Perpustakaan Pantai Albena yang Indah dan Memukau Pengunjung dari Penjuru Dunia

Dunia Perpustakaan | Perpustakaan memang harus terus berinovasi dan kreatif jika ingin tetap bertahan melayani kebutuhan masyarakat di tengah kemajuan teknologi informasi sepesat sekarang ini. Jika tidak, maka perpustakaan tersebut bisa ditinggalkan masyarakat dan tak laku dan dianggap tak memberi manfaat untuk masyarakat di sekitarnya.

Salah satu bentuk inovasi perpustakaan yang bisa mendekatkan buku kepada masyarakat diantaranya seperti yang dilakukan oleh Perpustakaan Pantai Albena.

Lokasi Perpustakaan Albena sangat strategis | gambar: travelaway.me

Lokasinya yang berada di Albena , resor Bulgaria yang luas di pantai Laut Hitam, Perpustakaan Pantai Albena ini diklaim sebagai Perpustakaan Pantai yang pertama di Uni Eropa.

Di Perpustakaan Pantai Albena ini menawarkan lebih dari 6.000 koleksi buku yang berasal dari lebih dari 15 bahasa.

Perpustakaan Pantai Albena ini merupakan proyek yang dilakukan oleh arsitek Jerman bernama Herman Kompernas.

Konsep dari perpustakaan pantai ini terbuka karena terletak di pantai, dengan lokasi yang strategis karena berada tepat di depan Hotel Kaliakra.

Terkait koleksi di perpustakaan pantai ini sangat beragam, mulai dari sastra Bulgaria hingga memoar dan karya fiksi.

Setidaknya ada sekitar 140 rak buku di perpustakaan pantai ini.

Jika anda berfikir rak buku disini mudah rusak, pihak pengelola menjamin bahwa rak buku yang didominasi warna putih ini terbuat dari bahan khusus yang tahan terhadap sinar matahari dan angin, bahkan saat hujan, rak buku ini dilindungi dengan cover vinyl.

Untuk memudahkan pengunjung saat datang kesini, pihak pengelola mengatur jumlah pengunjung berdasarkan volume menurut negara.

Koleksi buku disini bisa diakses secara gratis. Satu-satunya saran disini yaitu terkait dengan peringatan untuk mengembalikan buku ke perpustakaan setelah selesai.

Tujuan awal dibuatnya perpustakaan pantai disini yaitu untuk mendorong minat baca di antara wisatawan yang datang ke pantai selama liburan musim panas mereka.

Saat ini Perpustakaan Pantai Albena terus berkembang.

Selain adanya buku yang sudah disediakan oleh pengelola, di perpustakaan pantai ini juga menyerukan kontribusi masyarakat untuk menyumbangkan buku ke perpustakaan ini.

Selain mampu menjadi daya tarik peningkatan pengunjung dari sisi bisnis wisata, tujuan lain dari keberadaan perpustakaan ini yaitu untuk menyediakan pengalaman pertukaran budaya yang memperkaya pelanggan diantara pengunjung.

TENTANG Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pstakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *