2 Perpustakaan Desa ini Dijanjikan AKAN Peroleh Bantuan dari Perpusnas

Dunia Perpustakaan | Ada kabar baik untuk warga desa di Kecamatan Manna Bengkulu Selatan karena rencananya bulan September tahun ini akan mendapatkan bantuan dari Perpustakaan Nasional.

Rencana bantuan dari perpustakaan nasional tersebut akan diberikan untuk dua Perpustakaan Desa di  Desa Tanjung Eran, Kecamatan Pino dan Desa Lubuk Sirih Ulu, Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.
Kabar baik ini dikabarkan langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Bengkulu Selatan, Srigusti Sabana setelah beberapa waktu lalu sudah bertemu langsung dengan pihak Perpusnas.
Adapun bentuk bantuan tersebut diantaranya  berupa empat unit komputer lengkap, speaker, buku berserta raknya.
Sebelumnya dikatakan jika pihaknya sudah mengajukan 5 desa yang bisa menerima bantuan dari Perpusnas. Namun dikarenakan adanya Covid-19, yang akan mendapatkan bantuan hanya dua desa.
Berfoto di depan Perpustakaan Desa TIGA SERUMPUN Desa Tanjung Eran Kecamatan Pino, Bengkulu Selatan
“Untuk tahun 2020 ini, kita hanya dua desa yang diakomodir bantuan Perpusnas. Sebab ini dipicu dengan adanya pandemi covid-19, hal itu membuat bantuan dari lima desa yang diusulkan menjadi dua desa,” kata Sriusti dikutip dari rmolbengkulu.com, Minggu (12/07).
Pihak Perpusnas menilai, dari 5 desa yang diajukan, yang paling memenuhi persyaratan untuk menerima bantuan hanya dua desa tersebut diatas. Beberapa pertimbangan memenuhi persyaratan diantaranya karena kedua desa tersebut sudah memiliki jaringan internet yang bagus, dan lebih baiknya lagi kedua desa tersebut sudah memiliki website desa.
“Dari lima desa hanya dua desa yang memenuhi kriteria, dan bantuan akan diterima oleh desa pada September ini. Saya sudah koordinasi langsung dengan pihak Perpusnas minggu lalu,” jelasnya.
Menanggapi rencana akan menerimanya bantuan untuk perpustakaan di desanya, Kepala Desa Tanjung Eran dan Desa Lubuk Sirih Ulu berjanji akan terus meningkatkan pengelolaan perpustakaan desa dengan adanya rencana bantuan sarana yang baru tersebut.
“Yang pastinya peningkatan belajar di desa akan lebih maksimal dari buku-buku diperpustakaan, juga adanaya latihan latihan nantinya,” tutup Kades Tanjung Eran, Rudi Hartono.

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *