7 Keahlian Pustakawan yang Sangat Dibutuhkan Saat ini

Dunia Perpustakaan | Keahlian Pustakawan yang Sangat Dibutuhkan Saat ini | Pada tulisan ini, saya agak mengulas lebih luas daripada tulisan saya sebelumnya yang berjudul “Ilmu ini Sangat Dibutuhkan Pustakawan Saat ini, Tapi Tak Banyak yang Menguasai“. Saya juga memang ingin memisahkan karena tujuanya juga berbeda.

Perbedaanya terletak pada tujuan penulis, dimana kalau pada tulisan diatas saya spesifikasikan untuk para Pustakawan yang memang ingin mendapatkan tambahan pendapatan khusus saat menguasai ilmu SEO walaupun dalam posisi bekerja sebagai pustakawan.

Sedangkan pada tulisan ini, saya menfokuskan pada keilmuan dan keahlian (skill) yang memang wajib dimiliki semua pustakawan karena dengan ilmu-ilmu yang akan kita ulas ini akan sangat menentukan maju tidaknya perpustakaan dalam menghadapi perkembangan zaman.

Tulisan ini saya tulis berdasarkan pengalaman dan pengetahuan penulis yang memang konsisten membaca dari berbagai bacaan yang penulis lakukan sekaligus berdasarkan pengalaman penulis yang setiap hari memang berinteraksi dengan para pustakawan/pengelola perpustakaan dari berbagai jenis perpustakaan di seluruh Indonesia.

Dari pengamatan penulis juga melihat bahwa perpustakaan yang dikelola oleh para pustakawan yang memahami dan menguasai ilmu-ilmu ini, biasanya perpustakaanya terkesan jauh lebih maju dan terus berkembang, daripada perpustakaan yang pustakawannya tidak memahami dan tidak menguasai ilmu tersebut.

Namun perlu dicatat bahwa saat penulis merinci ilmu-ilmu ini, bukan berarti mengabaikan ilmu-ilmu dasar yang lain dalam mengelola perpustakaan pada umumnya, misalnya ilmu dalam hal klasifikasi, katalogisasi, dan sejenisnya.

7 Keahlian dan Ilmu-ilmu ini hanya kami fokuskan ilmu tambahan yang memang menurut penulis sangat dibutuhkan di era sekarang ini.

Berikut ini merupakan Ilmu Paling Dibutuhkan Pustakawan di Era Sekarang.

7 Keahlian Pustakawan yang Sangat Dibutuhkan Saat ini

#1. Big Data dan Analisis Data

ilustrasi

Pustakawan harus mampu menangani, menganalisis, dan menyajikan data besar yang dikumpulkan dari berbagai sumber seperti catatan peminjaman, statistik pencarian, dan jumlah pengunjung. Ini membantu pustakawan untuk menentukan pola, tren, dan kebutuhan kolektif pengguna.

#2. Teknologi Informasi

ilustrasi

Pustakawan harus mampu mengelola, memelihara, dan mengoptimalkan sistem teknologi yang digunakan dalam perpustakaan. Ini termasuk sistem manajemen koleksi, sistem pencarian, dan sistem catatan peminjaman.

#3. Sosial Media

ilustrasi

Pustakawan harus mampu mengelola akun media sosial perpustakaan, menyebarluaskan informasi, dan menjaring interaksi dengan pengguna. Ini membantu pustakawan untuk menyediakan layanan lebih baik, mempromosikan perpustakaan, dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perpustakaan.

#4. Ilmu Komunikasi

Pustakawan harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan pengguna, rekan kerja, dan pihak lain yang terkait dengan perpustakaan. Ini membantu pustakawan untuk menyediakan layanan yang baik dan meningkatkan kerjasama dengan pihak lain.

#5. Ilmu Desain

Canva adalah salah satu design paling mudah dan populer untuk digunakan pustakawan membuat design promosi dll

Pustakawan harus mampu menggunakan desain untuk meningkatkan pengalaman pengguna, membuat tampilan yang atraktif dan mudah digunakan, dan mempromosikan perpustakaan. Ini membantu pustakawan untuk menarik lebih banyak pengunjung dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perpustakaan.

#6. Keamanan Informasi

ilustrasi

Pustakawan harus mengetahui cara melindungi informasi yang disimpan dan dikelola serta dapat menangani keamanan informasi di tingkat organisasi.

#7. Ilmu Teknologi Pembelajaran Elektronik

ilustrasi

Pustakawan harus dapat menyediakan akses ke sumber daya pembelajaran elektronik seperti tutorial, webinar, dan MOOC. Mereka juga harus dapat mengelola sistem pembelajaran elektronik dan menyediakan dukungan teknis bagi pengguna. Saat ini masih banyak pustakawan yang tidak memahami dan menguasai hal ini sehingga banyak orang yang belajar hanya mengandalkan search engine seperti google sehingga mereka akan menemukan banyak “sampah” di google karena jutaan informasi yang kurang terfilter dengan baik. Hal tersebut tentunya tidak akan terjadi jika setiap perpustakaan online di Indonesia melalui katalog onlinenya mampu menyediakanya.

Alasan utama mengapa ilmu dan pengetahuan ini wajib dikuasai pustakawan adalah karena perpustakaan saat ini adalah lembaga yang terus berkembang dan mengalami perubahan yang sangat cepat. Pustakawan harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dan trend saat ini agar dapat memberikan layanan yang baik dan meningkatkan daya tarik perpustakaan.

Teknologi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dunia saat ini. Pustakawan harus dapat mengelola, mengakses, dan menyediakan sumber daya informasi dengan menggunakan teknologi untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi yang diinginkan. Selain itu, teknologi juga dapat digunakan untuk menganalisis data dan memperluas jangkauan layanan pustakawan.

profil penulis: Ari Suseno

Founder CV. Dunia Perpustakaan Group. Pernah mengenyam pendidikan Jurusan Ilmu Perpustakaan (S1) di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. #ContentCreator, #Affiliate, #Blogger, #PegiatLiterasi, #SocialActivist Konsultasi dan Sharing Follow Us

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *