IASL: International Association of School Librarianship

IASL: International Association of School Librarianship

Dunia Perpustakaan | IASL: International Association of School Librarianship adalah organisasi global yang mewakili perpustakaan sekolah dan perpustakaan terkait di seluruh dunia. Organisasi ini didirikan pada tahun 1971 dan memiliki misi untuk mempromosikan perpustakaan sekolah sebagai tempat pembelajaran yang vital bagi siswa dan mendorong perkembangan keterampilan literasi informasi.

IASL memiliki lebih dari 1.500 anggota dari 50 negara yang terdiri dari perpustakaan sekolah, guru, administrator sekolah, peneliti, dan profesional perpustakaan lainnya. Organisasi ini menyediakan forum global bagi para anggotanya untuk berbagi informasi, penelitian, dan praktik terbaik dalam bidang perpustakaan sekolah.

Sejarah

Pada awal tahun 1960-an, para pustakawan sekolah yang menghadiri pertemuan Konfederasi Dunia Organisasi Profesi Pengajaran (WCOTP) membicarakan tentang pertemuan internasional orang-orang yang terkait dengan perpustakaan sekolah.

Pada tahun 1962, ketika WCOTP bertemu di Stockholm, Margot Nilson, koordinator layanan perpustakaan sekolah di Stockholm, dan Carolyn Whitnack, delegasi AASL/NEA dari Amerika Serikat, mendekati Presiden WCOTP tentang kemungkinan mengadakan forum sebagai bagian dari WCOTP yang akan mengumpulkan orang dari banyak negara yang tertarik dengan layanan perpustakaan sekolah.

Diskusi selama beberapa tahun berakhir pada pertemuan WCOTP di Vancouver, Kanada, ketika sebuah komite dibentuk. 30 pendidik dan pustakawan yang hadir memutuskan bahwa saatnya telah tiba untuk menciptakan forum internasional bagi orang-orang yang tertarik dalam pengembangan layanan perpustakaan untuk sekolah dasar dan menengah.

Sebuah komite pengarah internasional dibentuk, mewakili Inggris, Kenya, Paraguay, Malaysia, Australia dan Amerika Serikat. Komite ini diarahkan untuk:

  • merencanakan program untuk pertemuan WCOTP di Dublin pada tahun 1968,
  • mencoba melakukan survei tentang status program perpustakaan sekolah di negara-negara anggota, dan
  • bergerak menuju sebuah komite formal dalam WCOTP.

Pada pertemuan WCOTP di Dublin pada tahun 1968, disepakati untuk meminta WCOTP untuk membuat sebuah komite ad hoc untuk pengembangan perpustakaan sekolah dengan komite pengarah asli untuk menjadi anggota.

Selama pertemuan WCOTP di Sydney, Australia, pada Agustus 1970, kerangka kerja tentatif untuk IASL sebagai organisasi independen disetujui secara prinsip. Setelah pertemuan Sydney, piagam untuk Asosiasi Internasional Perpustakaan Sekolah dibuat dan asosiasi ini diresmikan di Jamaika pada Agustus 1971.

Pengurus Pertama

Para pejabat pertama adalah:

  • Presiden: Dr. Jean E. Lowrie (AS)
  • Wakil Presiden: Margot Nilson (Swedia)
  • Bendahara: Phyllis Hochstettler (AS)
  • Direktur: Amy Robertson (Jamaika), Margaret Scott (Kanada), John Ward (Australia), Richard Mainwood (Inggris), J.B. Ekpong (Nigeria), Muriel Eu (Singapura).

Sejak saat itu, asosiasi ini telah berkembang untuk mencakup anggota individu dan asosiasi perpustakaan sekolah. Anggota meliputi orang-orang yang peduli tentang program dan layanan media perpustakaan sekolah – pustakawan, spesialis media perpustakaan sekolah, pendidik, penerbit, dan orang awam. Konferensi diadakan setiap tahun di berbagai wilayah di seluruh dunia.

IASL mulai berkembang dan menarik anggota-anggota baru dari seluruh dunia yang peduli dengan program dan layanan perpustakaan sekolah. Anggota IASL terdiri dari berbagai latar belakang, termasuk perpustakaan sekolah, spesialis media perpustakaan sekolah, pendidik, penerbit, dan masyarakat umum. IASL juga mengadakan konferensi tahunan di berbagai wilayah dunia.

IASL tetap berafiliasi dengan World Confederation of Organizations of the Teaching Profession (WCOTP) dan menjadi anggota International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA) untuk bekerja sama dengan para pendidik dan perpustakaan. Namun, karena perubahan dalam pola organisasi WCOTP pada tahun 1992, IASL tidak lagi memiliki afiliasi langsung dengan organisasi ini. Saat ini, IASL berafiliasi dengan UNESCO di bawah Kategori C dan bekerja secara informal dengan International Reading Association (IRA) dan International Board on Books for Young People (IBBY).

Konferensi internasional pertama IASL diadakan di London pada tahun 1972. Oleh karena itu, konferensi tahun 1996 dan perayaan ulang tahun ke-25 di Jamaika menandai kembali ke negara di mana Asosiasi ini didirikan. Helen White dan Komite Ulang Tahun menghasilkan buku kecil yang mengumpulkan pesan dan kenangan dari Anggota Kehormatan dan orang lain yang terlibat dalam kegiatan awal IASL.

Anggota Kehormatan IASL

Anggota kehormatan adalah individu yang telah memberikan kontribusi luar biasa dan signifikan di bidang perpustakaan sekolah. Persetujuan bulat dari Dewan Direktur diperlukan untuk menjadi anggota kehormatan Asosiasi. Jumlah anggota kehormatan dibatasi hingga sepuluh orang.

Anggota Kehormatan Saat Ini

  1. Michael Cook, Wales, UK
  2. Gerald Brown, Kanada
  3. Suzanne Mubarek, Mesir
  4. Takeshi Murofushi, Jepang
  5. Mieko Nagakura, Jepang
  6. Dianne Oberg, Kanada

Mantan Anggota Kehormatan

  1. Dr. Jean Lowrie, AS (meninggal November 2014)
  2. Margot Nilson, Swedia (meninggal Juli 2008)
  3. Amy Robertson, Jamaika (meninggal Januari 2008)
  4. Lucille Thomas, AS (meninggal Juni 2019)
  5. John Ward, Australia (meninggal 1997)
  6. John Wright, Kanada (meninggal Juni 2022)

Keanggotaan

Untuk menjadi anggota dari IASL: International Association of School Librarianship ini, silahkan anda bisa mengikuti tahapanya melalui link berikut ini. Silahkan anda bisa memilih dan menentukan kategori keanggotaan sesuai dengan kebutuhan anda.

Contact Us

International Association of School Librarianship
P.O. Box 684
Jefferson City, MO 65102
USA
Email: jill@c2cpro.solutions
Phone: 1-573-635-2173
Fax: 1-573-635-2858

Regular Business Hours:

Monday – Friday, 8:00 a.m.- 5:00 p.m. US Central Time

profil penulis: Ari Suseno

Founder CV. Dunia Perpustakaan Group. Pernah mengenyam pendidikan Jurusan Ilmu Perpustakaan (S1) di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. #ContentCreator, #Affiliate, #Blogger, #PegiatLiterasi, #SocialActivist Konsultasi dan Sharing Follow Us

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *