5 Perpustakaan Terbaik di Eropa

Dunia Perpustakaan | Perpustakaan Terbaik di EropaSelain Amerika, Eropa merupakan salah satu benua yang identik dengan negara-negara maju. Kemajuan dari sisi peradaban, sains, hingga teknologi, dan semua kemajuan tersebut ternyata tidak luput dikarenakan adanya peran perpustakaan di benua tersebut.

Peran penting dari sebuah perpustakaan di Eropa bisa dilihat dari tingkat budaya baca masyarakatnya serta dukungan pemerintah yang membangun fasilitas perpustakaan dengan sangat megah dan lengkap.

Keberadaan perpustakaan-perpustakaan di Eropa yang sudah berdiri sejak ribuan tahun yang lalu membuktikan bahwa perpustakaan memiliki peran yang sangat penting di Eropa.

Beberapa perpustakaan di Eropa yang dikenal memiliki kwalitas sangat baik dari sisi bangunan, manajemen, serta peran teknologi dalam system pengelolaanya, menjadikan perpustakaan di Eropa menjadi rujukan banyak negara untuk belajar dari mereka.

Berikut ini merupakan 5 Perpustakaan Terbaik di Eropa;

5 Perpustakaan Terbaik di Eropa

#1. Bibliothèque Nationale de France (BNF) di Paris

Bibliothèque Nationale de France
Kemegahan Perpustakaan Bibliothèque Nationale de France

Ini adalah Prancis Bibliothèque Nationale de France (BNF) adalah perpustakaan nasional Prancis yang didirikan pada tahun 1461. BNF menyimpan lebih dari 14 juta item yang meliputi buku, arsip, foto, audio, video, dan lainnya. BNF juga menjadi salah satu perpustakaan terbesar di dunia dan merupakan salah satu tujuan wisata utama di Paris.

#2. British Library di London, Inggris

Perpustakaan Nasional Inggris atau British Library didirikan pada tahun 1753. British Library menyimpan lebih dari 170 juta item yang meliputi buku, arsip, foto, audio, video, dan lainnya. British Library juga menjadi salah satu perpustakaan terbesar di dunia dan merupakan salah satu tujuan wisata utama di London.

#3. National Library of Russia di St. Petersburg, Rusia

National Library of Russia di St. Petersburg
National Library of Russia di St. Petersburg

Perpustakaan Nasional Rusia yang didirikan pada tahun 1795, National Library of Russia menyimpan lebih dari 17 juta item yang meliputi buku, arsip, foto, audio, video, dan lainnya. National Library of Russia juga menjadi salah satu perpustakaan terbesar di dunia dan merupakan salah satu tujuan wisata utama di St. Petersburg.

(Bagi anda yang masih bingung kenapa kami memasukan Perpustakaan di Rusia ini masuk ke daftar benua Eropa, karena kami merujuk pada laman Jagran Josh, dimana Rusia bisa disebut sebagai negara lintas benua. Dalam hal ini, wilayahnya yang luas membentang dari Eropa Timur hingga Asia Utara. Bahkan menurut klasifikasi dari PBB, Rusia memang masuk dalam jajaran negara di benua Eropa.)

#4. Biblioteca Nazionale Centrale di Firenze di Florence, Italia

Biblioteca Nazionale Centrale di Firenze di Florence
Biblioteca Nazionale Centrale di Firenze di Florence

Di Itali ada Biblioteca Nazionale Centrale di Firenze, merupakan perpustakaan nasional Italia yang didirikan pada tahun 1747. Biblioteca Nazionale Centrale di Firenze menyimpan lebih dari 2 juta item yang meliputi buku, arsip, foto, audio, video, dan lainnya. Biblioteca Nazionale Centrale di Firenze juga menjadi salah satu perpustakaan terbesar di Italia dan merupakan salah satu tujuan wisata utama di Florence.

#5. Bibliothek der Universität Wien di Vienna, Austria

Bibliothek der Universität Wien di Vienna
Bibliothek der Universität Wien di Vienna

Selanjutnya adalah Bibliothek der Universität Wien adalah perpustakaan universitas terbesar di Austria yang didirikan pada tahun 1365. Bibliothek der Universität Wien menyimpan lebih dari 4 juta item yang meliputi buku, arsip, foto, audio, video, dan lainnya. Bibliothek der Universität Wien juga menjadi salah satu perpustakaan terbesar di Austria dan merupakan salah satu tujuan wisata utama di Vienna.

Dari kelima Perpustakaan terbaik di Eropa tersebut diatas, mana yang menurut kalian paling keren?

 

profil penulis: Ari Suseno

Founder CV. Dunia Perpustakaan Group. Pernah mengenyam pendidikan Jurusan Ilmu Perpustakaan (S1) di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. #ContentCreator, #Affiliate, #Blogger, #PegiatLiterasi, #SocialActivist Konsultasi dan Sharing Follow Us

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *