada akhir tahun 2012 diadakannya pembangunan ulang bangunan tersebut. Selama pembangunan maka perpustakaan dialihkan sementara ke lingkungan Stadion Manahan Blok C 11.

Pada awal 2015 pembangunan gedung Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta di Jl. Hasanudin No. 112 Surakarta sudah selesai. Dari gedung yang berlokasi di ke lingkungan Stadion Manahan Blok C 11, Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta pindah kembali ke gedung baru yang berlokasi di Jl. Hasanudin No. 112 Surakarta menempati gedung tersebut sampai sekarang.

Dengan diberlakukannya Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, memberikan kewenangan kepada daerah provinsi/kabupaten/kota untuk mengurus dan memajukan daerahnya sendiri. Hal ini diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, dan pemberdayaan peran serta masyarakat.

Kantor Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta dibentuk berdasarkan peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 5 Tahun 2013 tentang Perubahan Kedua Atas Perda Nomor 6 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kota Surakarta, sebagai Lembaga Teknis Daerah dan merupakan unsur penunjang Pemerintah Daerah dibidang kearsipan dan perpustakaan daerah dipimpin oleh seorang kepala kantor yang dalam melaksanakan tugas berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.

Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta dibentuk berdasarkan peraturan DaerahKota Surakarta Nomor : 5 Tahun 2013 tentang Perubahan Kedua Atas Perda Nomor 6 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kota Surakarta, sebagai Lembaga Teknis Daerah dan merupakan unsur penunjang. Sebagai lembaga pemerintah yang memberikan pelayanan kepada masyarakat harus dapat memberikan gambaran yang jelas melalui responsibility parameter dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Fasilitas

Kantor Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kota Surakartamemiliki berbagai fasilitas mulai dari koleksi buku, majalah, surat kabar, jurnal, arsip, mobil perpustakaan keliling, fasilitas bermain anak, komputer, internet gratis, hingga studio film 6 dimensi, dan fasilitas lainya.

Keanggotaan

Untuk menjadi anggota Perpustakaan Kota Solo, anda harus mengikuti aturan sebagai berikut,

Contact

  • Alamat : Jl. hasanudin No. 112 Surakarta
  • Telp./Fax. : 0271 – 734337
  • E-mail : dinasarpusda@surakarta.go.id; arpusdasolo@ymai.com
  • Website : arpusda.surakarta.go.id
  • Facebook : arpusdakotaSurakarta
  • Instagram : arpusdasolo
  • Youtube : arpusdaSurakarta

 

profil penulis: Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *